5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan agar Kamu Lebih Produktif


Berhenti Menunda Pekerjaan
StartupStockPhotos / Pixabay

Usia muda harusnya kamu manfaatkan untuk hal yang produktif, bukan malah menunda-nunda. Simpelnya, kamu pengen semua serba instan tanpa harus bekerja keras. Tapi, cobalah sedikit realistis, apakah semua pekerjaan di dunia ini bisa selesai kalau kamu menunda-nunda terus?

Selain sebabkan pekerjaan tak kunjung tuntas, kebiasaan menunda juga bisa berakibat ketidaksiapan dirimu menghadapi tantangan ke depan. Gimana nggak, ngerjain pekerjaan rutin tiap hari aja masih nunda. Apalagi kalau tantangan berat ke depan? Nah, artikel ini bakal beri kamu tips gimana supaya kamu nggak nunda lagi. Cek yuk!

1. Sadari kalau hobi menunda ternyata buruk buat kesehatan. Pikiran jadi mudah pusing dan cemas

Kata profesor psikolog Joseph Ferrarri, ternyata hobi menunda pekerjaan bisa membuat kita lebih cemas. Mudah pusing & gangguan pencernaan ialah akibat dari kamu cemas berlebihan dan tidak melulu tenang. Sesekali, cobalah kamu rileks terhadap perkerjaan apa saja yang dibebankan kepadamu. Setidaknya ini bisa meringankan beban pikiran kamu.

Dengan menyadari kalau menunda pekerjaan itu nggak baik, harusnya kamu sudah ada niatan untuk mencegahnya. Nggak mungkin juga ‘kan, kamu terus-terusan santai padahal impian setinggi langit sudah melambai-lambai?

2. Cari sebanyak mungkin motivasi dan inspirasi. Berkumpul bersama teman sevisi bisa jadi solusi

Kalau kamu sudah bosan dengan rutinitas ini-itu, segera gabung bersama teman-temanmu yang satu visi dengan kamu. Carilah teman-teman yang rajin mengerjakan setiap pekerjaan yang datang ke mereka. Selain membudayakan sikap rajin, berkumpul bersamanya membuatmu lebih merasa termotivasi dan datanglah banyak inspirasi.

Tapi, jangan terlalu sering, ya. Cukup dilakukan tiap weekend, supaya kamu tidak lupa pada pekerjaanmu. Dijamin deh, kamu bakal lebih bersemangat menyambut seluruh pekerjaanmu.

Baca Juga : Lakukan Ini Supaya Bisa Kaya di Usia Muda

3. Mulai kerjakan dengan sistem (10+2)x5. Kerja 10 menit kemudian istirahat 2 menit, sampai 5 kali

Sesudah mengisi amunisi motivasi dan inspirasi, kini waktunya kamu mengerjakan apa yang harus kamu kerjakan. Hilangkan segala gangguan terhadap aktivitasmu, misalkan gadget. Fokuslah mengerjakan job desk yang telah diberikan kepadamu. Mulailah mengerjakan 10 menit, kemudian istirahat 2 menit. Begitu seterusnya sampai 5 kali, jadi total ada 60 menit.

Kabarnya nih, buat yang sudah nerapin tips ini, jatah istirahat 2 menit kebanyakan nggak dipakai. Jadi, langsung ngerjain semuanya dalam 60 menit. Wah, ini bakal mempercepat selesainya kerjaan, bukan?

4. Bisa jadi, suasana kerjamu ialah alasan kenapa kamu hobi menunda. Sesekali, coba ganti suasana

Salah satu penyebab kenapa kamu suka menunda, bisa jadi ada yang lebih menarik dari tempat kerjamu. Karena itu, cobalah desain semenarik mungkin. Manjakan dirimu dengan desain ruang yang sesuai gayamu. Sedikit tips, kamu bisa menambah aksen warna merah supaya kamu fokus terhadap hal-hal detail dalam pekerjaanmu. Dan, warna biru untuk menumbuhkan jiwa kreativitasmu.

Dengan suasana baru, kamu bakal mendapat insight-insight baru. Secara nggak langsung, semangat kamu buat menyambut pekerjaan baru pun mulai tumbuh perlahan. Tapi hati-hati, jangan sampai jadi workaholic yang lupa waktu, ya.

Baca Juga : 6 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Secara Online

5. Beri hadiah kepada diri kamu sendiri. Ini bakalan bikin kamu semakin termotivasi

Setelah kamu mencoba mengerjakan semuanya, dan selesai tepat waktu, cobalah untuk memberi hadiah untuk pencapaianmu itu. Secara nggak langsung, penghargaan terhadap usahamu bakalan memotivasimu untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya. Kalau kebiasaan ini melekat pada dirimu, bukan nggak mungkin semua pekerjaanmu cepat selesai sebelum deadline melambai-lambai.

Selain bikin kamu jadi tambah termotivasi, kebiasaan memberi award pada diri sendiri juga bakal menumbuhkan kecintaan pada diri sendiri. Kamu bakalan lebih menghargai terhadap apa yang telah kamu kerjakan selama ini. Dengan begitu, kamu bakalan lebih cinta pada tiap hal yang dilakukan oleh dirimu, bukan?

Nah, itulah tadi beberapa tips tentang gimana sih supaya kita nggak menunda-nunda pekerjaan terus. Moga-moga, artikel ini bisa menggiringmu jadi pemuda yang gemar bekerja tepat waktu tanpa harus disuruh ini-itu. Selamat mencoba!

What's Your Reaction?

Keren Keren
1
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
2
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan agar Kamu Lebih Produktif

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image