Tips Membangun Bisnis Start Up Sukses


image credit : www.actionprgroup.com

Sekarang adalah era digital dan internet. semuanya serba instan dan cepat. Dan keadaan ini dimanfaatkan oleh beberapa orang atau perusahaan dengan mendirikan start up digital. Tidak heran kalau sekarang start up yang kian menjamur karena prospeknya dianggap cukup baik. Setiap orang berlomba-lomba dengan menciptakan produk yang bisa laku dipasaran. Ada banyak cara yang bisa ditempuh, yang penting punya ide bisnis yang bagus dan layak untuk dikembangkan. Untuk masalah finansial, tentunya calon investor akan sangat mudah didapatkan jika ide bisnis start up yang kita bangun memiliki prospek cerah. Terlepas dari semua itu yang terpenting adalah kesiapan dari para calon pelaku start up untuk bisa memulai atau bahkan mempertahankan ide bisnisnya agar terus berkembang. Nah, berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan untuk bisa sukses di bisnis start up.

#1. Miliki Tim yang Hebat

Membangun sebuah bisnis dari awal tentu memakan banyak waktu dan tenaga. Dan mengerjakannya sendirian adalah tindakan kurang bijak. Carilah beberapa rekan untuk membantu anda mengembangkan ide awal yang masih sederhana. Rekrut orang-orang yang memang sudah dikenal dan memiliki passion yang sama. Sekedar untuk bertukar pikiran dan menyegarkan otak dengan masukan dari orang-orang yang memang kompeten dibidang itu akan membantu dalam perkembangan embrio start up anda.

#2. Bangun Passion Perusahaan

Setelah anda memiliki tim yang solid, maka hal berikutnya adalah membangun passion dan visi misi yang tepat. Buatlah tradisi dalam tim anda yang bisa mempererat kinerja dalam mengembangkan ide awal atau bisnis yang telah berjalan. Semua hal yang dilakukan tidak selalu terfokus pada gaji ataupun feedback yang baik. Justru bekerja karena imbalan adalah hal yang harus dihindari dalam membangun sebuah bisnis startup. Memang orientasi anda adalah membangun bisnis yang sukses dan penghasilan yang baik pula, tapi yakinkan tim anda dan bangun semangat kerja tanpa berorientasi pada gaji bulanan yang anda dapatkan. Semangat mengembangkan bisnis adalah fokus utama tanpa terganggu dengan gaji yang akan anda terima.

#3. Perluas Jaringan

Jika tim awal sudah solid, maka waktunya untuk membuat tim yang lebih besar dengan melibatkan orang lain atau perusahaan lain diluar sana yang dapat membantu kinerja start up anda. Perluas  jaringan anda ke semua perusahaan yang akan berhubungan dengan bisnis startup anda. Tidak harus melakukan kerjasama, setidaknya anda bisa mengenal dan mempelajari apa saja dari perusahaan lain. Anda tidak tahu sejauh mana perusahan startup anda bisa berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Bisa saja hari ini anda tidak butuh mereka, tapi suatu saat akan sangat memerlukan kerjasama yang baik diantaranya. Membangun perusahaan berarti juga membangun kolega.

#4. Siapkan Diri Pada Sesuatu yang Tak Terduga.

Dalam perjalanannya, membangun bisnis bukan tanpa kendala. Selalu ada hal tak terduga yang menghampiri dan anda diharuskan tanggap dan siap mengambil keputusan. Siap pada sebuah keberhasilan yang meledak atau bahkan penurunan yang drastis karena bisnis start tup tidak bisa diduga perkembangannya.

Nah itulah beberapa tips Membangun Start Up Sukses. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda.

Simak video The Ultimate Guide to Business Development at a Startup yang diambil dari youtube.

What's Your Reaction?

Keren Keren
2
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
8
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
1
Terhibur
Unik Unik
1
Unik
Suka Suka
2
Suka
Biasa aja Biasa aja
2
Biasa aja

Tips Membangun Bisnis Start Up Sukses

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in