Tips Efektif Hadapi Kritikan


Bagi sebagian orang kritik merupakan sesuatu hal tidak mengenakan. Meskipun begitu jangan sampai kita menghindari suatu kritik.  Daripada menghindarinya lebih baik jika kita belajar menerima atau menghadapinya dengan bijak dan mengambil manfaat dari kritik tersebut. Mungkin bagi sebagian orang ini tidak mudah, apalagi kalau kritik tersebut cenderung menjatuhkan. Nah mungkin beberapa hal ini akan membantu kamu dalam menghadapi kritik, terutama bagi yang susah dalam menerima kritikan dari orang lain.

cara efektif hadari kritik

Berikut Tips Efektif Hadapi Kritikan

1. Mengidentifikasi Kritikan; Membangun atau menjatuhkan

Setiap kritikan yang dilayangkan kepada anda pasti punya salah satu dari dua tujuan yaitu menjatuhkan atau membangun. Anda harus jeli membedakan dua jenis kritikan itu. Perhatikan pula darimana asal kritikan tersebut apakah dari orang tua, guru, dosen atau atasan anda.

Jika kritikan bersumber dari orang-orang  yang disebutkan itu, kemungkinan besar  mempunyai tujuan yang baik yaitu ingin menjadikan anda pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya. Lain halnya kalau kritikan itu dilontarkan oleh mereka  yang dikenal punya rasa iri atau teman-teman anda sendiri, ada kemungkinan kritik mereka menjatuhkan.

Salah satu cara yang efektif dalam menghadapi jenis-jenis kritikan adalah dengan melihat cara penyampaiannya, apakah santun atau sebaliknya, membuat anda tidak senang dan seakan-akan anda membuat dirinya susah. Kritik yang membangun harus didengarkan, kalau kritikan yang dirasa bukan diri anda sebenarnya, ada baiknya tutup telinga rapat-rapat.

2. Sadarilah bahwa tidak ada orang yang sempurna

Nobody perfect. Kalimat itu memang benar adanya. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang sempurna termasuk diri anda. Untuk bisa menerima kritikan dengan baik, buang jauh-jauh pikiran bahwa anda adalah orang yang tidak bisa melakukan kesalahan. Dengan menyadari kekurangan anda, anda mulai bisa mencerna apa yang orang lain katakan tentang anda. Untuk membantu anda memahami kekurangan yang anda miliki, tulislah 10 saja kekurangan yang ada pada diri anda dan benar-benar perlu anda perbaiki.

Menulis kekurangan bukan berarti anda harus merasa rendah diri. Posisikan diri anda seakan-akan menjadi orang lain yang bisa dengan mudah melihat kekurangan anda. Setelah itu, katakan pada diri anda sendiri bahwa anda masih punya banyak waktu untuk memperbaikinya. Jadi manfaatkan dengan baik waktu yang masih ada untuk memperbaiki kekurangan anda.

3. Berusaha Tidak Terlalu Sensitif

Ketika seseorang mengatakan sesuatu yang tidak mengenakan kepada anda, bagaimana biasanya anda meresponnya? Dengan sedih, sakit hati, menangis atau justru marah? Jika ingin menjadi pribadi yang lebih baik, maka dengarkan kritikan yang membangun. Tidak semua kritikan itu jelek dan menjatuhkan. Hidup tak selalu apa yang kita inginkan. Karena itu, ketika ada yang mengatakan beberapa hal yang tidak anda sukai, cobalah berfokus pada maksud baik pada kritikan mereka.

 

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Tips Efektif Hadapi Kritikan

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in