Masa Muda Sukses itu Bebas Hutang! Ini 5 Tips Menghindari Hutang Buat Kawula Muda


tips-agar-masa-muda-bebas-hutang

Memang sih orang di usia muda punya banyak keunggulan ketimbang yang sudah di usia senja. Mereka lebih berapi-api, fisiknya masih kuat, wawasannya juga update dengan perkembangan zaman. Tapi kalau soal kearifan hidup dan prinsip, tentu saja anak muda mesti banyak belajar.

Usia muda kadang jadi bumerang saat ini di zaman globalisasi. Gaya hidup glamor dan mementingkan kesenangan jangka pendek, bisa jadi kendala karena bisa memicu banyak hutang. Buat kamu anak muda yang ingin terhindar dari hutang, ikuti tips berikut ini.

Hutang Penuh Perhitungan

Mudahnya anak muda berhutang karena tak cermat dengan akumulasi hutang di masa depan. Menggebu-gebu dengan ide usaha yang menurutnya sangat potensial kemudian berhutang untuk modal usaha. Setelah usaha tak jalan, ternyata hutang susah dikembalikan.

Kalau kamu memang punya ide usaha yang cemerlang, sekarang dimudahkan dengan model bisnis startup. Tinggal kamu pintar-pintar menjual ide kepada para investor. Atau banyak bantuan pemerintah yang dikhususkan bagi wirausahawan muda.

Buat yang kerja kantoran juga perlu hati-hati dengan hutang, apalagi kalau untuk sekedar memenuhi tuntutan gaya hidup, haram hukumnya berhutang. Dan kalaupun sudah berhutang, segeralah untuk membayarnya agar tak menumpuk-numpuk, terlebih jika hutang dengan bunga yang tak ringan.

Menabung Untuk Kebutuhan Tak Terduga

Kebanyakan anak muda itu sulit menabung, apalagi untuk kebutuhan yang tak terduga. Kalaupun mereka menabung, biasanya tabungan itu memang dikumpulkan untuk membeli sesuatu yang sifatnya konsumtif. Tak terpikir tentang kebutuhan yang tak terduga.

Kalau kata bang Haji Rhoma, pemuda itu berpikirnya sekali saja alias jangka pendek. Padahal yang namanya masalah dan musibah itu bisa datang kapan saja, apalagi kalau masalah itu membutuhkan dana yang cukup besar. Jadi menabung untuk kebutuhan tak terduga harus mulai dilakukan anak-anak muda, agar terhindar dari hutang.

Baca Juga : 3 Pengusaha Muda Sukses Indonesia yang Layak Ditiru

Gak Ada Kartu Kredit Gak Susah!

Kartu kredit memang bisa memudahkan kehidupan kita dalam bertransaksi. Tapi buat anak muda malah bisa jadi bumerang. Kok bisa?  Itu karena gaya anak muda yang suka belanja semaunya. Asal gesek aja, tahu-tahu udah limit. Iya kalau bisa bayar, kalau ternyata penghasilan sedang tipis atau usaha lagi’ngadat’, jatuhnya bisa jadi hutang.

Hidup Sederhana Untuk Masa Tua

Saat sudah dapat gaji yang lumayan atau punya usaha yang mulai menguntungkan, mulai deh kebutuhan hidup digas pol! Yang dulu makan biasa diwarung langsung jadi pelanggan restoran. Yang biasa hiburan main ke tetangga aja sekarang mainnya ke klub malam elit.

Kira-kira begitu gambaran banyak anak muda yang punya mimpi dan ilusi, muda hura-hura, tua kaya raya, mati masuk surga. Eh ternyata faktanya lebih banyak anak muda yang hura-hura di waktu muda, jadi merana dan banyak hutang di hari tua.

Kamu yang muda harus sadar bahwa semua pekerjaan di masa muda adalah rintisan awal, tangga pertama untuk menuju kesuksesan. Dengan hidup sederhana, tentunya kamu akan terhindar dari hutang.

Selain itu hidup sederhana juga membantu finansial atau untuk nambah modal usaha. Yang terpenting hidup sederhana itu mencerminkan perjuangan dan motivasi untuk sukses di masa depan.

Baca Juga : Ini 6 Langkah Memulai Bisnis Sendiri. Yuk Coba, Biar Sukses di Usia Muda!

Bersyukur dengan yang Kita Punya

Ini bukan hanya kata-kata mutiara dari pelajaran agama, tapi secara rasional nasehat ini sesuai dengan prinsip-prinsip finansial. Mengapa begitu? Karena orang yang bersyukur pasti akan melihat kebawah soal harta benda.

Melihat orang-orang yang tidak beruntung soal rezeki akan membuat kita akan sungkan untuk menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak perlu. Jadi gak gampang berhutang dan bahkan mudah membantu yang membutuhkan.

 

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
2
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Masa Muda Sukses itu Bebas Hutang! Ini 5 Tips Menghindari Hutang Buat Kawula Muda

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in