Tips agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Tetap Awet


Menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship memang sangat sulit. Bosan, kesal, curiga, biasanya terjadi pada pasangan yang menjalani LDR ini.  Mungkin satu dua bulan hubungan akan berjalan normal, tapi bulan selanjutnya kesabaran dan kesetiaan kita diuji, tidak sedikit LDR yang setiap harinya dihiasi pertengkaran via sms atau telepon bahkan sampai hubungan yang telah dibinapun berakhir dengan putus.

Tapi untuk kamu para pejuang LDR, tak perlu menyerah, banyak juga yang menjalani LDR berakhir dipelaminan, mereka bisa menjaga  dan saling percaya sehingga hubungannya baik-baik saja. Nah Supaya LDRmu berjalan lancar berikut ini ada beberapa tips agar hubungan jarak jauh (LDR) tetap awet.

Tips agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Tetap Awet
via Kompasiana

5 tips agar hubungan jarak jauh (LDR) tetap awet

1. Komitmen

Hal pertama yang seharusnya menjadi landasan dalam menjalin hubungan adalah komitmen. Baik hubungan jarak jauh atau LDR maupun hubungan lainnya. Tanpa adanya komitmen, siap-siap saja untuk ditinggalkan. Karena itu, berjanjilah untuk berkomitmen dengan  pasangan LDR kamu. Ungkapkan dengan jujur dan apa adanya tentang yang kalian berdua inginkan. Setelah itu buatlah komitmen bahwa kalian berdua ingin menjalin hubungan ini dengan serius apalagi LDR itu rentan putus di tengah jalan jadi keinginan untuk menepati komitmen ini sangatlah penting. Katakan juga dengan terus terang tentang apa yang seharusnya kalian lakukan dan apa saja yang seharusnya tidak dilakukan  terhadap hubungan kalian.

2. Rencanakan masa depan bersama

Merencanakan masa depan bersama dirinya akan membuat hubunganmu semakin kuat. Tidak jarang pasangan LDR bisa melanjutkan hubungannya hingga ke jenjang pernikahan. Salah satu kuncinya adalah dengan merencanakan masa depan bersama. Sebaiknya ketika saling berkomunikasi, bicarakan tentang rencana-rencana kalian di masa yang akan mendatang. Tidak hanya akan membuat hubunganmu dengannya semakin romantis, tetapi kalian jadi lebih tahu apa yang ingin dilakukan ke depannya. Jangan lupa juga kalau sudah membuat rencana, segera eksekusi atau milikilah niat untuk membuat semua rencanamu menjadi kenyataan.

3. Perlancar Komunikasi

Kunci sukses dalam membangun sebuah LDR adalah komunikasi. Sebenarnya tidak hanya LDR sih yang membutuhkan komunikasi, pacaran jarak dekat pun juga memerlukan komunikasi. Tetapi kalau LDR mungkin lebih membutuhkan komunikasi yang intens karena kamu dan pasangan tidak saling bertemu. Komunikasi juga dibutuhkan untuk menghindari kecurigaan dan memunculkan kesan “hangat” dalam hubungan kalian. Apalagi sekarang kan banyak media yang digunakan untuk berkomunikasi seperti facebook, BBM, whatsup, Line dan sebagainya. Dengan banyaknya teknologi tersebut, kamu bisa menghemat pengeluaran dibandingkan membeli pulsa untuk SMS dan menelpon seperti dulu. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk putus komunikasi kan?

4. Saling mempercayai

Tidak dipungkiri memang kalau LDR itu rentan cemburu. Kalian tidak saling bertemu dan dia juga belum membalas pesanmu padahal kamu ngirimnya sudah lama. Tiba-tiba mood jadi buruk dan kamu tidak bisa menahan perasaan cemburumu. Kamu pasti curiga kalau dia sedang bersama wanita/pria lainnya. Padahal dia nya lagi sibuk kerja atau kuliah. Ya, itulah resiko dari  menjalin hubungan jarak jauh. Supaya hubungan LDR mu dengan dia langgeng, sebaiknya kalian menanamkan rasa saling mempercayai satu sama lain. Kamu harus percaya kalau dia pasti akan setia begitupun dia juga harus percaya kalau kamu juga setia.

5. Agendakan pertemuan

Beda dengan pasangan yang bisa bertemu setiap saat, pertemuan bagi pasangan yang LDR  merupakan sesuatu yang penting sekaligus membahagiakan. Karena itu, sisihkan waktu luang kalian untuk saling bertemu.

Nah, bagaimana? masih berpikir untuk menyerah? Pikirkan lagi, yakinlah bahwa ketika kalian berusaha menjaga hubungan sebaik mungkin meski hubungan kalian terhalang oleh jarak yang jauh, hubungan itu akan baik-baik saja.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Tips agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Tetap Awet

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in