Tiga Tipe Mahasiswa


3-tipe-mahasiswa

Bangku kuliah tentu berbeda dengan bangku sekolah. Ketika sekolah kita cenderung melihat kawan-kawan kita sebagai orang “setipe” namun ketika kuliah kita melihat heterogenitas yang begitu jelas dari kawan-kawan kita, sehingga mereka berkelompok-kelompok sesuai dengan latarbelakang dan tujuan yang sama. Ada yang berkelompok karena sama-sama aktivis, ada juga yang berkelompok karena sama-sama mahasiswa pengejar nilai, ada yang berkelompok karena visi bisnis yang sama dan sebagainya. Pada artikel ini saya akan membahas tiga tipe mahasiswa yang sering kita temui yaitu sebagai berikut :

1. Tipe Akademis

Mahasiswa ini fokus pada urusan akademik. Tujuan mereka adalah mencari IPK yang tinggi lebih-lebih lagi cumlaude atau tsumma cumlaude. Waktu mereka dihabiskan untuk membaca dan mengulangi materi-materi kuliah, membaca banyak buku referensi, sering pergi ke perpustakaan, menulis di blog atau web mengenai materi-materi kuliah dan biasanya sangat sensitif apabila ada masalah akademik yang menimpanya seperti turunnya IPK atau mendapat nilai tugas yang rendah.

2. Tipe Aktivis

Mahasiswa ini aktif di berbagai organisasi apakah itu di prodi, lembaga dakwah, badan eksekutif mahasiswa, presidium atau apa pun itu. Kesehariannya dihabiskan untuk rapat, diskusi dengan senior, mencari sponsor apabila akan diadakan acara, menulis laporan hasil kegiatan dan pergi ke sana sini untuk menjadi wakil dari organisasinya. Hampir setiap hari dihabiskan di kampus dan hanya ada sedikit waktu untuk dihabiskan di rumah atau kontrakan atau kost-kostan.

3. Tipe Hedonis

Mahasiswa ini bukanlah aktivis dan juga bukan akademis, melainkan mahasiswa yang lebih mementingkan kesenangan selama duduk di bangku perkuliahan. Mahasiswa seperti ini jarang ditemukan di kampus karena sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk menikmati keindahan dunia seperti berjalan-jalan, mencari fashion terbaru, menikmati makanan-makanan mahal dan disibukkan dari hal-hal selain kuliah dan organisasi.

Baca juga5 Tipe Dosen yang Harus Mahasiswa Kenali

Dari ketiga tipe mahasiswa tadi yang terbaik adalah yang bisa menyeimbangkan dari kegiatan-kegiatan tersebut, terkadang kita perlu berorganisasi supaya bisa membawa diri dalam kehidupan dan belajar menyelesaikan masalah bersama-sama, terkadang juga kita perlu belajar yang giat supaya mendapatkan IPK yang tinggi supaya memenuhi prasyarat dunia kerja dan terkadang juga kita perlu menyalurkan hobi dan kesenangan kita supaya kita tidak jenuh dan kembali kreatif supaya bisa menjalani perkuliahan lebih baik lagi.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Tiga Tipe Mahasiswa

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image