Tak Ada yang Salah dengan Ambisi, Asalkan Bisa Mengendalikannya


Tak Ada yang Salah dengan Ambisi – Apakah kamu sering dicap sebagai orang yang ambisius dan mendapatkan komentar negatif dari  beberapa orang di sekitarmu? Kalau ya, jangan buru-buru cemas apalagi berniat menghapus ambisi yang kamu miliki. Lebih baik, renungkanlah terlebih dahulu apa keuntungan memiliki ambisi dan apa kerugian yang mungkin akan kamu dapatkan dari ambisimu. Jika sudah mengetahui keduanya, pikirkan cara yang tepat untuk mengarahkan ambisi itu sehingga tidak merugikan dirimu.

Yang pertama, coba pikirkan tentang ambisi itu sendiri. Apakah ambisi adalah sejenis perasaan atau sifat yang aneh dan tidak layak dipelihara? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya mengetahui arti sebenarnya dari kata “ambisi”. Ambisi berarti keinginan atau nafsu untuk mendapatkan dan melakukan sesuatu. Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan keinginan atau nafsu , bukankah setiap manusia terlahir lengkap dengan keinginan dan nafsu dan perasaaan lainnya? Memiliki ambisi itu wajar karena manusiawi. Dengan memiliki ambisi, seseorang akan punya dorongan yang kuat untuk mendapatkan sesuatu yang menjadi keinginannya. Tanpa ambisi, seseorang tak akan memiliki alasan yang kuat untuk melakukan atau memperoleh sesuatu.

Tak Ada yang Salah dengan Ambisi, Asalkan Bisa Mengendalikannya
Image via : write2think.com

Selanjutnya,  ketahui apa untungnya memiliki ambisi.  Kalau seseorang sangat berniat untuk mendapatkan sesuatu, bukankah dia akan bekerja sangat keras untuk mewujudkannya? Seperti itulah manfaat memiliki ambisi.  Orang yang ambisius akan bekerja keras dan bekerja cerdas supaya yang dia inginkan bisa diwujudkan menjadi kenyataan. Dia akan berhenti mengeluh dan mendaftar seribu alasan yang menghalanginya. Tidak hanya itu, hari-harinya juga dipenuhi oleh semangat untuk mengejar mimpi.  Bagi orang ambisius “life is never flat”, di setiap hari yang baru akan ada keinginan baru yang lahir.  Sehingga tidak jarang orang yang ambisius mencapai prestasi yang lebih tinggi daripada orang lain sebab mereka tak pernah berhenti bermimpi dan berusaha.

Tapi ingatlah, di samping semua keuntungan yang bisa dimiliki dari sifat ambisius itu, ada sisi negatif yang perlu dipertimbangkan. Seperti iri melihat kesuksesan orang lain sampai rasa depresi saat tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Untuk mengatasinya, milikilah banyak ambisi. Jika satu ambisi tidak bisa dipenuhi, maka kejarlah ambisi yang lain.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
1
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Tak Ada yang Salah dengan Ambisi, Asalkan Bisa Mengendalikannya

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in