Sosok Soekarno di Mata Dunia


Di Amerika Serikat, Soekarno amat dihargai. Saat beliau baru saja tiba di bandara Washington DC, Amerika Serikat pada siang hari pada tanggal 16 Mei 1956, Bung Karno didampingi oleh wakil presiden Amerika Serikat  yang saat itu dijabat oleh Richard Nixon. Beliau begitu dihormati sehingga ketika pertama kali datang ke bandara tersebut, 21 kali tembakan kehormatan dilakukan oleh para pasukan Amerika Serikat. Ketika itu, Bung Karno datang ke negeri adidaya atas undangan Presiden David Dwight Eisenhower dan melakukan lawatan selama 18 hari di negeri Paman Sam tersebut.

Tak hanya itu, Bung Karno juga pernah duduk satu mobil dengan Presiden Amerika Serikat yaitu Kennedy dan melewati pasukan kehormatan di pangkalan Angkatan Udara, Amerika Serikat.  Bersama presiden Kennedy, Bung Karno membicarakan insiden yang terjadi di Kuba.  Tahun 1946, Soekarno menjadi cover majalah Times untuk pertama kalinya.

soekarno

Sama  seperti di Amerika Serikat, Presiden Soekarno juga sangat dihormati oleh para petinggi negeri Sakura yaitu negara Jepang. Pada tanggal 3 Februari tahun 1958, beliau menjadi tamu kehormatan dari Kaisar Jepang, Hirohito dan pangeran Akihito. Beliau juga mendapatkan sambutan hangat lewat jamuan makan siang di istana kekaisaran Jepang di Tokyo.

Bung Karno juga merupakan salah seorang presiden yang go international.  Beliau selalu mendapatkan undangan dalam pertemuan antar pemimpin negara. Salah satu pertemuan yang diadakan oleh pemimpin negara adalah saat pertemuan antar negara-negara non blok yang diselenggarkan pada bulan September 1960. Beliau hadir bersama dengan pimpinan negara India, Ghana, Mesir, dan Yugoslavia. Pertemuan ini menghasilkan ultimatum yang dilayangkan kepada negeri adidaya saat itu yaitu Amerika dan Uni Soviet. Ultimatum tersebut merupakan himbauan agar kedua negara tersebut melakukan perundingan diplomasi untuk menyelesaikan perang dingin.

Selain itu, Bung Karno juga memiliki hubungan yang akrab dengan para pemimpin negara lain seperti dengan Presiden Pakistan dan para Pemimpin negara Kuba.  Bung Karno sering bertemu dengan pemimpin negara-negara tersebut.  Bangsa Indonesia pantas berbangga hati memiliki seorang pemimpin yang dihargai oleh negara-negara lainnya.

Akhirnya, kita berharap lahirnya Sokarno Soekarno baru agar negara kita bisa menunjukan gaungnya lagi. Semoga!

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
1
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Sosok Soekarno di Mata Dunia

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in