Be a Smart Freelancer


Menjadi pekerja lepas atau lebih dikenal dengan freelancer memang menjanjikan. Selain lebih praktis, pekerjaan ini pun bisa dilakukan dimanapun dan tidak terikat waktu. Yang terpenting, pekerjaan sesuai dengan brief dari klien. Berbeda dengan kerja kantoran dimana anda memiliki waktu yang pasti dan pekerjaan yang jelas. Freelancer pekerjaannya adalah proyek yang sesuai dengan minat anda. Namun sebelum masuk ke dalam dunia freelancer di dunia maya, ada hal-hal yang harus dipersiapkan agar anda tidak bingung saat mulai terjun di dalamnya.

credits tittle by : http://2011.joelglovier.com/wallpaper/freelancer/
Image credit by :
http://2011.joelglovier.com/wallpaper/freelancer/

#1. Persiapkan Akun

Dalam dunia freelancer, beberapa akun aktif di beberapa situs sangat penting anda punyai. Seperti email, paypal, Yahoo Messanger, atau media sosial lainnya yang berhubungan. Ini adalah syarat utama untuk memasuki dunia freelancer di internet. Biasanya beberapa situs pekerja lepas menganjurkan anda untuk membuat akun di situsnya. Ini dilakukan agar data anda dapat terekam di situs tersebut dan menjamin keamanan dan kenyamanan saat melakukan penawaran. Akun seperti Gmail atau Yahoo bisa digunakan untuk verifikasi dan melakukan komunikasi dengan klien nantinya. Sedangkan Paypal digunakan untuk pembayaran honor anda. Siapkan juga rekening di bank lokal.

#2. Kemampuan Dasar

Anda harus mengetahui kemampuan anda dan juga pekerjaan yang diinginkan. Jika ingin menjadi freelancer penulis lepas untuk membuat artikel, maka setidaknya anda perlu memiliki pengetahuan dasar menulis yang baik. Namun jika keahlian anda menggambar dan desain, berarti anda lebih dominan untuk menjadi pekerja lepas sebagai desainer. Untuk pekerjaan yang satu ini bisa anda mulai dengan ikut kontes desain yang ada di beberapa web desain bersangkutan seperti 99design.Com, crowdspring.com, sribu.com, dan lain-lain. Intinya adalah mengetahui kemampuan anda. Sehingga memiliki kepercayaan diri untuk bersaing dengan ribuan freelancer lain di luar sana.

#3. Portfolio

Rajinlah membuat portfolio. Karena ini adalah tiket emas anda untuk menarik minat calon klien mempekerjakan anda. Jika anda melakukan penawaran, maka tidak usah terlalu repot untuk melakukan presentasi. Tinggal mengarahkan calon klien untuk melihat karya yang pernah anda kerjakan sebelumnya. Jika belum memiliki banyak hasil portfolio maka biasakan untuk mengasah kemampuan anda walaupun itu bukan pesanan dari klien. Memperbanyak portfolio berarti juga mengasah kemampuan anda dan biasanya membuat reputasi anda lebih baik dibanding freelancer lainnya.

#4. Link

Bekerja lewat internet berarti anda sedang berada dalam dunia tanpa batas. Anda bisa melihat situs pekerja lain yang sudah profesional untuk sekedar menyegarkan otak anda. Rajinlah menambah wawasan dan mencari lebih banyak referensi untuk perkembangan kemampuan anda. Sehingga anda tahu kekuatan pesaing anda ataupun belajar dari mereka yang sudah sukses menjadi freelancer. Aktiflah di media sosial dan perbanyak link untuk mendukung karir anda. Jika berkutat pada penulis artikel, maka perbanyaklah mencari informasi yang dibutuhkan. Artikel di beberapa situs juga adalah hasil olahan dari para penulis lepas. Begitu juga yang aktif dengan dunia desain bisa melihat situs desain untuk meng-upgrade wawasan anda.

#5. Tarif

Hal ini adalah langkah selanjutnya jika anda telah mendapatkan klien. Pada umumnya calon klien sudah menetapkan nominal untuk setiap pekerjaan yang sedang ditawarkan kepada freelancer. Jika ini adalah proyek pertama, tidak usah memikirkan besarnya bayaran. Jika tarif yang dianggarkan tidak terlalu menarik, tidak perlu sinis. Sebenarnya ini adalah gerbang menuju proyek selanjutnya. Tak jarang para klien kembali mengorder pekerja sebelumnya karena sudah cocok dengan hasil kerjanya. Tapi bila anda sudah termasuk ke dalam semi profesional, bisa mempertimbangkan tarif yang lebih tinggi. Karena dalam hal ini, reputasi lebih penting. Bangunlah reputasi sebaik mungkin, ini adalah poin penunjang setelah portfolio.

Itu dia beberapa poin yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang pekerja lepas di internet. Hal paling menyenangkan dari pekerja freelancer adalah ketika mendapat klien, jadi gunakan kemampuan anda sebaik-baiknya untuk mendapatkan proyek yang anda inginkan. Tapi ingat, jika anda mendapat banyak tawaran, usahakan untuk memilih yang bisa anda kerjakan sesuai kemampuan anda. Jika anda menerima semua proyek tanpa tahu kemampuan anda, justru akan membuat reputasi anda jatuh. Mari menjadi freelancer yang baik.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Be a Smart Freelancer

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in