Sistem Belajar yang Biasa Dilakukan Oleh Mahasiswa Indonesia


Sistem Belajar yang Biasa Dilakukan Oleh Mahasiswa Indonesia – Sistem belajar setiap orang tentu berbeda. Berikut ini ada beberapa sistem belajar yang biasa dilakukan oleh mahasiswa Indonesia mulai sistem SKS sampai sistem belajar idaman. Nah, untuk lebih jelasnya simak pembahasannya di bawah ini:

Sistem Belajar Mahasiswa Indonesia

1. Sistem kebut semalam (SKS)

Sistem ini banyak diadopsi oleh sebagian besar mahasiswa. Mereka tidak mencicil sebelumnya. Yang mereka tahu, besok atau lusa akan ada ujian dan mereka harus cepat belajar saat itu juga. Yang jelas, sistem ini memang belum tentu berhasil tetapi banyak dilakukan. Bahkan bisa dibilang menjadi tradisi mahasiswa Indonesia.

2. Sistem mencicil

Sistem ini dilakukan oleh mereka yang tidak ingin ada beban menjelang ujian. Mereka mencicil untuk mempelajari materi ujian satu bulan  sebelum  hari H. Sehingga ketika akan ujian sekalipun, beban belajar mereka tidak terlalu banyak. Biasanya sistem ini diterapkan oleh mahasiswa yang rajin. Tapi ada juga mahasiswa yang ingin menerapkan sistem ini tapi akhirnya gagal karena selalu menunda-nunda. Akhirnya mereka tidak sadar kalau ujian kurang 3 hari lagi, akhirnya kelabakan dan sistem mencicilpun gagal dilakukan.

Baca Juga : Tiga Tipe Mahasiswa

3. Sistem nekat

Sesuai dengan namanya, nekat berarti tanpa persiapan sama sekali. Mereka percaya diri saja dengan bekal belajar seadanya untuk mengerjakan soal ujian. Mahasiswa dengan kadar nekad yang tinggi  ini mengerjakan ujian sekuat tenaga dan mengerahkan pikirannya tanpa persiapan yang matang. Entah bagaimana hasilnya, itu dipikir belakangan.

4. Sistem copyright dan copy paste

Mungkin sistem ini juga sering dilakukan bahkan sejak jaman SMA. Ketika mahasiswa, cara ini juga dibawa. Sistem copyright artinya meminjam catatan atau buku langsung dari dosen kemudian memfotokopinya. Biasanya mahasiswa yang menerapkan sistem copyright ini tidak punya buku atau catatan sama sekali. Mereka hanya mengandalkan buku dan catatan milik dosen. Sedangkan sistem copy paste terbilang 11 12 dengan sistem copy right. Hanya saja mereka tidak meminjam catatan langsung dari dosen. Mereka meminjam catatan dari teman-temannya yang terkenal rajin dan suka mencatat.

Baca Juga : Empat Hal Ini Wajib Dilakukan Mahasiswa agar Sukses di Masa Depan

5. Sistem Belajar Idaman

Siapapun ingin belajar dengan waktu yang telah terjadwal dengan baik dan materi yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasilnya pun bisa diharapkan mendapatkan nilai yang sangat baik minimal B+.  Tetapi sangat jarang mahasiswa yang menggunakan sistem belajar ini.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Sistem Belajar yang Biasa Dilakukan Oleh Mahasiswa Indonesia

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image