6 Fakta Sejarah Berdirinya PSSI


Siapa yang tidak tahu dengan PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ? Pasti semua mengenalnya, minimal pernah mendengarnya. Ya, PSSI merupakan sebuah organisasi  yang mewadahi seluruh klub sepak bola di Indonesia. PSSI telah berdiri dan mengabdi lebih dari setengah abad yang lalu. Tapi apa kalian sudah tahu sejarah berdirinyanya PSSI? Yuk tambah pengetahuanmu tentang PSSI dengan membaca 6 fakta sejarah berdirinya PSSI berikut ini.

Logo_PSSI
image : wikipedia.com

1. Didirikan oleh pemuda Indonesia lulusan Jerman

Siapa sangka kalau ternyata PSSI didirikan oleh seorang insinyur muda Indonesia bernama Soeratin Sosrosoegondo. Setelah ia lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Meckelenburg, Jerman tahun 1927, Soeratin kemudian kembali ke Indonesia pada tahun 1928 dan bekerja di sebuah perusahaan bangunan yang dikelola oleh Belanda bernama “Sizten en Lausada” yang berpusat di Yogyakarta. Beliau juga merupakan satu-satunya orang Indonesia yang memiliki jabatan dijajaran petinggi perusahaan.

2. Sebagai Bukti Kecintaan Terhadap Indonesia

Sebagai pemuda yang memiliki jiwa nasionalis yang tinggi dan cinta tanah air, Soeratin merasa bahwa bangsa Indonesia butuh sebuah wadah untuk dapat meningkatkan nasionalisme pemuda Indonesia dan juga untuk menentang pemerintahan Belanda. Akhirnya setelah pertimbangan yang matang beliau memutuskan untuk keluar dari perusahaan tempat ia bekerja dan memilih mengembangkan sepakbola sebagai salah satu jalan untuk memupuk rasa persaudaraan pemuda Indonesia.

3. Setelah Perjalanan Panjang, akhirnya PSSI terbentuk

Perjuangan untuk membentuk berdirinya persatuan sepakbola dilakukan dengan mengumpulkan tokoh-tokoh sepakbola dari beberapa kota di Indonesia seperti Yogya, Solo, Bandung dan kota-ota lainnya. Selain mengundang tokoh-tokoh sepakbola, beliau juga mengundang tokoh-tokoh pergerakan nasional seperti A Hamid, Amir Notopratomo, Soekarno (bukan Bung Karno), Daslam Hadiwasito, dan lain-lain. Pertemuan ini pun di laksanakan di hotel Binnenhof (sekarang hotel Salak).

Akhirnya pada tanggal 19 April 1930 dengan perwakilan dari VIJ (Voetbalbond Indonesische Jakarta); Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB); Persatuan Sepakbola Mataram (PSM) Yogyakarta; A Hamid, M. Amir Notopratomo; Daslam Hadiwasito, Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB) Solo; Madioensche Voetbal Bond (MVB); Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM); Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (SIVB); serta beberapa perwakilan pelajar, maka lahirlah PSSI.

4. Dulu namanya bukan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia

PSSI yang kita kenal saat ini cukup berbeda dari PSSI saat awal dibentuk. Setelah melalui kongres PSSI di Solo pada tahun 1950, PSSI yang dulunya merupakan singkatan dari Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia diubah menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, kongres ini pun sekaligus menunjuk Ir. Soeratin sebagai Ketua Umum PSSI.

5. Dalam 12 tahun jadi anggota FIFA dan AFC

Setelah terbentuk pada tahun 1930, dalam kurun waktu 12 tahun, PSSI resmi menjadi anggota FIFA sejak tanggal 1 November 1952 pada saat kongress FIFA yang berlangsung di Helsinki. Tidak lama setelahnya, PSSI juga diterima secara resmi menjadi anggota AFC (Asian Football Confederation) pada tahun 1954.

6. Salah satu ketua PSSI pernah menjabat sebagai ketua pertama AFF

Selain berusaha mengembangkan persepakbolaan Indonesia, PSSI melalui ketua umum yang ke sebelas yaitu H. Kardono (1983-1991) juga menjadi pelopor dalam pembentukan AFF (Asean Football Federation), beliaupun menjadi presiden AFF yang pertama.

Nah itulah beberapa rangkuman mengenai 6 fakta sejarah berdirinya PSSI di Indonesia. Meskipun saat ini PSSI sedang mengalami kemelut akibat SK pembekuan Menteri Pemuda dan Olahraga, kita doakan semoga PSSI dapat melaluinya dan terus mengabdi menjadikan sepakbola sebagai media untuk memupuk nasionalisme pemuda Indonesia.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

6 Fakta Sejarah Berdirinya PSSI

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in