Review Film Jenderal Soedirman


Bosan dengan film Indonesia yang itu-itu saja? Coba saksikan film berjudul “Jenderal Soedirman” yang akan memperkaya wawasan sekaligus menumbuhkan jiwa nasionalisme anda.  Film yang dirilis Bulan Agustus lalu tersebut,  banyak memberikan gambaran tentang semangat para pahlawan ketika mempertahankan negeri tercinta ini.  Tidak hanya soal perang, film ini juga bergenre action, drama dan biografi.

Sama seperti judulnya, film ini menceritakan perjalanan hidup sang pahlawan. Film garapan Viva Westi ini menampilkan aktor muda tanah air yaitu Adipati Dolken yang berperan sebagai jenderal Soedirman.  Kisah ini bermula dari pengkhianatan Belanda yang tidak mentaati perjanjian Renville yang sudah disepakati oleh Indonesia dan Belanda. Tidak hanya itu, bahkan Belanda menyerang dengan agresif dan tidak lagi menjunjung tinggi perdamaian.

Review Film Jenderal Soedirman

Panglima tentara Belanda yang saat itu dijabat oleh Jenderal Simon Hendrik Spoor melakukan agresi militer II dan melakukan penyerangan terhadap Yogyakarta. Ketika itu, Yogyakarta menjadi ibu kota Republik Indonesia.  Melihat hal ini, Jenderal Soedirman tidak tinggal diam dan mengerahkan pasukannya untuk bangkit melawan tentara Belanda.

Perjuangan Jenderal Soedirman sungguh luar biasa. Dalam keadaannya yang sakit parah, beliau tetap memimpin perang gerilya selama 7 bulan lamanya. Paru-parunya hanya tinggal satu tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat sang Jenderal untuk mengusir para penjajah yang menyatakan bahwa negara Indonesia sudah tidak ada. Jenderal Soedirman menyatakan Indonesia masih ada. Beliau menyiarkan informasi ini bersama para tentara Indonesia lainnya di dalam hutan. Perang gerilya yang dilakukan sukses membuat Belanda kewalahan dan kehabisan logistik perang. Jenderal Soedirman berhasil memenangkan peperangan ini dan memaksa Belanda menandatangani perjanjian perdamaian Roem-Royen yang isinya mengakui kedaulatan penuh Republik Indonesia.

Film yang diproduseri oleh Handi Lifat dan Sekar Ayu Asmara  ini dibuat sebagai persembahan atas  hari kemerdekaan RI yang ke 70. Film ini diproduksi oleh Padma Pictures dan Yayasan Kartika Eka Paksi. Film Jenderal Soedirman ini juga turut dibintangi oleh artis kenamaan seperti  Mathias Muchus, Nugie, Ibnu Jamil, Baim Wong, Lukman Sardi.

Berikut trailer dari film Jenderal Soedirman

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Review Film Jenderal Soedirman

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in