6 Resep Jitu Mengalahkan Rasa Cemas Berlebihan


resep-menghilangkan-cemas-berlebihan

Bagi sebagian orang, kecemasan sangat sulit dikendalikan. Bahkan, datangnya pun tak direncanakan. Kalau sudah dilanda rasa cemas berlebihan, hari-hari yang harusnya senang jadi muram. Pekerjaan yang seharusnya selesai tepat waktu, jadi terbengkalai tak menentu. Akhir pekan yang harusnya diisi jalan-jalan, jadi murung di kamar sendirian.

Rasa cemas tentu saja pernah menyerang siapa saja. Kebanyakan pekerja muda-lah yang mengalaminya. Pengalaman yang belum seberapa lama dan kemampuan yang masih diambang rata-rata, menjadi penyebabnya. Atau, keahlian mengelola emosi yang belum dikuasai. Tapi jangan khawatir, kali ini bakalan kita bahas bagaimana cara mengalahkan rasa cemas berlebihan. Cek yuk!

1. Sebagai langkah awal yang jadi penentu, tarik napas dalam-dalam hingga beberapa waktu

Menurut riset, mengatur napas bisa menjadi solusi untuk menenangkan diri. Tiap kali cemas melanda, selalu luangkan waktu untuk mengatur ritme bernapas. Caranya, tarik napas dalam-dalam dan panjang, tahan selama beberapa detik. Kemudian, keluarkan perlahan lewat mulut. Ulangi beberapa kali, sampai kondisi pikiran kamu menjadi tenang. Langkah ini cukup efektif dilakukan saat tiba-tiba kamu merasa panik dan cemas berlebihan.

2. Kadang rasa cemas datang karena asupan oksigen berkurang, rutinkan olahraga mulai dari sekarang

Kekurangan oksigen menyebabkan otak tak bekerja secara maksimal. Tidak heran jika pikiran dan hati menjadi gelisah. Jika ada sedikit saja masalah datang, rasa cemas berlebihan pun melanda tak keruan. Karena itu, cobalah untuk memulai merutinkan olahraga. Baiknya, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Karena, terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Olahraga yang paling cocok untuk menyuplai oksigen ialah jogging selama kurang lebih 30 hingga 60 menit.

Baca Juga : Manfaat Push Up bagi Kesehatan

3. Otak jadi lelah karena waktu istirahatmu payah, segera atasi dengan memperpanjang durasi

Salah satu penyebab lain yang menjadikan pikiranmu menjadi lebih mudah cemas ialah waktu istirahat. Kekurangan tidur pun menyebabkan otak tak bekerja secara maksimal. Kalau sudah begini, satu-satunya solusi ialah menyegerakan waktu tidur kamu. Maksimal jam 10 sudah beranjak ke tempat tidur. Supaya, otak kita bisa cukup istirahat dan siap memulai aktivitas kembali di esok hari. Kalau otak dan badan sudah fit, segala masalah yang timbul tentu bisa segera diatasi. Cemas pun tak sudi mampir!

4. Nggak ada salahnya kamu minum kopi tiap hari, tapi pastikan agar tak berlebihan

Minum kopi jelas ada manfaatnya, selama itu tidak berlebihan mengonsumsinya. Kadar kopi sebisa mungkin tidak lebih dari 300 Mg per hari. Itu artinya, kita hanya boleh meminum segelas atau dua gelas kopi tiap harinya. Lebih dari itu, sangat tidak disarankan. Karena bisa menyebabkan rasa cemas berlebihan, memicu detak jantung, dan berakibat buruk pada kondisi lambung. Jadi, kontrol asupan kopi tiap harinya, supaya kesehatan badan dan pikiran tetap terjaga.

5. Kecemasanmu nggak boleh dibiarkan sendirian, panggil temanmu sebagai obat penenang

Rasa cemas berlebihan bisa saja datang saat kita sedang sendirian. Memikirkan segala sesuatunya seorang diri, menyebabkan kita tak kunjung menemukan solusi. Bersanding dengan seorang teman bisa jadi sebagai obat penenang. Kamu bisa mencurahkan isi hati dan pikiran yang kamu cemaskan pada temanmu itu. Siapa tau, teman kita punya banyak solusi untuk mengatasi masalah yang kita alami. Selalu ingat bahwa jangan terlalu mengandalkan diri sendiri. Karena kita adalah manusia sosial, saling membantu dan mengasihi.

Baca juga : Teman Memang Harus Dipilih. Mereka Menentukan Siapa Kamu!

6. Renungi apa yang membuatmu cemas tak keruan, kemudian cari solusi dan selesaikan

Satu hal yang paling penting saat ingin mengobati rasa cemas berlebihan ialah menemukan akar masalahnya. Apa yang sebenarnya kita cemaskan? Apakah kita sanggup menghadapinya? Adakah solusi untuk permasalahan tersebut? Tiga pertanyaan tersebut, kalau bisa dijawab tentu masalah akan selesai. Sederhana saja, memang. Hal-hal yang membuat semakin cemas hanyalah ilusi belaka. Kalau kita mampu menganalisis apa masalahnya, kemudian siap menghadapi dan mencari solusi, masalah akan selesai dengan sendirinya.

Nah, itulah tadi sederet tips untuk mengatasi rasa cemas berlebihan. Untuk kamu yang sering mengalami hal ini, bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Asal konsisten dilakukan, lama-kelamaan rasa cemas tak akan lagi datang. Semoga bisa menambah inspirasi kamu, ya~

What's Your Reaction?
Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Bukan siapa-siapa.

6 Resep Jitu Mengalahkan Rasa Cemas Berlebihan

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in