Resensi Novel Bulan Karya Tere Liye


Resensi Novel Bulan – Bulan merupakan karya kesembilan dari penulis kondang Tere Liye. Novel ini merupakan seri kedua dari trilogi buku “Bumi”. Bulan adalah novel yang bergenre fantasi anak-anak. Bulan bercerita tentang petualangan 3 remaja yaitu Raib, Seli dan Ali yang masih berusia 15 tahun dan duduk di bangku kelas X SMA.  Mereka tinggal di bumi sebagaimana anak-anak lainnya.

Tetapi ketika ada masalah di Klan Bulan, terpaksa ketiganya datang ke bulan. Karena sebenarnya Raib adalah putri dari Raja Klan Bulan yang dulu sempat memerintah. Di novel pertamanya yaitu Bumi diceritakan bagaimana Raib menguasai kekuatannya. Dia memiliki kemampuan yaitu bisa menghilang dan dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Resensi Novel Bulan Karya Tere Liye
Image via : referensibukubagus.files.wordpress.com

Sedangkan Seli adalah keturunan dari klan matahari dan Ali berasal dari Bumi. Meskipun begitu, Ali memiliki kemampuan yang luar biasa yaitu bisa  berubah menjadi beruang raksasa dalam kondisi terdesak dan menyerang musuh. Sayangnya, kekuatan yang dimilikinya semakin tidak terkendali. Cerita di Novel Bulan ini bermula dari petualangan ketiganya di Klan Matahari. Bersama dengan Ily, pemuda dari Klan Bulan mereka melakukan festival bunga matahari yang mekar pertama kali. Festival ini merupakan festival lama yang sudah berlangsung ratusan tahun. Dahulu, setiap peserta harus saling membunuh demi mendapatkan bunga matahari tersebut. Tetapi sekarang sudah tidak lagi. Peserta justru dilarang saling menyerang.

Baca Juga : Resensi Novel Rindu Karya Tere Liye

Konflik semakin tajam saat berada di bab-bab terakhir yaitu saat ketua konsil yang merupakan pemimpin Klan Matahari ternyata hanya memanfaatkan Raib dan sahabatnya untuk melepaskan musuh terbesar empat dunia klan yaitu Si Tanpa Mahkota dari Penjara Bayangan. Akhirnya, Raib harus melakukan pertempuran sengit dengan Ketua Konsil itu.

Novel ini menarik karena mengandung nilai-nilai kehidupan seperti yang biasa disampaikan oleh Tere Liye. Kemampuan Tere Liye meramu kata-kata membuat buku setebal 300 halaman ini tidak membosankan. Novel Bulan dipenuhi dengan kalimat yang sederhana tetapi mengandung pesan moral. Pembaca tidak hanya diajak berfantasi dengan dunia anak, tetapi juga memahami nilai persahabatan dan kekompakan.

What's Your Reaction?

Keren Keren
2
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
7
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
1
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
5
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Resensi Novel Bulan Karya Tere Liye

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image