Renungan : Antara Hidup, Masalah dan Keluhan


Renungan : Antara Hidup, Masalah dan Keluhan – Rasa susah dan mengeluh adalah satu paket yang tak bisa dipisahkan ketika manusia dihadapkan dengan kesulitan. Tak ada yang salah memang dengan keluhan dan kesedihan, semuanya wajar dan manusiawi. Tetapi jika itu dilakukan secara berlebihan, apa yang akan didapat? Tidak ada, kecuali beban yang semakin berat. Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah. Yang bisa membantu memecahkan sebuah masalah adalah keberanian menghadapi masalah itu sendiri dan tekad yang kuat. Pada dasarnya tidak ada manusia yang hidup tanpa masalah. Semua orang bagaimanapun kedudukan sosialnya pasti berhadapan dengan berbagai problema. Semakin tinggi tanggung jawab seseorang semakin banyak pula permasalahan yang dihadapinya.

Antara Hidup, Masalah dan Keluhan

Tetapi mungkin kita melihatnya seakan-akan beberapa orang tidak memiliki masalah sama sekali. Sebagian terlihat tenang dan hidupnya terlihat sangat bahagia. Padahal mungkin realitanya jauh berbeda. Barangkali kesulitan yang dihadapi oleh mereka jauh lebih berat dari yang kita hadapi. Lantas, apa yang membuat mereka tampak tenang dan bahagia sedangkan kita tidak bisa demikian? Jawabannya hanya satu, mereka tidak memperlihatkan kesulitan dialami. Mereka sangat percaya bahwa di setiap permasalahan pasti ada solusi yang bisa ditemukan. Bagi beberapa orang tersebut, masalah harus dihadapi dengan gagah berani. Tidak ada waktu untuk mengeluh. Dengan satu detik mengucapkan keluhan, maka mereka akan kehilangan satu detik yang berharga untuk menemukan sebuah solusi.

Jika memang demikian, bukankah kita seharusnya bisa memiliki pola pikir yang seperti itu? Meninggalkan kebiasaan mengeluh dan membuang mental korban memang membutuhkan waktu. Tetapi bukan berarti kita tidak mampu. Percayalah, bahwa ketika Tuhan menurunkan masalah yang begitu berat untuk kita, bersamaan dengan itu pula Dia telah memberikan kemampuan kepada kita untuk menghadapi masalah tersebut. Karena itu, tidak ada masalah tanpa solusi. Justru kita seharusnya bersedih ketika kita tidak dihadapkan dengan kesulitan karena  kita tidak akan memiliki kemampuan apapun. Setiap kesulitan dan masalah dihadirkan agar kita menjadi manusia yang lebih bernilai.  Orang yang hebat bukan orang yang tanpa masalah tetapi dia yang mampu menyelesaikan masalah tanpa satu orang pun tahu kesulitan apa yang menyusahkannya.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Renungan : Antara Hidup, Masalah dan Keluhan

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in