Mitos 5 Hantu Paling populer di Indonesia


Setiap negara memiliki mitos tentang adanya mahluk gaib atau hantu begitu pula di negara kita Indonesia. Di indonesia sendiri banyak mitos tentang hantu-hantu tersebut. Uniknya setiap daerah memiliki ciri khas hantu yang berbeda-beda. Nah, hantu apa saja kira-kira yang paling di paling popular di indonesia. Penasarankan ? terus simak artikel berikut ini

mitos hantu paling populer di indonesia
pixabay

#1. Wewe Gombel

Mungkin jenis hantu ini sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Ya Wewe Gombel merupakan sebuah nama yang diberikan oleh masyarakat jawa terhadap hantu atau roh jahat  yang suka menculik anak-anak tanpa mencelakainya. Konon katanya anak-anak yang diculik biasanya merupakan anak-anak yang ditelantarkan dan tidak diurus oleh orang tuanya. Di masyarakat percaya Wewe Gombel akan menakut-nakuti orang tua yang tidak mengurus anaknya sampai orang tua tersebut sadar. Nah jika orang tua yang mentelantarkan anak tersebut sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya tersebut. Menurut cerita yang diceritakan secara turun-temurun, Mitos hantu Wewe Gombel merupakan roh seorang wanita yang meninggal karena bunuh diri ketika dikejar-kejar masyarakat karena wanita ini telah membunuh suaminya. Peristiwa itu terjadi karena suami wanita tersebut berselingkuh karena wanita yang dibunuh tersebut  tidak bisa memberikannya anak yang sangat diinginkan. Setelah pembunuhan tersebut Akhirnya ia dijauhi dan dibenci lalu dikucilkan bahkan di kejar-kejar sampai menjadi gila. Adapun di sebut Wewe gombel karena kejadian tersebut terjadi di daerah Gombel, Semarang. Jika kita berkendaraan dari arah jatingaleh ke arah banyumanik, maka akan menemukan bekas iklan bir bintang. Nah di lokasi itulah konon wewe gombel berada. Masyarakat sekitar menyebutkan bahwa lokasi tersebut adalah tempat kerajaan hantu berada. Cerita lain menyebutkan bahwa  ada  sebuah hotel yang terletak di dalam lokasi bukit gombel menjadi bangkrut karena cerita wewe gombel ini.

#2. Pocong

Mungkin mitos akan hantu pocong hanya ada dan berkembang di Indonesia, khususnya di daerah Jawa dan Sumatera..Penggambaran hantu pocong bermacam-macam. Pocong konon memiliki wajah yang berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyebutkan bahwa pocong memiliiki wajah rata dengan lubang mata tertutup kapas. Menurut kepercayaan di masyarakat adanya pocong karena ketika mati mayat tersebut lupa di buka ikatan kafannya sebelum dimakamkan, nah konon katanya ini yang membuat arwah mereka tidak tenang. Meskipun pocong dalam film-film digambarkan bergerak dengan melompat-lompat, mitos tentang pocong dimasyarakat malah digambarkan bahwa pocong bergerak dan berjalan dengan melayang. Mungkin di film-film horror, pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus dengan cara melompat-lompat.

#3. Genderuwo

Sama seperti Wewe gombel, Genderuwo juga merupakan mitos hantu yang dipercaya oleh masyarakat jawa khususnya di daerah Yogyakarta. Genderewo merupakan sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang memiliki tubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerah-merahan, dan tubuhnya tertutup rambut lebat yang tumbuh di semua bagian tubuhnya. Konon katanya Genderuwo (orang Sunda biasa menyebutnya dengan  “gandaruwo” dan orang Jawa biasanya menyebutnya “gendruwo”) biasanya tinggal di bangunan tua, pohon besar dan lebat atau di batu besar atau ditempat yang sepi, gelap serta lembab. Adapun tempat asal makhluk halus ini oleh masyarakat dipercaya berada di Hutan Jati Donoloyo, yang terletak di kecamatan Sloghimo, kurang lebih 60 km sebelah timur Wonogiri, dan berada di daerah Lemah Putih, Girimulyo, Kulon Progo, kira-kira 60 km ke arah barat Yogyakarta

#4. Kuntilanak

Kuntilanak  juga meupakan hantu yang cukup popular di Indonesia. Kuntilanak digambarkan sebagai sosok wanita cantik yang suka menakut-nakuti  penduduk untuk menuntut balas. Konon, kemunculan kuntilanak sewaktu selalu diiringi harumnya bunga kamboja. Mitosnya juga, kuntilanak pun suka menculik dan menyantap bayi serta melukai wanita hamil. Setiap daerah memiliki mitos tentang kuntilanak ini sedikit berbeda beda. Contohnya di Malaysia kuntilanak diceritakan membunuh mangsanya dengan cara menghisap darah sama halnya vampire tetapi menghisapnya di bagian tengkuk. Ini berbeda dengan mitos di masyarakat sunda. Kuntilanak dalam mitos masyarakat Sunda tidak mempunyai lubang di punggung dan hanya menakut-nakuti manusia dengan penampakannya saja.  Konon katanya kuntilanak sedang mendiami pohon-pohon besar dan lebat serta sepi sebagai tempat tinggalnya.

#5. Sundel Bolong

Sundel bolong dalam mitos masyarakat Indonesia diceritakan sebagai sosok wanita berambut panjang serta bergaun panjang dengan warna putih. Diceritakan juga sosok ini memiliki punggung yang bolong yang sedikit tertutup oleh rambut panjangnya, sehingga organ-organ tubuhnyapun sedikit terhalang oleh rambutnya yang panjang. Menurut mitos dimasyarakat sundel bolong merupakan sosok wanita mati karena diperkosa kemudian melahirkan anaknya di dalam kubur. Menurut kepercayaan di masyarakat, sundel bolong biasanya juga diceritakan suka menculik bayi-bayi yang baru saja lahir.

Itulah mitos hantu paling popular di Indonesia. Sebagai umat beragama yang baik tidak seharusnya kita mempercayai mitos tersebut, sekedar tahu saja.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Mitos 5 Hantu Paling populer di Indonesia

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in