Mengenal Jenis-Jenis Burung Lovebird


Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung sosial yang memiliki bulu sangat cantik serta suara unik dan indah sehingga disukai oleh para penggemar burung. Jenis dan ragam burung Lovebird bervariasi, jika dilihat dari turunan dan hasil silangan mereka. Tetapi jika dilihat melalui kacamata ilmu taksonomi, terdapat 9 spesies burung Lovebird. Delapan diantaranya adalah hidup di beberapa negara Afrika seperti Anggola, Namibia, Kongo, Tanzania, Zambia, Zimbabwe, Etiopia, Malawi dan Afrika Selatan. Sedangkan spesies yang lain ditemukan di kepulauan Madagaskar.

burung lovebird
pixabay.com

Berikut Jenis-Jenis Burung Lovebird yang paling digemari di Dunia

1). Agapornis roseicollis yang populer dengan nama Peachfaced atau si muka salem. Burung jenis ini merupakan keturunan Lovebird pertama yang berhasil didomestikasi, sehingga jenis ini adalah paling banyak dibudidayakan. Persilangan muka salem melahirkan burung Lovebird dengan warna – warna paling menarik di dunia. Ragam warna bulu mereka konon mencapai sekitar 100.000 kombinasi. Penyebaran terbanyak burung ini di Afrika bagian barat daya.

2). Agapornis personata, nama populernya Masked Lovebird atau si muka topeng. Burung ini memiliki ciri bagian kepala hingga leher berwarna hitam kecoklatan, seperti memakai topeng. Hasil mutasi warna jenis burung ini adalah gradasi biru dan biru muda, sementara warna kepala dan lehernya tetap di dominasi warna hitam kecoklatan. Penyebarannya di wilayah Tanzania.

3). Agapornis fischeri. Burung Lovebird Fischeri mempunyai ciri tubuh berwarna hijau, mulai dari kepala hingga dada berwarna kemerahan dihiasi oranye, sedangkan lingkar mata mereka berwarna putih. Mutasi warna burung  Agapornis fischeri yaitu biru dan albino. Wilayah penyebaran burung ini berada di wilayah Tanzania.

4). Agapornis lilianae, nama populernya Nyasa Lovebird. Burung ini memiliki warna tubuh hijau, kepala hingga muka berwarna merah, bagian kerongkongan sampai ke leher belakang berwarna kuning. Mutasi warnanya adalah biru dan lutino. Penyebarannya meliputi wilayah Tanzania, Malawi dan Mozambik.

5). Agapornis nigrigenis, nama populernya Black – Cheeked Lovebird atau Lovebird pipi hitam. Warna tubuh dari burung lovebird tipe ini adalah hijau hingga hijau kekuningan terutama bagian bawah (perut). Bagian pipi berwarna hitam kecoklatan. Mutasi warna burung ini adalah hitam biru. Penyebarannya paling banyak di Zambia dan Zimbabwe.

6). Agapornis cana, nama populernya Madagaskar Lovebird. Burung Lovebird Madagaskar mempunyai tubuh relatif mungil, berbobot sekitar 30 – 35 gram. Warna tubuh bagian atas adalah hijau dan bagian bawah adalah hijau muda. Pada burung jantan, warna kepala sampai dada yaitu abu – abu. Sedangkan pada betina, berwarna hijau muda. Burung ini kebanyakan ditangkarkan karena keberadaannya sudah mulai langka. Penyebarannya hanya di Madagaskar saja.

7). Agapornis taranta, nama populernya Abyssinian Lovebird. Burung Lovebird Abesinia memiliki sayap berwarna hitam. Hampir seluruh warna tubuh burung betina ini adalah hijau sampai hijau muda. Sedangkan pada jantan memiliki warna merah di bagian muka sebelah atas. Lingkar mata burung betinanya yaitu berwarna hijau sedangkan jantan memiliki warna merah. Mutasi warna burung ini yaitu kuning kecoklatan. Penyebarannya di daerah Etiopia.

8). Agapornis pullaria, nama populernya Redfaced Lovebird atau Lovebird si muka merah. Burung jenis ini memiliki dahi dan muka indah yang berwarna merah. Pada burung betina, dahi dan mukanya didominasi warna merah dan oranye. Warna tubuh mereka didominasi hijau dan hijau kekuningan sedangkan pada kakinya memiliki warna abu – abu. Burung ini lebih suka hidup di alam bebas. Penyebarannya meliputi Afrika barat dan Afrika tengah.

9). Agapornis Swindernia, nama populernya adalah Black – Collared Lovebird atau Lovebird kerah hitam. Burung ini memiliki kekhasan di daerah lehernya yaitu terdapat warna – warna hitam melingkari area kerah. Warna tubuhnya hijau dan hijau kekuningan. Agapornis Swindernia lebih suka hidup di alam liar. Wilayah penyebarannya di Afrika tengah dan Afrika barat.

Di Indonesia sendiri para penggemar burung lovebird mengelompokkan burung tersebut ke dalam 2 kelompok yaitu burung Lovebird berkacamata dan non kacamata. Disebut berkecamata karena mempunyai lingkaran berwarna – warni di sekeliling kelopak matanya. Warna lingkaran ini bervariasi antara satu jenis dengan yang lainnya. Burung Lovebird berkacamata umumnya paling banyak disukai oleh penggemar dan pecinta burung karena memiliki keindahan warna pada tubuh – tubuh mereka. Lovebird berkacamata juga mempunyai nama – nama berbeda sesuai dengan kekhasan warna tubuh yang mereka miliki, seperti Lutino, Cinnamon atau Dilute.

Itulah 9 jenis burung lovebird yang kami sarikan dari berbagai sumber semoga bisa menjadi referensi khususnya bagi anda pecinta burung lovebird.

Source

http://alamtani.com/burung-lovebird.html

http://burungue.blogspot.com/2013/09/mengenal-lovebird-dan-jenis-jenisnya.html

http://www.mediaronggolawe.com/mengenal-jenis-jenis-lovebird-galur-murni.html

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Mengenal Jenis-Jenis Burung Lovebird

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in