Cara Mengatasi Stres Kerja dengan Kecerdasan Emosional


Cara Mengatasi Stres Kerja – Pekerjaan kadang membawa beban tersendiri. Banyak hal pada pekerjaan yang bisa membuat seseorang merasa stres berkepanjangan. Stres biasanya dipicu karena beban kerja yang semakin bertumpuk tetapi tidak kunjung selesai dan hasilnya pun juga dirasakan tidak memuaskan. Belum lagi jika mendapatkan teguran dari bos. Tetapi stres bisa diatasi dengan kecerdasan emosional (EQ). Untuk itu, kenali dahulu ciri-ciri stres kerja.

Baca Juga : Cara Kurangi Depresi atau Stress

Ciri-ciri kalau seseorang stres ketika bekerja antara lain nafsu makan yang hilang atau justru tidak terkontrol, gangguan psikis seperti mudah marah, gelisah, rendah diri atau minder, kehilangan semangat dan sulit berkonsentrasi, lupa, apatis, pesimis, disorganisasi bahkan hingga nekat mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, nyeri dada, gangguan pada perut seperti mual, muntah dan diare, otot tegang, detak jantung cepat dan mengalami gangguan tidur.

Mengatasi Stres Kerja dengan Kecerdasan Emosional
Image via : huffingtonpost.com

Gangguan yang disebabkan oleh stres bisa ditangani dengan menggunakan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional atau EQ merupakan kemampuan memahami dan mengelola emosi secara positif sehingga seseorang dapat menjalin komunikasi dengan baik pada orang lain baik atasan atau rekan kerja, menangani kondisi yang sulit, mengatasi perbedaan sampai membuat keputusan yang baik.

Baca Juga :   Atasi Stres dengan Menulis

Cara mengatasi stres kerja dengan kecerdasan emosional yaitu

  • Kenali kondisi, apakah termasuk dalam kriteria stres atau tidak
  • Cara termudah mengatasi stres tersebut adalah dengan berbagi humor bersama teman kerja atau melihat sesuatu yang bisa membuat tertawa
  • Libatkan kelima panca indra untuk merasakan ketenangan
  • Baca dan kenali bahasa non verbal dari rekan kerja secara efektif seperti ekspresi wajah, intonasi suara, gerakan tubuh, kontak mata dan sentuhan. Bahasa non verbal biasanya menceritakan lebih banyak hal daripada kata-kata. Selain itu, gunakan bahasa non verbal dengan baik.
  • Pahami emosi yang sedang dirasakan agar dapat berkomunikasi dengan orang lain. Emosi dapat menjelaskan dengan baik apa yang saat ini benar-benar dibutuhkan.
  • Jangan biarkan emosi negatif muncul di dalam diri seperti dendam dan sakit hati. Selesaikan setiap konflik denga cara positif.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Cara Mengatasi Stres Kerja dengan Kecerdasan Emosional

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in