Mengapa Microsoft Bakal Tetap Kalahkan Apple dalam Dunia PC? Begini Alasannya


Terlepas dari hilangnya ceruk mobile phone dari tangan Microsoft, perusahaan milik Bill Gates ini tetap eksis dalam dunia PC (Personal Computer). Bahkan sebutan sebagai ikon teknologi dunia masih layak disandang Microsoft.

Antusiasme user terhadap produk PC terbaru Microsoft sangatlah besar. Sebagai gambaran, video pengenalan Surface Studio sudah ditonton lebih dari 10 juta viewer, angka yang besar untuk sebuah video iklan. Bandingkan dengan iklan Macbook Pro yang kurang dari 5 juta viewer.

Hadirnya Surface Studio, HoloLens, Windows Holographic, belum lagi productiviy future vision yang menjadi proyek masa depan Microsoft, adalah indikasi nyata bahwa tahun 2017 dan tahun-berikutnya akan menjadi milik Microsoft.

Kunci pengembangan PC dari Microsoft bukan hanya menekankan pada diferensiasi, tapi juga aplikasi rasa teknologi masa depan yang diimpikan banyak orang. Contohnya seperti Surface Dial, produk ini benar-benar ide brilian dan inovatif. Merupakan cara interaksi yang lebih alami dan intuitif antara user dan PC.

Microsoft Bakal Tetap Kalahkan Apple

Orang-orang di Cupertino (Markas Apple) dipercaya tidak akan membuat alat seperti Microsoft, karena dianggap tidak terlalu menguntungkan. Ada sinisme yang terbentuk kepada Apple belakangan ini, bahwa cara mereka beroperasi lebih berdasarkan margin keuntungan dan nilai-nilai saham.

Produk untuk semua orang, adalah cara Apple memperoleh keuntungan, mungkin itu yang jadi penyebab Mac tak lekas diperbarui. Di sisi lain Microsoft sudah berani memperkenalkan PC kepada pengguna yang spesifik, yang sesuai kebutuhan pelanggan seperti Surface Studio.

Hasilnya jelas, di saat Apple masih meyakinkan staf dan pelanggan bahwa Mac masih penting untuk mereka, Microsoft sudah mengirimkan PC yang inovatif, merancang headset augmented reality, dan membuat OS desktop terbaik yang pernah dibuat.

Microsoft Menjual Visi

Dirilisnya Surface Studio adalah bukti bahwa Microsoft tak main-main dengan visi teknologi masa depannya yang telah diperkenalkan beberapa tahun belakangan ini. Selangkah demi selangkah Microsoft ingin meyakinkan masyarakat bahwa video tentang teknologi masa depan adalah mimpi yang realistis.

Dalam video di bawah ini kamu dapat melihat bagaimana Surface Studio di masa depan, HoloLens yang dipadu dengan Augmented Reality, sistem operasi tunggal yang berjalan di mana-mana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Singkat kata, produk-produk inovatif Microsoft belakangan ini bukan hanya soal persaingan pasar dalam penjualan, tapi lebih dari itu Microsof ingin mendominasi di masa depan. Mereka rela berinvestasi besar-besaran kepada ide futuristik yang mungkin saat ini tidak memiliki daya tarik berarti.

Baca Juga : 3 Fakta Tentang Bill Gates yang Belum Banyak Diketahui

Post-PC Tak Ada dalam Kamus Microsoft

Ramalan orang tentang akan berakhirnya PC di masa depan atau disebut Post-PC tidak ada dalam proyeksi Microsoft. Semua teknologi dalam visi Microsoft bahkan akan menuju PC seluruhnya.

Idenya adalah PC tidak lagi hanya ada rumah dan di setiap meja, melainkan PC (beserta perangkat dan layanan pendukungnya) dijalankan orang tidak peduli di mana mereka bekerja dan bermain. Ide peralihan ke PC ini sering disebut dengan istilah transformasi menyeluruh oleh para eksekutif Microsoft.

Mengapa Microsoft Bakal Tetap Kalahkan Apple

 

 

Microsoft tampaknya tak ingin mengulang kesalahan raksasa teknologi IBM di masa lalu. Mereka sekarang menghilang dari mata publik setelah melakukan kesalahan membuang bisnis PC. IBM walau kini masih menghasilkan karya-karya inovatif, tetapi kebanyakan orang tidak tahu itu, dan dampaknya kurang langsung.

Baca Juga : 10 Produk Google yang Populer dan Bermanfaat

Apa yang telah kita paparkan dalam tulisan ini sudah cukup untuk memproyeksikan keberhasilan Microsoft di masa depan. Mereka tidak sekedar menjual produk, tapi melakukan riset penting untuk menggagas masa depan.

Kita telah belajar bahwa investasi terhadap karya inovatif akan terbayarkan, bahkan jika itu tidak segera menguntungkan. Komitmen inovasi ini bukan hanya bermanfaat hanya bagi Microsoft saja, tetapi untuk semua orang yang menggunakan PC.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Mengapa Microsoft Bakal Tetap Kalahkan Apple dalam Dunia PC? Begini Alasannya

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image