Untuk Ayah Bunda, Ini 5 Manfaat Berenang Bagi Anak Kita


manfaat-berenang-bagi-anak

Berenang bukan hanya sekedar rekreasi bagi keluarga, tapi juga saluran olahraga terbaik dan dapat mempererat ikatan keluarga. Tak terkecuali juga untuk buah hati, berlatih renang juga sangat bermanfaat bagi si kecil.

Karena anak-anak biasanya sangat suka bermain air, maka tinggal kita arahkan saja untuk berlatih renang lebih intens. Serius berlatih renang bukan berarti mengarahkan anak menjadi atlet renang, tapi agar anak mendapatkan banyak manfaat dari situ.

Apa saja manfaat berenang bagi anak? Berikut ulasannya.

Menguatkan Indera Vestibular

Indra ini berkaitan dengan pergerakan, gravitasi, dan juga keseimbangan tubuh. Singkatnya indera vestibular membantu manusia menjaga keseimbangan ketika bergerak. Indra ini tentu saja mulai difungsikan ketika anak sedang tumbuh, dan salah satu cara melatih indera vestibular terbaik adalah dengan berenang.

Manfaat berenang untuk melatih indera vestibular ini sudah banyak dibuktikan secara ilmiah, salah satunya dari Psikolog Rainbow Castle, Devi Raissa M.Psi. Dia menjelaskan bahwa dengan aktivitas berenang, indera vestibular ini akan terlatih secara optimal.

Untuk Keselamatan Diri

Tak terhitung lagi jika kita tengok kebelakang, berapa korban anak meninggal karena tenggelam. Apalagi Indonesia dengan lautan yang luas, sungai, danau, dan kolam di mana-mana. Agaknya ketrampilan berenang harus jadi kurikulum wajib dalam pendidikan anak.

Bukan hanya keselamatan diri, tapi si anak juga akan lebih percaya diri dengan lingkungannya yang tak bisa lepas dari air. Anak akan lebih berani mentalnya, juga berani untuk menyelamatkan orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Tubuh Anak Lebih Sehat

Sebagai salah satu bentuk olahraga aerobik, tentu saja renang punya manfaat kesehatan yang besar. Mungkin yang paling terlihat adalah tubuh anak yang semakin kencang ototnya, mulai dari otot dada, otot trisep dan otot paha depan. Tapi manfaat kesehatan yang paling besar adalah memperkuat jantung beserta otot jantungnya.

Hal ini diungkapkan dalam penelitian American Heart Association (AHA), menyebutkan bahwa berenang rutin minimal 30 menit setiap hari dapat mengurangi penyakit jantung koroner hingga 40 persen.

Menghilangkan Stres

Sebagai sebuah olahraga yang menyenangkan, berenang ditengarai dapat menghilangkan stres. Hal itu terjadi ketika terlepasnya bahan kimia endorfin pada tubuh saat seseorang sedang bahagia. Berenang juga bisa menjadi cara untuk relaksasi seperti halnya yoga.

Saat berenang biasanya ada peregangan yang stabil dan relaksasi otot yang dipadu dengan pernapasan berirama dalam. Bukan hanya saat renang, floating atau mengambang saja bisa jadi cara untuk relaksasi.

Berlatih Mengamalkan Ajaran Agama

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa dalam agama Islam sangat dianjurkan untuk berlatih renang dan juga melatih anak berenang. Walaupun sebagian besar ulama menganggapnya sebagai mubah (boleh), tapi tak sedikit yang mendudukannya sebagai suatu sunnah, berdasarkan beberapa hadits dan juga untuk apa peruntukannya.

 

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Untuk Ayah Bunda, Ini 5 Manfaat Berenang Bagi Anak Kita

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image