Macam-Macam Hijab dari Berbagai Belahan Dunia yang Perlu Diketahui


Macam-Macam Hijab – Menutup aurat merupakan kewajiban muslimah di seluruh dunia tanpa terkecuali. Perbedaan budaya yang dimiliki setiap negara memungkinkan gaya dan model hijab antara satu negara dengan negara lainnya berbeda. Meskipun begitu tentu gaya atau model ini jangan sampai mengurang esensi kewajiban menutup aurat bagi perempuan muslim.

macam-macam hijab

Nah untuk menambah pengetahuanmu tentang hijab, kali ini artikelinternet.com akan sharing beberapa jenis jilbab atau hijab Muslimah di dunia yang dikutip dari beberapa sumber. Berikut aulasannya.

Macam-Macam Hijab dari Berbagai Belahan Dunia

1. Chador

Chador banyak digunakan wanita tua yang tinggal di iran dan turki. Berupa kain panjang yang menutupi kepala dan tubuh tapi turun ke tanah. Wanita Iran yang banyak menggunakannya tinggal di pedesaan sehingga pakaian jenis ini agak jarang ditemukan.

2. Bushiyya

Bushiyya atau yang dikenal dengan ghatwa merupakan pakaian yang seluruhnya menutupi wajah si pemakai tanpa membuka mata sekalipun. Biasanya dikenakan bersama dengan abaya atau outer lain. Abaya berupa kain berbentuk persegi yang besar tetapi tipis dan terbuat dari bahan kapas. Cara pemakaiannya diikat di bagian atas dan dipakai dari atas dahi.

3. Burqa

Burqa merupakan nama lain dari kerudung. Umum dipakai oleh para muslimah di Asia Tengah dan dikenal dengan nama chadri. Burqa sendiri berupa jubah yang menutupi seluruh tubuh mulai ujung kepala hingga ujung jari kaki.

4. Abaya

Akhir-akhir ini pakaian muslim jenis abaya cukup populer di tanah air setelah beberapa selebriti menggunakannya. Abaya sebenarnya merupakan pakaian berupa baju kurung yang menutupi hampir seluruh tubuh muslimah. Umumnya, abaya digunakan oleh muslimah yang tinggal di jazirah arab. Abaya digunakan bersama dengan cadar, kaus tangan dan kaus kaki. Abaya aslinya berwarna hitam.

5. Batula

Kalau ada jenis hijab yang langka mungkin itu adalah batula. Batula banyak dipakai oleh perempuan yang tinggal di daerah Timur Tengah. Namun jilbab jenis ini sekarang semakin sulit ditemukan dan hanya dipakai oleh wanita-wanita tua yang berusia di atas 50 tahun dan mereka umumnya tinggal di daerah pedesaan.

6. Al Amira

Al amira merupakan hijab yang memiliki bagian depan menyerupai topi atau penutup yang menutupi bagian depan kepala. Biasanya jilbab model ini disertai dengan syal.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Macam-Macam Hijab dari Berbagai Belahan Dunia yang Perlu Diketahui

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in