Lulus Cepat Bukan Jaminan Kesuksesan di Masa Depan, Ini Alasannya


Lulus Cepat Bukan Jaminan Kesuksesan di Masa Depan – Menjadi sarjana dalam waktu 3,5 tahun memang membanggakan apalagi ditambah gelar cumlaude. Pasti rasa senang dan bangga bercampur jadi satu. Bayangan menjadi orang sukses di kemudian hari sudah tampak jelas di depan mata. Kalau kamu berpikir begitu, siap-siap akan kecewa ya. Karena untuk sukses, tidak hanya dibutuhkan ijazah cumlaude dan catatan lulus dalam waktu yang cepat. Dibutuhkan juga prestasi lainnya yang membuatmu lebih menonjol di antara orang-orang lainnya dalam dunia kerja.  Kalau sekedar lulus cepat saja, itu tidak membuatmu istimewa. Ini alasannya:

lulus-cepat-bukan-jaminan-kesuksesan-di-masa-depan

1. Sudah banyak yang mengantongi gelar cumlaude dan lulus cepat

Di antara ribuan sarjana yang diwisuda setiap tahunnya, berapa ratus yang mendapatkan gelar cumlaude dan lulus dalam waktu 3,5 tahun? Tentu saja tidak sedikit. Artinya, cumlaude dan lulus cepat bukan menjadi hal yang spesial lagi. Mereka semua juga punya peluang yang sama denganmu dalam dunia kerja. Untuk itu, dibutuhkan pengalaman dan portfolio lainnya jika ingin memenangkan kompetisi yang semakin ketat tersebut. Sekedar IPK yang sempurna saja rasanya tidak akan pernah cukup.

2. Kesempatan baik justru didapat di luar bangku kuliah

Nilai baik dan waktu lulus yang cepat memang bisa diandalkan ketika melamar pekerjaan. Tapi dua hal tersebut tidak menjadi jaminan bahwa kamu akan sukses di dalam dunia pekerjaan.  Banyak orang yang mendapatkan pekerjaan justru dari relasi atau jejaring yang diperoleh dari aktivitas di luar kuliah. Bisa saja dari partner bisnis yang kamu jalankan bersama, atau dari media dimana tempat kamu bekerja.

3. Ikut organisasi atau bekerja juga bisa disebut prestasi. Dua-duanya layak dijalankan

Organisasi dan kerja part time adalah dua hal yang bisa menjadi pembeda antara mahasiswa spesial dengan mahasiswa yang biasa-biasa saja. Dengan mengikuti organisasi, jiwa kepemimpinan bisa terlatih. Seseorang menjadi tahu bagaimana berkomunikasi dengan orang lain. Demikian juga dengan bekerja paruh waktu atau part time, mahasiswa akan menjadi pribadi yang lebih menghargai waktu dan pandai memanage waktu. Kalau hanya sekedar lulus tapi tidak berorganisasi atau bekerja, kamu hanya akan menjadi lulusan biasa-biasa saja.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
1
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Lulus Cepat Bukan Jaminan Kesuksesan di Masa Depan, Ini Alasannya

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in