Lakukan Ini dulu yuk Supaya Rileks Ketika Ujian


Bagi pelajar ataupun mahasiswa kadang begitu cemas ketika akan menghadapi ujian. Ujian sebenarnya bukanlah momok yang menyeramkan. Justru ujian merupakan momen buat kamu supaya bisa lanjut ke jenjang berikutnya. Buat kamu yang akan atau sedang menghadapi ujian kenaikan kelas atau ujian masuk perguruan tinggi pasti pernah merasakan yang namanya nervous.  Itu wajar saja, malahan aneh kalau kamu nggak grogi sama sekali. Terkesan kayak nggak niat. Tapi jangan sampa rasa grogi ini menghambat kelancaranmu mengerjakan soal-soal ujian.  Ada beberapa tips supaya kamu bisa tenang dan rileks saat menghadapi ujian. Ini dia tiga tips supaya rileks ketika ujian:

exam

1. Persiapan yang Matang

Penting untuk mempersiapkan materi ujian dengan baik. Pastikan kamu sudah menguasai soal-soal ujian yang akan kamu hadapi. Umumnya nih, rasa tidak siap yang menyebabkan seseorang tidak percaya diri dalam mengerjakan soal ujian.  Persiapan yang kurang  akan membuat  kamu tegang dan tidak yakin bisa lulus. Sebelum hari ujian itu tiba, belajarlah bersungguh-sungguh.  Kenali materi apa yang sudah kamu kuasai atau belum kamu kuasai. Perbanyak belajar beberapa hal yang belum kamu pahami betul. Kalau langkah ini sudah kamu kerjakan, kamu lebih siap menghadapi ujian.

2. Singkirkan hambatan belajar

Yang namanya belajar itu pasti banyak sekali hambatan dan godaannya. Rasa mengantuk dan malas hampir dirasakan seluruh anak yang akan belajar. Kalau ingin sukses dan rileks saat ujian, buang jauh-jauh deh perasaan malas, ngantuk dan ogah-ogahan.  Kesuksesanmu dalam ujian lebih penting dari rasa malasmu. Lakukan apa saja yang membuatmu semangat belajar seperti membayangkan betapa bangganya kamu dan orang tua kalau kamu bisa diterima di universitas atau sekolah favorit atau kamu membayangkan betapa senangnya hati orang tuamu kalau kamu bisa menjadi juara kelas.

3. Percaya Diri

Ini adalah langkah terakhir sekaligus terampuh dalam menghadapi ujian, yaitu rasa percaya diri yang tinggi. Tapi jangan over ya.  Kamu cukup percaya saja akan kemampuanmu dalam menghadapi ujian. Tanamkan dalam pikiranmu kalau kamu pasti bisa mengerjakan semua soalnya dengan baik.  Buang jauh-jauh rasa minder atau takut tidak dapat menjawab. Rasa takut sebelum mengerjakan  ujian akan membuatmu grogi.

Nah itulah 3 tips supaya rileks ketika ujian. Semoga bermanfaat

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Lakukan Ini dulu yuk Supaya Rileks Ketika Ujian

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image