Lakukan 3 Cara Ini Agar Bisa Mengendalikan Emosi


Cara Agar Bisa Mengendalikan Emosi – Manusia pasti berhadapan dengan situasi yang membuatnya merasakan emosi seperti marah, menangis dan sebagainya. Dari berbagai jenis emosi, mungkin amarah atau rasa marah yang lebih dominan ditunjukkan. Seseorang cenderung mengeluarkan semua perkataan dan sikap terburuknya saat marah. Padahal, kemarahan hanya akan mendatangkan kerugian baik dari segi psikis maupun kesehatan. Agar emosi atau amarah bisa terkendali, coba 3 cara agar bisa mengendalikan emosi :

Cara-Ini-Agar-Bisa-Mengendalikan-Emosi

1. Beri waktu untuk meredakan emosi

Kemarahan ibarat bom yang bisa meledak kapan saja tanpa bisa dikendalikan. Biasanya ketika rasa marah itu datang, sangat mudah untuk memaki dan berkata kasar. Padahal, ini tidak berdampak baik untuk kesehatan maupun hubungan dengan orang lain. Karena kemarahan yang sebentar, bisa menghancurkan perasaan orang lain. Bisa jadi orang lain merasa ilfeel karena amarah yang membabi buta. Sebelum kejadian tersebut benar-benar dialami, cobalah untuk memberikan waktu meredam emosi. Hitunglah 1 sampai 10 dalam hatimu. Dengan begitu, akan ada jeda untuk tahu perasaan emosi yang muncul begitu saja. Bahkan keinginan untuk marah akan lenyap. Kalau amarah tidak juga hilang, cobalah berhitung sampai 100.

2. Atur nafas dan tersenyumlah

Tentu saja selalu ada alasan yang membuat seseorang marah. Entah itu teguran, kabar buruk atau kejadian yang tidak menyenangkan. Rasa marah sangat mungkin untuk hadir di saat yang tidak terduga. Supaya lebih terkendali, cobalah jangan melampiaskan rasa marah begitu saja. Ada baiknya ketika ada keinginan marah, langsung tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan kuat. Setelah itu, tersenyumlah. Ingat, bahwa di balik kejadian yang paling buruk sekalipun, selalu terdapat pelajaran yang bisa diambil. Marah tak akan menyelesaikan persoalan.

3. Menulis atau melukis

Menulis terbukti ampuh meredam rasa marah. Ketika ada keinginan untuk marah, segera tuliskan apa yang membuat marah dan apa saja yang harus dilakukan ketika marah. Dan jangan lupa menulis cara mengatasi rasa marah tersebut. Tuliskan dengan detail dan setelah itu terserah, mau dibuang atau disimpan hasil tulisan itu. Sebaiknya dibuang saja supaya tidak teringat dengan rasa kesal yang pernah terjadi. Cara ini mungkin klise tapi sangat efektif. Tapi ingat, jangan menulis umpatan atau makian di media sosial sebab hal itu akan menimbulkan penyesalan nantinya. Jika menulis tidak ampuh mengurangi kemarahan, cobalah melukis atau menggambar. Ambil kanvas atau buku gambar dan luapkan emosi di atasnya. Cara ini juga tidak kalah ampuh dibanding menulis.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Lakukan 3 Cara Ini Agar Bisa Mengendalikan Emosi

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in