Kuliah di Luar Negeri Tanpa Beasiswa, Why Not?


Setiap anak Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri  pasti  berpikir tentang beasiswa.  Ya, kendala terbesar kuliah di negeri orang memang biaya yang tidak sedikit dan tingkat kesulitan menjalani test. Untuk masalah biaya, memang benar perlu banyak uang.  Tetapi bukan berarti harus mengandalkan beasiswa untuk bisa kuliah. Ada beragam cara mendapatkan uang agar kuliah di luar negeri bisa dijalani. Sedangkan soal test yang ketat, semua kampus yang berkualitas pasti mensyaratkan tes  yang sulit. Tidak hanya di luar negeri, tetapi di dalam negeri juga seperti itu bukan? Intinya, jika memiliki keinginan dan tekad yang kuat, kuliah di luar negeri bukan lagi menjadi mimpi.  Kesulitan akan selalu ada, tinggal kamu siap atau tidak menghadapinya. Agar kuliahmu berkualitas di luar negeri, pahami hal-hal berikut:

Kuliah di Luar Negeri Tanpa Beasiswa, Why Not
Image via ceastudyabroad.com

1. Cari banyak informasi tentang kualitas kampus, bukan hanya soal beasiswa

“Kalau kamu pengen kuliah di luar negeri, harus dapat beasiswa.” Mindset ini seringkali ada dalam pikiran kebanyakan mahasiswa Indonesia.  Salah kaprah memang, sebagian besar orang terfokus pada cara mendapatkan beasiswa daripada kuliah di universitas terbaik.  Padahal tujuan kuliah di luar negeri adalah mendapatkan kualitas pendidikan paling bagus.  Kalau dapat beasiswa hanya di kampus yang “kurang berkualitas” mengapa harus ke luar negeri?  Terlalu berfokus mencari beasiswa membuat seseorang mengesampingkan  kualitas sebuah kampus.  Terkadang, jadwal seleksi beasiswa juga berbeda dengan seleksi kampus. Sehingga seringkali, pelamar beasiswa tidak bisa masuk ke kampus idamannya hanya karena jadwal yang tidak sesuai.

Baca Juga : Sebelum Memilih Jurusan Kuliah, Baca Ini Dulu

2. Temukan cara untuk membiayai pendidikan kamu. Kulaih di luar negeri bukan cuma tentang beasiswa

  • Kerja Part time

Kalau kamu punya keahlian, kamu bisa kerja paruh waktu. Banyak mahasiswa yang memanfaatkan waktu luangnya untuk bekerja paruh waktu sebagai penulis, jurnalis, penerjemah dan jualan. Penghasilan yang didapatkan lumayan asalkan kamu bisa profesional.  Bahkan mungkin bisa menutup uang kuliah kamu.

  • Pinjaman  (Student Loan)

Ini juga salah satu cara jitu untuk membiayai kuliah tanpa beasiswa. Student loan ini khusus untuk pelajar atau mahasiswa dengan bunga ringan dan jangka pelunasan yang “ramah” yaitu 10-20 tahun. Peminjam bisa melunasi hutangnya setelah lulus kuliah dan bekerja.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Kuliah di Luar Negeri Tanpa Beasiswa, Why Not?

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image