Keuntungan Public Speaking yang Perlu Kamu Ketahui


Keterampilan Public speaking atau berbicara di depan umum sangat diperlukan baik bagi pengusaha, pemimpin hingga mahasiswa. Dengan keterampilan berbicara di depan umum banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Berikut 4 keuntungan public speaking yang perlu kamu ketahui.

keuntungan-public-speaking

1. Meningkatkan Kualitas Diri

Sebagian besar orang-orang yang dikenal publik karena kesuksesannya, mampu berbicara dengan baik di depan umum. Semakin baik kemampuan public speakingnya, kualitas diri seseorang juga semakin meningkat. Salah satu alasannya adalah seorang public speaker selalu mencari bahan-bahan yang fresh untuk digunakan sebagai materi. Selain itu, dia juga dituntut untuk menggali lebih dalam materi public speaking dan orang-orang yang diajak berbicara. Karena alasan-alasan itulah, seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

2. Melatih Kemampuan Berpikir Kritis

Tidak hanya kemampuan berbicara saja yang harus diasah seorang public speaker, tetapi kemampuan berpikir. Saat berbicara di depan umum, dia harus bisa memecahkan berbagai masalah dengan cepat dan sesuai dengan keadaan. Di sinilah kemampuan berpikir kritis  dibutuhkan. Sehingga seorang public speaker yang handal juga mempunyai critical thinking skill yang mumpuni. Semakin sering seseorang berbicara di depan umum, semakin terasah pula kemampuan berpikir kritisnya.

3. Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Seorang Pemimpin

Jika dihadapkan pada dua pilihan pemimpin yang sama berkualitasnya dalam memimpin, tetapi yang satu sangat menguasai public speaking sedangkan yang lainnya tidak begitu ahli berbicara di depan umum, kira-kira mana yang akan anda pilih? Jawaban ini tidak selalu benar karena seorang pemimpin terkadang tidak hanya dinilai dari kualitas bicaranya melainkan dari kinerjanya. Namun untuk meningkatkan kepercayaan terhadap seorang pemimpin,  public speaking wajib untuk dikuasai. Pemimpin bisa menaklukan hati orang-orang yang dipimpinnya jika dia bicara dengan baik di depan mereka. Para pemimpin dunia seperti Hitler dan Soekarno dikenal sebagai orang yang punya kemampuan bicara yang baik.

4. Melatih Keberanian

Public speaking secara tidak langsung melatih keberanian seseorang. Untuk bisa berbicara dan mempengaruhi sebagian besar orang bukanlah yang mudah. Tetapi itu semua bisa dicapai dengan rutin melakukan public speaking. Mulai belajar menghadapi banyak orang sehingga keberanian juga dengan sendirinya akan terlatih.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Keuntungan Public Speaking yang Perlu Kamu Ketahui

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in