Kalau Kamu Lakukan 7 Kebiasaan Ini, Bangun Pagi Bukan Jadi Masalah Lagi


Rutinitas kerja, kuliah, atau apapun itu, harusnya bisa kamu kontrol dengan baik. Tapi nyatanya, kamu terus-terusan nggak fokus dan akhirnya malah kerjaan makin numpuk. Mungkin, ini juga disebabkan oleh kebiasaanmu yang suka menunda-nunda pekerjaan. Sehingga durasi tidurmu harus kepotong sama lemburanmu.

Asal kualitas tidurmu bagus, segala aktivitas di siang-sore hari pun nggak akan jadi masalah besar, kok. Bisa jadi, selain suka menunda, kamu juga demen begadang tiap malam. Akibatnya, kamu sering dan selalu nggak bisa bangun pagi. Nggak heran kalau aktivitas harianmu jadi nggak produktif karena telat menyambut pagi.

Artikel ini bakal nunjukin, kiat apa aja yang bisa kamu terapin supaya kualitas tidurmu baik, dan bisa bangun pagi tiap hari. Kira-kira apa ya kiat-kiatnya? Langsung aja simak, yuk!

1. Selesaikan seluruh kerjaanmu sebelum jam 8 malam. Buat dirimu lega sesaat sebelum tidur larut malam

BarnImages / Pixabay
BarnImages / Pixabay

Salah satu penyebab kenapa kamu terus begadang tiap malam ialah pekerjaan yang belum selesai. Menyadari hal ini, harusnya kamu bergegas menuntaskan seluruh pekerjaanmu hari itu juga. Sekali lagi, kurangi kebiasaan menunda. Kerjakan saja apa yang harus kamu kerjakan. Selesaikan sebelum jam 8 malam. Ini akan memberimu waktu untuk bersiap-siap beristirahat malam.

Baca Juga : 5 Hal yang Bisa Membangkitkan Mood di Pagi Hari

2. Tinggalkan semua pernak-pernik elektronik 1 jam sebelum tidur. Teknologi hanya membuatmu makin ogah tidur

PIX1861 / Pixabay
PIX1861 / Pixabay

Sinyal radioaktif dari perangkat teknologi ternyata dapat mengganggu kualitas tidurmu. Karena itu, cobalah untuk rutin menanggalkan smartphone, tablet, atau laptopmu jauh dari tempat tidurmu. Non-aktifkan semua perangkat itu, lalu bersiaplah untuk tidur. Ini akan membuatmu lebih mudah tidur tanpa harus khawatir terhadap gangguan sinyal radioaktif.

3. Metabolisme tubuhmu patut dijaga dengan optimal. Sebelum menarik selimut, minumlah satu gelas air mineral

minum-air-putih
detikfood.com

Satu aktivitas yang sekarang ini jarang dilakukan orang, dan mungkin kamu juga. Sering-seringlah minum air mineral, karena ia akan membantu melancarkan metabolisme tubuh. Apalagi, kalau kamu meminum segelas air mineral sesaat sebelum tidur. Dijamin, deh, sewaktu bangun di pagi hari, mata langsung melek tanpa gangguan lagi.

Baca Juga : Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan

4. Kalau belum bisa tidur juga, manjakan imajinasimu dengan buku. Selain bikin cepat tidur, buku bikin kamu tambah ilmu

Unsplash / Pixabay
Unsplash / Pixabay

Mungkin, musik bisa jadi pengantar tidur. Tapi, kita tadi sudah sepakat kalau tidak boleh pegang perangkat teknologi sebelum tidur. Solusinya, sediakan beberapa buku kesukaanmu. Bisa novel, kumpulan puisi, atau buku-buku non-fiksi yang kaya inspirasi. Selain bikin kamu cepet tidur, membaca buku juga bakal menambah pengetahuan serta kekayaan imajinasimu.

5. Set alarm tapi bukan dari gadgetmu. Sesekali, cobalah pasang alarm asli dan jauhkan dari tempat tidurmu

Pasang alarm asli
Alexas_Fotos / Pixabay

Sama seperti kesepakatan kita tadi, segala hal yang berbau teknologi harus segera ditinggalkan saat kamu mau beranjak tidur. Supaya kamu bisa bangun tepat waktu, siasati dengan mengaktifkan jam alarm asli. Kalau bisa, tempatkan jauh dari tempat tidurmu. Supaya kamu bisa berdiri dan berjalan saat ingin mematikan alarm. Ini bakalan membuatmu bisa lebih melek saat bangun.

Baca Juga : 5 Hal yang Dilakukan Orang Sukses pada Pagi Hari

6. Segera angkat badanmu saat sudah terbangun di pagi hari. Bukannya melihat jam lalu tidur lagi

segera-beranjak-dari-tempat-tidur

Kebiasaan buruk yang kerapkali terjadi, dan mungkin juga kamu alami. Ketika sudah terbangun, kita terbiasa menatap jam dinding. Kalau masih belum jamnya bangun, kamu bakal tidur lagi. Mau tepat waktu atau nggak, harusnya kamu segera bangun. Karena menurut riset, saat kita terbangun, otak kita sudah habis masa istirahatnya. Jadi nggak perlu khawatir kalau kurang tidur.

7. Cobalah membiasakan selama 7 hari, dan kamu bakal menikmati indahnya bangun pagi tiap hari

nikmatnya-bangun-pagi

Cobalah untuk membiasakan aktivitas simpel di atas selama 7 hari. Menyelesaikan seluruh pekerjaan, meninggalkan teknologi, minum segelas air, membaca buku, pasang alarm asli, hingga langsung bangun ketika mata sudah melek. Kalau sudah terbiasa, kamu jadi nggak khawatir lagi datang telat ke kantor atau kuliah, bukan? Hari-harimu dijamin makin produktif, deh.

Itulah tadi beberapa kiat supaya kamu bisa bangun pagi. Apapun alasannya, istirahat di malam hari itu wajib hukumnya. Cobalah mulai memperhatikan kesehatan tubuhmu, daripada pekerjaan atau hiburan semata. Karena tidur cukup itu prioritas!

What's Your Reaction?

Keren Keren
2
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
1
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
1
Biasa aja

Kalau Kamu Lakukan 7 Kebiasaan Ini, Bangun Pagi Bukan Jadi Masalah Lagi

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in