Jangan Ucapkan Kata-kata Ini Kepada Ibu Hamil


Proses persalinan adalah klimaks dari perjuangan sang ibu untuk melahirkan buah hati. Sehingga wajar saja jika sang ibu terlihat sangat lemah dan menyedihkan. Saat itu kamu mungkin ingin melakukan banyak hal untuk meringankan rasa sakitnya.

Namun saat itu sang ibu betul-betul menjadi sensitif karena rasa sakit yang tak akan terbayangkan, sehingga salah kata bisa membuatnya semakin tak nyaman. Maka itu jangan ucapkan kata-kata berikut ini jika tidak ingin sang ibu hamil menjadi semakin tertekan.

Belum Bukaan

Ketika kamu baru saja mendengar informasi dari dokter soal ini, jangan sampaikan ini kepadanya. Ibu hamil tentu sudah paham kalau proses persalinan butuh waktu lama. Jika dia tahu kalau belum bukaan ditengah rasa nyeri , mungkin sang ibu hamil akan tertekan dan membuatnya tambah stres.

Tak peduli sudah tahap berapa, proses melahirkan bisa menyakitkan bagi ibu hamil. Kamu mungkin tidak bisa banyak membantu, tapi paling tidak tunjukkan kepedulianmu. Membantu dia dengan hal-hal yang ringan seperti memijit untuk meringankan rasa sakit.

Pijitan juga jangan sembarangan, kamu harusnya sudah mempelajari dasar-dasarnya di kelas antenatal.  Hal lain yang bisa dilakukan seperti mengatur suhu ruangan dan mengusap keringatnya. Yang terpenting jangan menunjukkan kegelisahan di depannya, sehingga membuat sang ibu hamil semakin cemas. Ajaklah dia berbicara jika dia tertarik untuk memulai pembicaraan.

Tak Apa-apa Merasakan Sakit

Tak perlu mengingatkan dia tentang rasa sakit, karena dia yang merasakan. Tahukah kamu jika wanita mengalami rasa sakit yang paling besar di saat persalinan? Tubuh manusia hanya bisa menahan sakit sampai 45 del, sedangkan wanita melahirkan rasa sakitnya bisa sampai 57 del.

Yang cukup kamu lakukan hanyalah berdoa agar prosesnya cepat berlalu. Jangan ingatkan dia tentang rasa sakitnya. Lebih baik kamu berbicara dengan keluarga dan orang lain di ruang bersalin.

Semua Perempuan Juga Melaluinya

Seorang pria tak sepantasnya membandingkan persalinan yang dia lalui dengan perempuan lain, karena pengalaman sakitnya tak perlu dibandingkan. Ucapan itu juga bisa diartikan meremehkan perjuangan ibu saat melahirkan.

Kita tahu rasa sakit ibu saat melahirkan sampai 57 del, atau bisa dibayangkan seperti 20 tulang yang patah secara bersamaan. Jadi ucapan semua perempuan juga melaluinya tak akan bisa menenangkannya, justru malah membuatnya jengkel.

Simpan Energi Atau Jangan Buang Energi

Walaupun perkataan itu ada benarnya, tapi ucapan cenderung menunjukkan rasa tidak simpatik. Tentu saja ibu hamil yang kesakitan akan mendorongnya untuk teriak, menangis, atau bahkan tangannya meronta-ronta.

Kamu tidak perlu menasehatinya untuk menyimpan energi. Ia akan merasa tak nyaman jika orang dekatnya justru melarang dia untuk mengekspresikan rasa sakitnya. Cukup di samping untuk menenangkannya jika ingin ibu hamil tidak membuang terlalu banyak energi.

Beberapa wanita bahkan sangat sensitif saat persalinan hingga benci saat disentuh. Jadi kamu harus melihat kondisi dan situasinya, apakah ia akan baik-baik saja saat disentuh dan dibelai.

Kamu Membuat Bayinya Stres

Tak masuk akal untuk mengatakan ini kepada ibu hamil saat persalinan. Tentu saja sang ibu berjuang antara hidup mati untuk kebaikan sang bayi, jadi kamu gak perlu mengingatkannya. Ucapan itu malah akan menakutinya dan membuat sang ibu stres.

Apabila kamu sudah berusaha menenangkannya namun tak berhasil, jangan menyerah karena dia juga tidak menyerah dalam menahan rasa sakit persalinan.

Dorong Lebih Keras

Ini ucapan yang sering diucapkan oleh para dokter saat persalinan. Ketika ucapan ini dikatakan oleh dokter, sang ibu bisa memahami karena dokter bertugas membantunya dalam persalinan. Tapi saat kamu yang mengucapkan, dia akan merasa jengkel, karena kamu tidak banyak membantu saat dia sudah berusaha keras.

Kamu tidak perlu menirukan kata-kata itu karena malah akan membuatnya tertekan. Cukup berbisik ditelinganya saja untuk berkonsentrasi pada pernapasan.

What's Your Reaction?
Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Deyanel

Jangan Ucapkan Kata-kata Ini Kepada Ibu Hamil

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in