Jangan Pernah Memilih Bercerai Sebelum Menjawab 4 Pertanyaan Ini


Tidak semua hubungan cinta berujung pada pernikahan, karena pernikahan bukan hanya soal cinta, tapi juga penyatuan visi untuk hidup bahagia dan saling mendukung untuk maju bersama-sama. Karenanya pernikahan adalah sesuatu yang suci dan sakral untuk dipertahankan.

Buat kamu yang terbesit kata perceraian karena diterpa masalah rumah tangga, jawablah dulu empat pertanyaan ini sebelum membuat keputusan.

Siapkah untuk Hidup Sendiri?

Saat emosi meluap, kata-kata pun terlontar tanpa berpikir panjang. Semua masalah yang kita hadapi bisa jadi alasan untuk berpisah. Kemudian dengan sombong merasa diri tak masalah jika hidup sendiri tanpa pasang-an. Tapi faktanya banyak pasangan pernikahan setelah berpisah akan merasa sedih dan kehilangan.

Perpisahan dari dua insan yang pernah saling mencintai dan mengikat janji hanya akan menyisakan kesedihan. Rumah tangga adalah perjalanan kehidupan untuk saling mengisi dan melengkapi, jika tiba-tiba berpisah, pasti akan merasa kehilangan dan kesepian satu sama lain.

Baca Juga : Perbedaan pria yang layak dijadikan suami dengan pria yang hanya pantas dipacari

Dimana Akar Masalahnya?

Saat ada pertengkaran seringnya pikiran dan hati diliputi emosi semata. Sebelum kamu mengeluarkan kata-kata yang merumitkan suasana dan akan disesali nanti, lebih baik menyendiri untuk mencari ketenangan. Renungkan baik-baik dan cari akar permasalahan secara rasional.

Biasanya keinginan bercerai disebabkan karena ketidakpuasan terhadap pasangan. Lihatlah ketidakpuasan itu, apakah itu sesuatu yang kita buat-buat sendiri atau memang dari pasangan. Jika itu muncul dari pasangan, pikirkanlah apakah itu sesuatu yang prinsipil bagi hidupmu atau tidak? Apakah itu sesuatu yang bisa diperbaiki atau tidak?

Mungkin juga akar masalahnya justru ada pada diri kita. Jika itu yang terjadi maka segera introspeksi diri dan berusaha untuk memperbaiki diri. Setelah menguliti semua akar masalah itu, baru bicara baik-baik dengan pasangan untuk membicarakan masa depan.

Baca Juga : 5 Sifat Perempuan Yang Tak layak Dijadikan Istri

Mengapa Kamu Dulu Mencintai dan Menikahinya?

Hal ini yang menjadi pertanyaan mendasar sebelum kamu memutuskan untuk berpisah. Mengapa kamu jatuh cinta dan memutuskan untuk menikahinya? Pikirkan sisi positif apa dari pasangan yang membuatmu jatuh cinta. Mengingat moment-moment kebahagian saat bersama juga akan membuatmu mengurungkan niat berpisah.

Biasanya orang yang ingin bercerai mengklaim tidak ada lagi cinta yang tersisa dari keduanya. Memang betul cinta itu dinamis, bisa makin menguat, bisa juga jadi luntur. Kalau tahu cinta itu dinamis, mengapa tidak berusaha untuk menguatkan cinta kembali untuk menyelamatkan mahligai pernikahan?

Baca Juga : Tidak Sulit, Hanya Inilah yang Wanita Inginkan dari Seorang Pria

Apa Dampak Perceraianmu?

Pikirkan kembali apa dampak perceraian bagi kehidupanmu, keluargamu, dan juga lingkungan yang lain. Pertimbangan pertama bagi pasangan yang sudah di karunia anak tentu saja nasib si buah hati yang harus melihat orang tuanya berpisah.

Bagaimana dengan keluarga besarmu juga, hubungan dengan keluarga pasangan, juga lingkungamu. Mintalah pendapat mereka tentang baik buruknya perceraian dalam kasus pernikahanmu. Tak terkecuali juga dengan yang berhubungan dengan materi dan ekonomi. Banyak kejadian orang yang setelah bercerai langsung jatuh ekonominya.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
1
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Jangan Pernah Memilih Bercerai Sebelum Menjawab 4 Pertanyaan Ini

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in