Jam Belajar Cuma Sedikit Pendidikan di Finlandia Justru Maju, Ini Rahasianya


Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran jika menyebut kata “sekolah”? Rasa jenuh, capek, bosan pasti muncul. Tetapi jawaban yang 180 derajat berbeda mungkin akan diberikan oleh para siswa siswi di Finlandia. Bagaimana tidak, jam belajar mereka tidak sebanyak Indonesia atau negara-negara lainnya bahkan suasana belajar yang cenderung santai dan membebaskan para siswanya untuk mengembangkan hobinya masing-masing. Berbeda dengan beberapa negara yang menerapkan ujian nasional dan menitikberatkan akademik, Finlandia justru tidak terlalu mengekang siswanya dengan setumpuk ujian yang mengakibatkan stres.

kunci kesuksesan Finlandia dalam pendidikan
Image source : rajapremi.com

Tetapi dengan sistem belajar yang seperti itu, Findlandia mampu mengantarkan para siswanya untuk menduduki peringkat tertinggi dalam penilaian PISA. PISA merupakan sebuah penilaian terhadap siswa internasional dalam bidang membaca, ilmu pengetahuan dan matematika. Dalam penilaian tersebut, siswa siswi Findlandia selalu berhasil mendapatkan nilai-nilai yang sangat bagus.

Setidaknya, ada 3 kunci kesuksesan Finlandia dalam pendidikan.

Pertama adalah pemerataan dalam bidang pendidikan.

kesuksesan Finlandia dalam pendidikan.
hdornak / Pixabay

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan sejak dini. Prinsip inilah yang dipegang teguh oleh Finlandia sehingga negara tersebut bersedia menggratiskan biaya pendidikan bagi warganya. Finlandia juga memfokuskan biaya pendidikan di setiap sekolah agar sesuai dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Selain itu, Finlandia juga menyadari bahwa kemampuan setiap anak berbeda sehingga kurikulum disesuikan dengan kemampuan masing-masing anak.

Kedua adalah kerja sama dan diskusi antar pengajar

kesuksesan Finlandia dalam pendidikan.
1295178 / Pixabay

Karena waktu belajar yang relatif lebih singkat, para pengajar di sana memiliki beban kerja yang tidak terlalu berat dibandingkan di negara lainnya. Sehingga para pengajar memiliki banyak waktu untuk berdiskusi dan saling bertukar ide tentang sistem pendidikan yang inovatif dan seharusnya diterapkan. Dari diskusi dan kerja sama antar guru itulah yang menjadikan Finlandia memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Profesi sebagai pengajar merupakan profesi yang prestis dan menjadi impian banyak orang.

Terakhir adalah diterapkannya sistem belajar sambil bermain

kesuksesan Finlandia dalam pendidikan.
debbienews / Pixabay

Permainan menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Itulah yang telah dibuktikan oleh Finlandia. Jam belajar di sana tidak seketat di negara lain, bahkan di setiap mata pelajaran ada istirahat minimal 15 menit dan anak-anak di sana tidak dibebani dengan pekerjaan rumah yang tidak terlalu banyak. Sehingga mereka lebih banyak memiliki waktu untuk bermain dengan kawan-kawan sebayanya.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Jam Belajar Cuma Sedikit Pendidikan di Finlandia Justru Maju, Ini Rahasianya

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in