Isle of Man TT, Balapan Maut yang Telah Renggut Ratusan Nyawa


Kalau Valentino Rossi ditanya ajang balap motor mana yang tak berani dia ikuti, jawabannya ya balapan yang satu ini. Isle of Man TT (Tourist Trophy) adalah balapan paling ditakuti dan paling berbahaya di dunia.

Bagaimana tidak menakutkan, lintasan balapnya berada di jalan umum selebar 4-5 meter. Bergelombang dan tanpa batas pengaman. Dengan kecepatan tinggi para pembalap meliuk-liuk naik turun bukit, melewati tembok pemukiman dan banyak jurang.

Saking cepatnya di jalan berbukit, motor bahkan bisa lompat seperti motocross. Kalau melakukan kesalahan sekali saja, mungkin itu akan menjadi kesalahan terakhir dalam hidupnya. Bisa dibayangkan seberapa fatal menabrak tembok dan pepohonan, atau jatuh ke jurang.

Terang saja lebih banyak rider yang ‘keder’ kalau diajak membalap di Isle of Man TT. Sepanjang tahun 2016 lalu saja ada 4 pembalap yang meninggal dunia karena insiden kecelakaan. Total ajang balap ini telah merenggut lebih dari 250 nyawa sejak pertama kali diselenggarakan. Karenanya hanya rider yang siap mempertaruhkan nyawanya saja yang berani membalap di pulau kecil bernama Isle of Man ini.

Isle of Man TT pertama kali diselenggarakan pada tahun 1904, namun ajang balap ini baru diakui secara resmi oleh FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) pada tahun 1947. Balapan yang masuk dalam wilayah Inggris ini dilakukan rutin setiap tahun pada akhir bulan mei sampai minggu pertama bulan juni.

Baca Juga : 3 Festival Paling Ekstrim Sedunia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Isu Keamanan Pembalap

Jangan ditanya soal isu keamanan sirkuit ini, balapan ini memang jelas tak aman, dan pembalap sudah tahu itu. Yang bisa dilakukan penyelenggara adalah meminimalisir resiko. Seperti pemilihan dan pelatihan pembalap terbaik, sistem komunikasi kru lebih canggih, respon medis yang cepat dan unggul, juga kontrol terhadap penonton.

Lalu mengapa puluhan pembalap masih tertarik mengikuti balapan mematikan ini? Jawabannya mungkin tak akan bisa dicerna bagi orang biasa. Yang pasti mereka membalap untuk mendapatkan kepuasan besar karena bisa menaklukan tantangan ekstrim dari Isle of Man.

Walau pemenangnya tidak akan setenar juara MotoGP, tapi ada prestise tersendiri bahwa memenangkan Isle of Man akan dianggap sebagai pembalap terhebat di dunia. Tak dipungkiri juga ada faktor bayaran gede yang membuat pembalap tertarik. Tapi faktor uang itu tak bernilai seberapa jika dibanding dengan taruhan keselamatan diri.

Baca Juga : 5 Fakta Unik Bali yang Belum Banyak Diketahui

Bisnis Turis di balik Balapan

Penyelenggara dapat membayar pembalap dengan jumlah besar, karena bisnis ajang balap ini sangat menguntungkan. Di akhir mei penontonnya pasti membludak banyak, kebanyakan mereka adalah pecinta balapan ekstrim. Itulah mengapa label balapan ekstrim sengaja dilekatkan sebagai magnet pengunjung.

Sesuai nama ajang balap ini Tourist Trophy, para penonton bukan hanya sekedar menonton, tapi juga menjadi turis yang berlibur panjang di pulau seluas 572 km itu. Selain menikmati keseruan balapan, Pulau Isle of Man memang menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan. Banyak obyek wisata alam dan tempat bersejarah di sana, fasilitas wisata juga lengkap tersedia.

What's Your Reaction?
Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Deyanel

Isle of Man TT, Balapan Maut yang Telah Renggut Ratusan Nyawa

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in