Hiks! 8 Film Sedih ini Bisa Membuat Kita Menangis


Genre film sedih dan tragedi selalu menawarkan sensasi tersendiri kepada penontonnnya. Film-film jenis ini penikmatnya biasanya adalah kaum hawa, meskipun tak sedikit kaum pria yang juga menggemarinya. Nah, apa sajakah, film-film top rekomendasi yang bisa membuat kita menangis? Yuk kita simak.

1. Hachikō Monogatari ( Jepang, 1987)

Kisah anjing setia bernama Hachiko sudah pasti tidak asing lagi di telinga kita. Penantian panjang seekor anjing yang tidak mengetahui kematian tuannya dan selalu menunggu di peron stasiun ini diadaptasikan dengan sangat apik di film garapan Seijirō Kōyama pada 1987. Jadul, memang. Tapi sangat layak untuk ditonton. Durasinya pun cukup singkat, hanya 107 menit. Di film berlatar belakang Jepang zaman lampau ini, kita akan disuguhi cerita mengharukan antara Hachiko dan tuannya, Shujiro Ueno. Hachiko yang selalu menanti dengan setia kepulangan tuannya ini tidak tahu saat Ueno tiba-tiba meninggal di tempat kerjanya. Dia terus menanti Ueno yang tak kunjung datang. Endingnya … mmm sangat indah sekaligus mengharukan. Hachiko yang meninggal memang bertemu tuannya, yang menjemputnya pada akhirnya. Film ini adalah film terbaik di Jepang pada masanya, dan mendapatkan pendapatan tinggi, yaitu dua miliar Yen.
2. More than Blue (Korea Selatan, 2009)

More than Blue berkisah tentang K dan Cream, yang hidup berdua setelah masing-masing kehilangan keluarga yang mereka cintai. Mereka yang selalu bersama akhirnya saling jatuh cinta. Suatu hari K sakit parah, dan dia menyembunyikannya dari Cream. Dia tidak ingin Cream sedih, apalagi Cream sudah tidak punya siapa-siapa lagi. Dia bahkan mengatakan pada Cream bahwa sebaiknya dia menikah dengan pria lain.

Kejutan dalam film ini adalah, Cream ternyata sudah mengetahui penyakit K, dimulai dari saat dia menemukan obat K yang dikiranya adalah vitamin. Dia juga akhirnya mencari pria lain, sesuai keinginan K dan akhirnya menikah dengan pria itu. Film ini berakhir dengan kematian Cream. Narasi dari Cream menjelaskan bahwa dia ingin menyusul K.Film ini unik. Sudut pandang diambil dari sisi K maupun Cream. Kesedihan K yang harus melepaskan Cream dan harus menyembunyikan penyakitnya  serta kepedihan Cream yang menyaksikan K sakit dan tidak bisa berbuat apa-apa. Film yang sangat unik sekaligus mengharukan.

3. Hello Ghost (Korea Selatan, 2010)

Bagi yang menilai film ini dari posternya, kalian mungkin akan berpendapat ini adalah film komedi. Pendapat itu tidak sepenuhnya salah, karena hampir selama 80% dari durasi film, film ini tidak akan dinilai sebagai film sedih. Tapi tunggu dulu, lihat sisa 20%-nya dan Anda akan terkejut.Sang Man, seorang pria yang menderita depresi dan berkali-kali berniat bunuh namun selalu gagal. Dia lalu bertemu empat hantu yang lalu mengikutinya. Siapa sebenarnya empat hantu tersebut? Masa lalu Sang Man terkuak menjelang akhir film. Keempat hantu tersebut ternyata sangat berkaitan erat dengan kejadian tragis yang menimpanya sewaktu kecil. Kejadian yang menghapus memorinya tentang keempat hantu yang ternyata adalah ibu, ayah, adik dan kakeknya.

Cara masa lalu Sang Man terkuak-lah yang membuat film ini sangat mengharukan. Penceritaan yang begitu menyentuh dijamin akan menguras air mata kita, sampai akhir film.

4. Bridge to Terabithia (US, 2007)

Film anak-anak yang diperankan oleh Josh Hutcherson (Zathura, Hunger Games, dll) ini layak ditonton oleh keluarga maupun ditonton sendiri. Temanya sederhana yaitu keluarga dan persahabatan.Film ini menceritakan tentang Jess dan Leslie, dua sahabat yang mempunyai dunia imajinasi bernama Terabithia dan menjadikan dunia itu milik mereka berdua. Jess yang kesepian menemukan sahabat yang mengerti dirinya. Akan tetapi, suatu hari tragedi merenggut Leslie dari Jess untuk selama-lamanya.

5. The Christmas Shoes (US, 2002)

Film berlatar belakang Natal ini layak ditonton. Dengan tema yang kuat tentang kuatnya kekeluargaan, film ini salah satu film yang bisa membuat penontonnya menangis.Seorang anak bernama Nathan Andrews pergi ke toko untuk membeli sepatu bagi ibunya. Namun sayang, uang yang dibawanya kurang. Sambil menangis, dia berkata kepada seorang pria bernama Robert Layton. Dia ingin memberikan hadiah sepatu bagi ibunya yang sedang sekarat. Dia ingin ibunya tampak cantik saat akan bertemu Tuhan. Dan Robert tersentuh mendengar penuturan Nathan dan membantunya.

Film yang indah, namun juga sekaligus tragis.

6. Jack Frost (US, 1998) 

Film yang menyentuh ini dimainkan dengan apik oleh Michael Keaton yang memerankah sosok Jack Frost, boneka salju yang merupakan penjelmaan dirinya.
Jack meninggal akibat kecelakaan sewaktu dalam perjalanan pulang menemui keluarganya untuk Natal. Kesedihan Charlie, anaknya begitu besar. C
harlie lalu membuat boneka salju dan memasukkan banyak hal mengenai Jack di dalam boneka itu, kenangan-kenangannya, hal-hal yang diingatnya tentang ayahnya. Dia juga memainkan harmonika pemberian ayahnya. Dan … Jack lalu kembali kepada Charlie dalam bentuk boneka salju, meskipun pada akhirnya, Jack tetap harus pergi untuk selama-lamanya.
7. A Walk to Remember (US, 2002)

Kisah yang menceritakan tentang dua orang kekasih yang dilatarbelakangi perbedaan ini tentu adalah salah satu film wajib tonton yang akan menguras air mata.Jamie Sullivan (Mandy More) dan Landon Carter (Shane West) adalah dua orang yang awalnya tidak akrab satu sama lain. Tetapi suatu kejadian akhirnya mendekatkan mereka dan … Landon jatuh cinta pada Jamie. Landon yang bengal dan selalu bermasalah akhirnya berubah setelah mengenal sosok Jamie yang alim dan baik hati. Mereka berdua lalu berhubungan walaupun awalnya ditentang ayah Jamie yang seorang pendeta. Akan tetapi, suatu hari Jamie mengungkapkan rahasia bahwa dia sakit. Tragedi dimulai dengan pernyataan Jamie ini.

Film ini diakhiri dengan apik, meskipun sangat sedih. Cinta Landon kepada Jamie tidak pernah berubah, bahkan sampai saat kematiannya ….

8. 9 (2009)

Jangan kaget, ini memang film animasi. Tapi ide yang ditawarkan film ini sungguh luar biasa. Sembilan boneka yang dibuat oleh seorang ilmuwan menentukan nasib dunia yang hancur. Dunia dikuasai oleh robot yang awalnya dibuat untuk membantu manusia, namun akhirnya berbalik melawan dan membinasakan manusia. Sembilan boneka yang dihidupkan oleh sang ilmuwan dengan mentransfer jiwanya ke dalamnya lalu harus menghadapi pertarungan yang sengit dengan para robot.Dimana letak sisi sedih dari film ini? Salah satunya dari flashback awal mula terciptanya robot dan bagaimana dunia kemudian hancur. Momen sedih lainnya datang saat para boneka itu satu persatu tewas dan ketika boneka kesembilan (9=Nine) melepaskan arwah-arwah mereka yang terperangkap. Perpisahan mereka yang mengharukan menjadi penutup yang istimewa dari film ini.

Nah, itulah 8 Film Sedih ini Bisa Membuat Kita Menangis. Bagaimana? Apakah film-film di atas sudah bisa membuat Anda menangis tersedu-sedu?


Like it? Share with your friends!

9 Bagikan
0
9 Bagikan, 0 points

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Hiks! 8 Film Sedih ini Bisa Membuat Kita Menangis

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image