Daripada Buang Tenaga Buat Marah, Ini 5 Cara Ubah Stresmu Jadi Kegiatan Produktif yang Berfaedah!


kegiatan-produktif-saat-stres-melanda
kegiatan produktif saat stres melanda via sejatinyajomblo.blogspot.co.id

Kesibukanmu sekarang ini, bukan untuk dijadikan alasan buatmu menunda kesuksesan. Berangkat pagi pulang malam, justru membuatmu semakin berlogika, bahwa hidup ini tak semulus yang kamu bayangkan. Tapi, ada baiknya kamu menahan amarahmu agar tak melulu keluar lewat ucapan ataupun tindakan.

Sadarilah, kondisimu sekarang ini, bukan kamu saja yang mengalami. Buat apa mengeluh terus-terusan, kalau tidak ada solusi yang cekatan? Stres yang kamu alami, sebenarnya bisa dijadikan bahan pelajaran. Bahwa mental dan emosi ialah hal yang harus kamu kendalikan.

Daripada kamu murung tiap pulang kerja, mending lakukan aktivitas berikut ini biar stresmu reda. Justru ini bisa ubah stresmu jadi kegiatan produktif yang lebih ada manfaatnya. Yuk, langsung simak aja!

1. Jangan mau kalah sama ayam apalagi soal pekerjaan, kebiasaan bangun siang wajib segera kamu hentikan

cara-ubah-stresmu-jadi-kegiatan-produktif

Berangkat kerja jam 8.30, bukan berarti kamu hanya perlu bangun jam 7.30. Kalau bisa lebih pagi, itu tandanya kamu punya kesiapan diri. Bahkan, sederet pemimpin dan pengusaha sukses, sukarela bilang kalau bangun pagi jadi salah satu kunci kesuksesan. Kalau sudah begini, masihkah kamu malas bangun pagi?

Toh, kalau kamu terus-terusan bangun siang, kamu juga tak luput dari masa depan. Apalagi kalau sudah berhadapan dengan kemandirian, kala kamu sudah berkeluarga. Berikan contoh yang baik untuk anak-anak kesayanganmu nanti. Kalau bangun pagi mengajarkan kita senantiasa semangat menyambut hari.

2. Bangun pagi tak mengharuskan kamu buat langsung mandi, tapi cobalah merutinkan waktu untuk meditasi

meditasi setelah bangun pagi
brenkee / Pixabay

Sudah banyak bukti, kalau meditasi sangat membantu kita mengobati diri. Stres, sulit konsentrasi, mudah ngantuk, hampir semua masalah bisa teratasi. Hanya dengan memulai meditasi. Jangan salah, meditasi tidak harus mahal seperti para ahli contohkan. Tidak harus juga di tempat sepi seperti persawahan.

Cukup dengan mencuci tangan secara perlahan, mengatur napas dalam-dalam, dan istirahat sejenak sambil minum air mineral. Itu sudah membuatmu merasa lebih baik. Di kondisi semacam ini, ada kalanya kamu terus-menerus memberikan sugesti untuk diri sendiri. Bisa tentang hal-hal baik atau impianmu di masa depan nanti.

3. Terlalu lama duduk ternyata bisa membahayakan diri, sekarang waktunya kamu untuk bekerja sambil berdiri

bekerja sambil berdiri
Unsplash / Pixabay

Mungkin kedengarannya aneh, atau bahkan nyeleneh. Tapi, kebiasaan ini sudah terawat dengan baik di beberapa negara maju. Kamu tak ada salahnya mencoba. Bekerja sambil berdiri ternyata punya banyak manfaat berarti. Setidaknya, kebiasaan ini bisa mengurangi resiko penyakit karena terlalu lama duduk di kursi.

Bahkan, banyak sekali riset menyebutkan, kalau terlalu lama duduk beresiko terkena penyakit lebih tinggi dari pecandu rokok. Wah, ternyata berbahaya banget, kan? Itulah kenapa, sekarang ada baiknya kamu pertimbangkan. Untuk memulai kebiasaan kerja sambil berdiri dengan memanfaatkan stand up desk modern.

4. Kerjaan bisa cepat selesai asal kamu punya fokus yang tinggi, matikan alat elektronik buat hadiah nanti

matikan alat elektronik
KristopherK / Pixabay

Kadang, pengaruh stres nggak melulu berasal dari masalah kamu dengan atasan. Bisa jadi, masalahmu berawal dari kebiasaan kamu selama berada di rumah. Kalau smartphone, televisi, radio, lampu, AC, dan alat elektronik lain kamu nyalakan terus-terusan, bisa jadi malah membuatmu merasa banyak beban pikiran.

Sesekali, cobalah untuk menikmati hidup layaknya orangtua kita dulu. Matikan semua alat elektronik yang ada di kamar kamu selama satu jam lamanya. Kemudian cobalah untuk merasakan, betapa tenangnya perasaan kamu yang sekarang. Buang semua pikiran yang berakibat beban, buang semua kekhawatiran yang kamu pendam.

5. Daripada kepo-in artis favorit melulu, mending alokasikan waktu membaca buku biar bisa upgrade ilmu

banyak membaca buku
Bequest / Pixabay

Bukan berarti melarang kamu untuk berhenti mengakses media sosial, ya! Kadang medsos nggak selamanya buruk, asal kita bisa memakainya dengan bijak. Sebagai gantinya, kamu juga wajib alokasikan waktu untuk membaca buku. Baca buku berkualitas, ternyata tak hanya melonjakkan intelektualitas.

Tetapi juga, bisa melatih kamu buat menyelesaikan beragam masalah yang kamu hadapi sekarang ini. Bahkan, membaca buku lebih banyak, bakal merangsang pikiranmu untuk lebih kreatif. Kalaupun kamu nggak terlalu suka baca buku, bisa coba alternatifnya, yakni baca artikel di internet atau menyimak TED Talks.

Sekarang bukan jamannya kamu murung dan nyerah akan keadaan. Ingatlah bahwa selalu ada keluarga dan teman yang punya harapan. Tugas kamu, menjalankan misi untuk membahagiakan mereka. So, jangan murung lagi ya~

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Daripada Buang Tenaga Buat Marah, Ini 5 Cara Ubah Stresmu Jadi Kegiatan Produktif yang Berfaedah!

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in