Tak Mau Terkena Sakit Mental? Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Kita


Jangan dikira sakit hanya bisa menimpa fisik kita, mental kita juga bisa sakit dan bahkan terkadang bisa lebih berbahaya hidup seseorang. Karena itu, penting untuk mulai menjaga kesehatan mental kita agar hidup menjadi lebih produktif. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan mental kita.

Mendalami Ilmu dan Pengamalan Agama

Tak bisa disangkal lagi bahwa agama adalah medium terbaik untuk menyehatkan mental kita. Mindset tentang Kuasa Tuhan, Sang Pencipta semua makhluk, percaya takdir Tuhan selalu baik untuk diri kita, semuanya akan mengarahkan seseorang untuk  berpikir optimis menjalani hidup.

Maka penting untuk terus memperdalam ilmu agama dan juga mengamalkannya. Dengan taat menjalankan agama kita akan merasa lebih dekat dengan Tuhan dan meyakini hidup kita senantiasa dilindungi-Nya. Kalau sudah merasa dilindungi, masalah seberat apa pun akan terasa ringan dan tak akan membuat mental jatuh.

Baca Juga : 4 Sikap yang Menjamin Kesuksesan Seseorang

Senantiasa Bersyukur

Kunci bersyukur adalah selalu melihat keadaan orang dibawah kita. Jika merasa susah karena dihimpit ekonomi, lihatlah ada orang yang keadaraan ekonominya lebih parah darimu. Bahkan ketika diterpa ujian yang besar sekalipun seharusnya dibarengi dengan rasa syukur, bahwa Allah sedang menguji atau menyentil kita untuk menata perilaku lebih baik lagi.

Menjauhi Stres

Bicara tentang kesehatan mental, tak akan terlepas dari yang namanya menjaga diri dari stres. Stres sendiri adalah penyebab utama dari tidak sehatnya mental seseorang. Jadi kalau bisa menghindari stres, maka setengah masalah kesehatan mental bisa terselesaikan.

Stres biasanya disebabkan oleh faktor dari luar seperti masalah ekonomi, keluarga, asmara, dll. Jika bisa mengelola masalah-masalah itu dengan baik, tentu tidak akan merasakan stres yang mendalam.

Stres selain terkait dengan kesehatan mental, erat kaitannya juga dengan kesehatan fisik. Banyak orang yang sakit tubuhnya berawal dari rasa stres. Olahraga dan meditasi juga menjadi media yang baik untuk menjauhi stres.

Baca Juga : Cara Kurangi Depresi atau Stress

Kembali ke Alam

Alam raya adalah ekspresi dari kemurnian, sedangkan kemurnian dalam diri manusia ada pada jiwa yang paling dalam. Jika kamu bisa bersentuhan kembali dengan alam yang masih orisinal, maka kemurnian jiwa pun akan muncul dan membuat mental semakin sehat.

Carilah tempat-tempat yang masih alami, yang indah, dan yang menenangkan. Kamu bisa berelaksasi dan merenungkan banyak hal secara positif. Namun jangan pergi beramai-ramai, baiknya sendiri atau berdua bersama dengan pasangan hidup.

Menjauhi Dendam

Seringkali diri kita merasa marah karena pernah disakiti dan dipermalukan orang lain. Lalu timbullah rasa dendam ingin membalas perlakuan orang yang dibenci itu, secara sadar maupun tidak disadari. Padahal justru dendam itu menjadi penyakit yang selalu menggerogoti mental kita.

Maka itu buang rasa dendam sejauh-jauhnya jika ingin menyehatkan mental kita. Bukankah agama mengajarkan kita untuk memaafkan dan berbuat baik kepada orang yang menjahati kita?

Tidur Berkualitas

Orang yang kurang tidur biasanya akan mudah lelah dan membuat emosi menjadi labil. Maka penting untuk menjaga waktu tidur kita dengan baik. Namun tidur berkualitas bukan hanya soal tidur waktu yang cukup. Usahakan untuk tidur dengan nyenyak dan utamakan tidur malam yang merupakan waktu terbaik beristirahat. Tidur terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan mental, maka perlu diatur tidurnya antara 7-9 jam.

Baca Juga : Ini Dia 4 Bahaya Terlalu Banyak Tidur

Mengatur Kegiatan Sehari-hari

Menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif akan membuat kita terlepas stres. Namun semua kegiatan yang melebih porsi tidak baik untuk kesehatan mental. Misal bekerja dengan waktu yang super padat, tentu saja akan menimbulkan penat dan stres. Maka imbangi dengan waktu bersantai dan menghibur diri.

Sebaliknya juga begitu, terlalu bersantai dan selalu berorientasi pada hiburan diri juga tidak baik. Akan muncul cemoohan orang lain dan timbul perasaan sebagai orang yang tak berguna, ujung-ujungnya adalah stres.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Tak Mau Terkena Sakit Mental? Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Kita

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image