5 Cara Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa


Untuk memenuhi kebutuhan sebagai mahasiswa, kadang uang kiriman dari orang tua tidaklah cukup. Masih banyak kebutuhan mendesak untuk perkuliahan atau sekedar untuk jajan dan jalan-jalan. Daripada menyusahkan orang tua, sekarang saatnya kamu mencoba menambah penghasilan sendiri dengan cara-cara berikut ini.

Credit image : http://zb-lzonline.com

Berikut beberapa Cara Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa

1. Menjadi Karyawan
Pekerjaan paruh waktu yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk menambah uang saku adalah menjadi karyawan. Ada banyak pekerjaan paruh waktu yang tidak memerlukan banyak keterampilan atau pengalaman. Kamu hanya perlu mengabdikan diri untuk bekerja beberapa jam dalam seminggu. Kamu bisa mencoba dengan bekerja menjadi penjaga toko atau waiter di kafe maupun rumah makan.

2. Menjadi Asisten Dosen
Jika kamu punya kamu punya kemampuan akademik yang mumpuni, tidak ada salahnya daftarkan diri kamu untuk menjadi asisten dosen. Selain menambah pengalaman dalam hal mengajar dan berhadapan dengan banyak orang, kamu juga dapat menambah penghasilan dari hasil kerja kerasmu sendiri.

3. Menjadi Guru Les
Kalau kamu percaya diri dengan ilmu yang kamu miliki, tidak ada salahnya untuk menjadi guru les privat untuk anak-anak sekolah. Kamu bisa menjadi guru les secara mandiri atau bisa juga dengan mendaftar di lembaga-lembaga pendidikan nonformal yang menyediakan lowongan kerja sebagai pengajar les privat.

4. Mengikuti Lomba
Cara lain untuk menambah penghasilan bagi mahasiswa adalah dengan mengikuti lomba. Beberapa jenis lomba yang biasanya sering diikuti mahasiswa diantaranya adalah lomba karya tulis ilmiah, essay dan fotografi. Tidak ada salahnya kamu mengikuti lomba-lomba tersebut. Kalau kebetulan kamu menang, lumayan dong bisa nambah uang saku.

5. Mengikuti Beasiswa
Banyak sekali lembaga-lembaga yang menyediakan beasiswa. Ada beasiswa dari universitas, dari pemerintah atau dari yayasan dan lembaga swasta. Sering-seringlah mencari informasi mengenai beasiswa. Baca syarat dan ketentuan sebelum mulai mendaftar. Selain meringankan beban finansial, beasiswa juga akan memberi nilai tambah di CV kamu.

6. Manfaatkan keahlian
Selain menjadi karyawan, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan keahlian yang kamu miliki. Apa keahlian yang kamu punya? Merajut? Melukis? Bahasa Inggris? Atau ahli dalam reparasi gadget dan alat elektronik? Kamu bisa mencoba meraih penghasilan dari hasil karyamu sendiri.

7. Menjual barang bekas
Kamarmu terasa sempit karena terlalu banyak barang didalamnya? Bisa jadi barang yang ada di kamarmu itu banyak yang tidak terpakai. Jika barang-barang tersebut masih bagus dan masih layak digunakan, tidak ada salahnya kamu menjual kembali barang-barang lamamu. Kamu bisa mempromosikannya secara online melalui media sosial atau blog. Kalau kamu tidak malu, kamu bisa membuka lapak sendiri secara offline.

8. Menjadi Freelancer
Jika kamu punya hobi menulis, manfaatkan hobimu ini untuk menambah uang sakumu. Kamu bisa mengirimkan tulisan-tulisanmu ke koran maupun majalah atau website-website yang menyediakan lowongan untuk penulis lepas. Begitu pula bagi kamu yang hobi dalam bidang fotografi, manfaatkan keahlianmu dengan menjadi fotografer lepas di objek-objek wisata atau acara-acara seperti acara wisuda.

9. Menjadi Blogger
Jika kamu ingin suatu pekerjaan tanpa ada orang lain yang mengatur, kamu bisa mencoba menjadi blogger dan tulis topik apapun yang kamu inginkan. Promosikan blogmu untuk mendapat pengunjung sebanyak-banyaknya. Jika sudah cukup banyak pengunjung blog, kamu bisa mencoba program periklanan seperti Google Adsense.

Nah bagaimana tertarik untuk menambah uang sakumu dengan cara-cara diatas?

What's Your Reaction?

Keren Keren
1
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
6
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
1
Unik
Suka Suka
8
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

5 Cara Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in