Budayakan 6 Kebiasaan Simpel Ini Untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu.


StartupStockPhotos / Pixabay

Salah satu penyebab kenapa kamu sering lembur, mungkin akhir-akhir ini kamu kurang produktif. Coba kalau lebih produktif, tugas apapun yang diberikan pada hari itu pasti akan selesai. Faktor lain, mungkin juga kamu kurang fokus atau suka menunda-nunda pekerjaan.

Tapi sekarang, kalau kamu berniat berbenah dan ingin lakukan perubahan, penulis bakalan kasih sedikit gambaran. Tentang beberapa kebiasaan simpel yang kalau dilakuin secara maksimal, bakalan ningkatin produktivitas kamu secara signifikan. Penasaran? Coba simak dan terapkan, ya!

1. Coba rencanakan apa saja yang bakal kamu lakukan di esok hari sesaat sebelum kamu tidur malam hari

Tahap awalnya, kamu harus tau dulu apa yang kamu butuhkan dan inginkan. Prioritaskan hal-hal yang memang sangat penting untuk masa depanmu, yakni kebutuhanmu. Kalau merencanakan kegiatan esok hari aja kamu nggak bisa, jangan harap kamu bisa produktif selamanya.

Asal tau aja, orang yang nggak pernah merencanakan apa yang bakal dilakuin di hari berikutnya, kebanyakan nggak pernah selesai mengerjakan. Di samping itu, mempunyai rencana yang jelas untuk hari esok memberimu alasan yang kuat untuk segera menyelesaikannya.

2. Majukan jam tidurmu hingga jam 9 malam. Kemudian tidurlah nyenyak dan cukup waktu sekitar 8 jam

Pungkas waktu lemburmu dan tidurlah cepat waktu. Kalau bisa, maksimal kamu melek itu cukup sampai jam 9-10 malam. Selebihnya, kamu harus tidur nyenyak di larut malam. Kebanyakan dari kamu bangun tidur 30 menit sebelum kerja. Padahal, lebih baik kalau 2-3 jam sebelum kerja.

Kalau tidur nggak cukup, otak kamu juga bakal cepat lelah. Karena bagaimanapun juga, kunci produktivitas ada di otak kamu. Kalau tidurmu cukup, kamu bisa bangun lebih pagi. Dengan begitu, kamu bakal lebih siap menghadapi tugas-tugas yang sudah menanti.

Baca Juga : Kalau Kamu Lakukan 7 Kebiasaan Ini, Bangun Pagi Bukan Jadi Masalah Lagi

3. Jangan lakukan apapun selama 10 hingga 15 menit seusai bangun pagi. Cukuplah menenangkan diri

Lagi, bukannya minum segelas air mineral, kamu justru langsung memegang smartphone kesayangan. Sebaiknya kamu tahan dulu segala hal yang berbau distraktif. Luangkan waktu 10-15 menit seusai kamu bangun pagi untuk merenung dan bersyukur telah diberi hidup lagi.

Selain itu, nggak sedikit pula ide-ide brilian bermunculan saat melakukan meditasi ini. Kamu bisa merasakan ketenangan jiwa dan mendapat beragam inspirasi di pagi hari. Ini cukup untuk modal tenaga dan semangat mengerjakan tugas yang sudah melambai-lambai.

4. Siapkan amunisi to-do-list kamu di hari itu. Nggak perlu banyak-banyak, 6 tugas adalah batas maksimum

Orang-orang produktif pasti punya to-do-list. Tapi, mereka yang punya produktivitas tinggi justru memiliki to-do-list yang sedikit. Karena pada dasarnya, kita nggak bisa melakukan semua hal yang kita ingin atau butuhkan. Semua sudah ada porsinya masing-masing.

Solusinya, cobalah mengubah to-do-list kamu menjadi maksimal 6 item saja. Ambil sticky note atau selembar kertas kosong. Kemudian tuliskan beberapa tugas yang harus kamu kerjakan hari itu juga. Prioritaskan tugas-tugas yang diharapkan selesai secepatnya.

5. Diet dan batasi konsumsi informasimu tiap hari. Biar kamu nggak melulu mantengin monitor tanpa mengetikkan jari

Salah satu penyebab kamu nggak produktif adalah menunda-nunda pekerjaan. Dan, salah satu penyebab kamu menunda-nunda pekerjaan ialah terlalu asyik mengakses social media. Itu karena kamu terlalu sering ingin tau informasi-informasi baru dari orang lain.

Bukannya berdampak baik, justru kamu bakal memikirkan banyak hal selain pekerjaan utamamu. Bisa-bisa, kamu nggak mengerjakan tugasmu, malah asyik gali informasi ini-itu. Solusinya, habiskan 80% waktumu untuk mengerjakan tugas, 20% untuk cari informasi baru.

Baca Juga : Panduan Diet Mayo untuk Atasi Berat Badan Berlebih

6. Mulailah rutinitas refleksi diri di malam hari. Ambil buku harianmu dan tuliskan evaluasi hari ini

Sebelum beranjak istirahat ke kamar tidur, ada baiknya kamu memikirkan hal yang sudah kamu kerjakan di hari itu juga. Pikirkan tentang apa yang kamu lakukan dengan baik, dan apa yang kamu kurang ahli dalam melakukannya. Serta, apa yang benar dan apa yang salah.

Kalau kamu merasa kurang dalam suatu bidang, coba tambah porsi belajar kamu. Kalau kamu sudah merasa baik, silakan tingkatkan hingga maksimal kemampuanmu. Poinnya, tuliskan semua kegiatan yang kamu kerjakan mulai dari bangun pagi hingga sebelum beranjak tidur.

Nah, dari sekian tips meningkatkan produktivitas di atas, poin mana aja yang sudah kamu terapkan?

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
1
Unik
Suka Suka
1
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Budayakan 6 Kebiasaan Simpel Ini Untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu.

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image