Buat Pemilik Sifat Pemalu, Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Adalah Calon Orang Sukses


 

pemalu-calon-orang-sukses
gambar via : flicker.com

Buat kamu yang punya sifat pemalu, sangat sulit memang kalau harus memaksakan diri bergaul di kerumunan orang-orang. Pergi ke kondangan, acara ulang tahun teman, hingga wawancara kerja merupakan masalah besar bagimu. Apalagi kalau kamu harus berkenalan sama orang-orang baru.

Parahnya, nggak sedikit pula orang-orang merendahkan kamu. Mereka bilang kamu sombong dan nggak bisa bergaul. Kadang, ocehan mereka membuatmu makin nggak percaya diri. Tapi tenang, penulis bakal jabarkan beberapa fakta, kalau kamu sebenarnya bisa lebih sukses dari mereka. Cek yuk!

1. Sadari kalau semua insan di muka bumi ini punya hak yang sama untuk sukses. Begitu juga kamu.

pemalu-calon-orang-sukses
gambar via : kidscourtesies.com

Satu hal penting yang wajib kamu resapi, ialah soal hak kesuksesan. Mereka yang terus-menerus menghujatmu, mungkin tidak tahu menahu kalau sebenarnya, semuar orang punya hak yang sama untuk menggapai asa. Karena itu, kamu nggak perlu khawatir lagi. Percayalah kalau semua orang di muka bumi ini, punya jatah yang sama untuk sukses.

Cobalah tengok Bill Gates, siapa sangka kalau dirinya ialah seorang pemalu? Predikat pemalu ternyata nggak menyurutkan semangat dia untuk mencoba menaklukkan bisnis teknologi terbaru. Berkat kegigihannya, kini orang-orang seakan berkiblat padanya soal inovasi. Itu baru satu figur, dan masih banyak figur lain di dunia ini yang bisa lebih sukses walau punya sifat pemalu.

Baca Juga : Kesuksesan Bukan Hanya Menjadi Milik Mereka yang Kaya

2. Cobalah lihat dirimu dari sudut pandang lain. Begitu banyak kelebihanmu yang tak dimiliki orang lain.

Sifat Pemalu Wajib Intropeksi Diri
Bursa / Pixabay

Sah-sah saja kalau kamu mencoba tetap kuat disaat mereka menghujatmu dari jauh-dekat. Tapi bukankah lebih baik, kalau kamu nggak melulu mengambil hati? Selain jadi beban pikiran, semua hujatan mereka sebenarnya nggak ada arti. Mau menanggapi atau nggak, semua perkataan orang tentang dirimu sama sekali nggak memengaruhimu untuk bisa terus menggapai mimpimu.

Sekarang coba geser sudut pandangmu tentang diri kamu sendiri. Lihatlah dirimu yang sekarang ini, begitu banyak kelebihan yang tak dimiliki oleh mereka-mereka yang iri. Sifat pemalu, memberikan kamu kelebihan untuk jadi pendengar yang baik, sahabat yang tulus, pemecah masalah yang cekatan, hingga pemimpin yang berbakat. Sadari hal ini, dan kamu nggak akan sedih lagi.

3. Memaksimalkan kelebihan jadi amunisimu membungkam mereka yang suka merendahkan.

Harus Percaya Diri
Unsplash / Pixabay

Sebagai seorang pemalu, kamu telah dilahirkan untuk mendengar segala keluh kesah orang lain. Bukannya malas berkomentar, tetapi lebih mencoba untuk menjadi seorang pendengar. Orang-orang yang gemar bercerita padamu, bakalan sangat suka dengan sifatmu yang sukarela mendengarkan cerita mereka. Ini bisa jadi amunisimu agar disukai oleh banyak orang.

Dan lagi, kamu pun punya kemampuan berpikir di atas rata-rata. Kebiasaanmu memikirkan segala hal sebelum melakukan sesuatu justru membuatmu punya daya analisis jitu. Nggak sembarang tindakan bisa kamu lancarkan. Hal ini mencegahmu melakukan hal-hal konyol yang nggak terduga. Syukur deh, kamu nggak punya sifat ceroboh. Sehingga, jalan menuju asa pun makin terbuka lebar.

4. Sedikit teman bukanlah alasan bagimu untuk menggapai sukses di masa depan.

pemalu-calon-orang-sukses
via : tahupedia.com

Memang, kamu bukanlah mereka yang punya segudang teman sepergaulan. Tetapi kamu, lebih dari sekadar teman. Kamu ialah sahabat yang tulus, bagi mereka yang mengerti keadaanmu sekarang. Meski punya segelintir teman saja, kamu tetap merasa bahagia. Justru, dengan hanya memiliki satu grup sahabat, kamu bahkan mau menghargai mereka hingga akhir hayat.

Memiliki sahabat yang nggak banyak, membuatmu bisa fokus pada apa yang kamu impikan. Kamu bakal lebih selektif dalam memilih teman keseharian. Kamu hanya memilih mereka yang benar-benar bisa diandalkan. Sahabat yang selalu ada, tanpa harus disogok segala. Sahabat yang punya satu visi, untuk sama-sama menggapai mimpi.

Baca Juga : Teman Memang Harus Dipilih. Mereka Menentukan Siapa Kamu!

5. Kamu pun terlahir jadi pendengar yang baik. Mendengarkan orang lain bisa memberimu banyak wawasan.

pemalu-calon-orang-sukses
gambar via : rd.com

Lagi, soal kemampuan kamu untuk jadi seorang pendengar. Ternyata, ini membuatmu makin pintar. Gimana nggak, tiap kali ngobrol sama sahabat, kamu terus menghujani pertanyaan yang sejatinya muncul karena rasa penasaran. Sehingga, kamu pun dapat insight-insight baru tentang segala hal yang kamu pelajari. Syukur deh, bisa belajar banyak sehari-hari.

Kalau sudah begini, kamu pun nggak melulu harus belajar lewat buku atau internet. Cukup berdiskusi dengan orang-orang yang sepaham denganmu. Kemudian bersama-sama berpikir kritis terhadap hal-hal di sekitar. Intensitas ngobrol banyak, wawasan juga tambah banyak. Nggak heran kalau kamu justru punya segudang pemikiran yang tiap saat siap dilontarkan.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu yang punya sifat pemalu nggak harus minder. Karena kita semua sadar, kalau tiap insan di muka bumi ini punya jatah kesuksesan yang sama antara satu dengan lainnya. Semoga menginspirasi, ya!

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
1
Terhibur
Unik Unik
2
Unik
Suka Suka
5
Suka
Biasa aja Biasa aja
1
Biasa aja

Buat Pemilik Sifat Pemalu, Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Adalah Calon Orang Sukses

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image