Biar Tambah Motivasi dan Tetap Fokus pada Tujuan, 8 Tips Ampuh Ini Layak Kamu Coba!


Fokus pada Tujuan
Gabler-Werbung / Pixabay

Saking amburadulnya aktivitas harian, kamu sering lupa dan tidak fokus pada tujuan besar dalam hidupmu. Sesekali kamu merasa hampir nggak ada motivasi. Bahkan menganggap tujuan yang dulu kamu impikan sudah nggak menarik dan membosankan. Tapi, sekalinya diingat-ingat, semangatmu tumbuh lagi.

Namanya juga anak muda, naik-turun motivasi bisa dianggap biasa saja. Tapi kalau kamu bersikukuh meremeh-temehkan tujuan, sekalinya gagal kamu bakal susah bangkit lagi. Artikel ini bakal nunjukin, gimana sih cara ampuh biar tambah motivasi dan tetap fokus pada tujuan? Langsung aja disimak ya!

1. Sibuklah mencari apa yang sebenarnya mengganggu fokusmu. Kemudian buang jauh-jauh gangguan itu

Gimana mau fokus, kalau tiap kali mau mulai mengerjakan, kamu malah asyik Instagram-an. Belum lagi, tweet ini-itu buat cari perhatian gebetan. Semua yang kamu lakukan, harusnya mengacu pada tujuan besar dalam hidup. Kalau terus-terusan begini, kamu yakin bakal mencapai tujuan itu?

Mulai sekarang, cobalah mendaftar apa saja yang membuatmu hilang fokus dari tugas besar. Mulailah mengurangi aktivitas menghibur diri tiap hari. Misalkan bersosial media atau nonton televisi. Itu bagus buat hiburan, tapi bakalan lebih bagus kalau dilakukan tiap weekend saja.

2. Ambil secarik kertas kemudian tuliskan apa yang terlintas. Jabarkan semua ide tentang tujuanmu

Kesalahan banyak orang dalam memasang tujuan, biasanya mereka tidak mau menuliskan. Jangan-jangan kamu juga? Baiklah, sekarang coba ambil secarik kertas, kemudian siapkan alat tulisnya. Kemudian tuangkan segala idemu terkait tujuan besar dalam hidupmu.

Kamu mau menyelesaikan kuliah S2, bekerja di perusahaan ternama, membangun usaha sendiri, atau apapun itu. Tuliskan semuanya dalam kertas itu. Jangan lupa untuk mencantumkan tujuan jangka pendek seperti olahraga, nonton film inspiratif, kumpul keluarga atau yang lainnya.

3. Semua yang kamu tulis di kertas harus bisa diukur kapasitasnya. Jangan sesekali menaruh tujuan abu-abu

Lagi-lagi, tujuanmu harus jelas. Bukan melulu abu-abu karena semu nggak ada rinciannya. Kalau misalkan kamu ingin menyelesaikan kuliah S2, ya kamu harus tentukan mau kuliah dimana, jurusannya apa, mau ambil beasiswa yang mana, dan memulai di tahun ke berapa.

Nggak perlu terlalu detail, yang penting jelas dan terukur. Karena di sini kamu bakal mengetahui seberapa sulit tujuanmu. Seberapa banyak dana yang harus digelontorkan. Seberapa banyak orang-orang bakal merasa terbantu dengan tujuanmu itu.

4. Berilah asupan gizi untuk otak kesayanganmu. Rutinlah membaca buku dan resapi beragam ilmu dari situ

Belajar nggak melulu harus formal. Justru, kamu harus biasakan belajar nonformal, yaitu baca buku yang bermutu. Jangan melulu novel, tapi sesekali bacalah buku nonfiksi yang sesuai dengan tujuan hidupmu. Kamu juga bisa baca buku-buku yang isinya tentang produktivitas anak muda.

Kalau misalkan kamu ingin bangun perusahaan, bacalah buku tentang perusahaan lain, studi kasus, riset industri dan kompetitor kamu. Baca kisah sukses untuk motivasi, dan baca kisah kegagalan untuk refleksi. Makin banyak buku yang kamu baca, makin sehat otakmu pula.

Baca Juga : Cuma Penggila Buku yang Mengerti Hal Ini

5. Seringlah bergaul sama orang-orang berlabel good people. Kalau perlu, bersahabatlah bersama mereka

Kamu adalah cerminan dari orang-orang sekitarmu. Ini artinya, kalau kamu berkumpul dengan orang-orang yang suka malas-malasan, suka meremeh-temehkan pekerjaan, nggak bisa menghargai waktu, ya kamu bakalan stuck di tengah jalan.

Beda ceritanya kalau kamu bergaul dan bersahabat dengan anak-anak muda yang cerdas, senang berkomunitas, mencintai passion mereka, maka kamu bakal merasakan dampak baiknya. Simpelnya, kalau kamu adalah orang terpintar dalam grup, segera cari grup lain.

Baca Juga : Teman Memang Harus Dipilih. Mereka Menentukan Siapa Kamu!

6. Jangan sering-sering jadi anak muda yang manja. Jaga kebugaran tubuhmu dengan mulai berolahraga

Gimana mau fokus mengerjakan apa yang kamu suka, kalau otakmu masih kekurangan O2? Banyak yang meremehkan olahraga, hanya karena malas dan nggak mau keluar keringat. Padahal, kamu bakal lebih fokus pada tujuanmu kalau oksigen dalam tubuhmu tercukupi.

Sesekali cobalah pergi keluar dan lari-lari di pagi hari. Buat yang suka nari, ikut kelas senam zumba juga bisa jadi solusi. Apapun olahraga yang kamu lakukan, asal dilakukan dengan optimal, bakal memberi efek positif pada tubuhmu. Contoh nyatanya, kamu bakal jadi lebih produktif.

Baca Juga : Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan

7. Biar tetap fokus kamu juga butuh konsentrasi tinggi. Bangun pagi-pagi dan cobalah sesi meditasi

Usai merutinkan berolahraga, ada kalanya kamu wajib coba meditasi yoga. Pagi-pagi seusai subuh, daripada langsung tidur mending beri asupan pada konsentrasimu. Meditasi yoga bisa menambah kesehatan mental dan melatih otakmu biar bisa meraih konsentrasi tinggi.

Tiap kali mencoba melakukan meditasi yoga, hal pertama yang bakal kamu rasakan adalah rasa fresh dan lega. Kesehatan mental sudah terjaga, konsentrasi juga tinggi, maka nggak ada alasan lagi buat fokus dan tambah motivasi mengejar mimpi, bukan?

Baca Juga : Atasi Stres dengan Meditasi

8. Konsisten mengejar mimpi bukanlah perkara gampang. Cintai passion-mu dan juga dirimu

Kalau kamu mencintai sepenuh hati pekerjaan yang sekarang kamu geluti, bukan nggak mungkin kata sukses sudah bosan menanti. Dia bakal muncul sebentar lagi. Tapi sebaliknya, kalau kamu sama sekali nggak cinta pada apa yang kamu kerjakan, sukses pun susah untuk datang.

Poinnya adalah, jangan semena-mena mengejar mimpi karena gajinya tinggi. Karena yang paling penting, kamu bisa keluarkan semua tenaga dan pikiran pada apa yang kamu benar-benar cintai. Bukan karena keterpaksaan ataupun karena uang.

Yap! Itulah tadi tips ampuh biar kamu tambah motivasi dan tetap fokus pada tujuan. Moga-moga, kamu makin tambah inspirasi dan mampu menerapkannya dengan semangat tinggi. Selamat mencoba, ya!

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
1
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Biar Tambah Motivasi dan Tetap Fokus pada Tujuan, 8 Tips Ampuh Ini Layak Kamu Coba!

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in