Beberapa Tips Ini Akan Membuat Uang di Dompetmu Awet


Beberapa Tips Ini Akan Membuat Uang di Dompetmu Awet – Belum akhir bulan tapi dompet sudah tipis, mungkin kamu terlalu boros. Setelah dicek lagi, ternyata banyak barang-barang yang tidak penting terlanjur dibeli. Uang gajian yang seharusnya untuk mencicil kredit motor, bayar listrik dan sebagainya habis terpakai. Tidak ingin mengalami nasib seperti itu? Lakukan ini dulu:

Beberapa Tips Ini Akan Membuat Uang di Dompetmu Awet

1. Beri waktu minimal satu minggu sebelum membeli sesuatu

Terkadang seseorang membeli barang bukan karena butuh tetapi karena keinginan sesaat. Istilah modernnya lapar mata. Jadi ketika bertemu dengan barang yang bagus atau lucu, langsung dibeli. Padahal belum tentu dibutuhkan. Selain menghamburkan uang, barang tersebut tidak akan membawa manfaat. Akhirnya tidak terpakai dan diberikan kepada orang lain. Sayang bukan? Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya berpikirlah minimal satu minggu. Ketika waktu itu sudah terlewati, cobalah berpikir apakah keinginan untuk membeli masih ada? Jika tidak berarti barang itu tidak terlalu dibutuhkan.

2. Tahan diri untuk tidak ke mall

Tidak dipungkiri kalau mall atau minimarket menjadi daya tarik seseorang untuk berbelanja. Orang-orang yang boros dengan mudah menghamburkan uangnya untuk membeli barang di mall. Untuk itu, tahanlah untuk tidak pergi ke mall atau minimarket minimal satu minggu atau satu bulan. Kalau kamu tipe online shoper, sebaiknya blok segera situs-situs online shop yang menghabiskan sebagian besar uangmu. Cara ini efektif untuk menahan hasrat berbelanjamu sekaligus untuk memberi waktu berpikir mengapa selama ini uangmu selalu habis dengan cepat. Kalau keinginan untuk pergi ke mall atau minimarket bisa dikendalikan, keinginan untuk belanja pasti sedikit bisa direm.

3. Hitung pemasukan dan pengeluaran

Bagi orang yang tidak pernah melakukan perhitungan keuangan, sangat mudah untuk bertindak boros. Karena dia tidak tahu kemana penghasilannya dialokasikan. Karenanya, hitunglah dengan detail pemasukan dan  pengeluaran. Berapa anggaran untuk belanja dan membayar tagihan. Dengan cara ini, keinginan untuk menghemat pemasukan bisa meningkat. Selain itu, bisa juga dengan menginstall aplikasi pengatur keuangan di ponsel pintar milikmu. Lebih praktis dan juga efektif dalam mengontrol pemasukan.

4. Menabung

Mungkin terdengar klise, tetapi percayalah kalau menabung akan benar-benar membuat seseorang bisa menghemat uangnya sampai beberapa persen.  Dengan menabung, otomatis uang yang ada di dompet sedikit berkurang dan ini akan menjadikan seseorang lebih bisa berhemat daripada biasanya. Selain itu, menabung akan mengatasi masalah keuangan yang timbul akibat keperluan mendadak.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Beberapa Tips Ini Akan Membuat Uang di Dompetmu Awet

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in