Apapun Profesi yang Kamu Impikan, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses di Masa Depan


hal-ini-agar-sukses-di-masa-depan
image via linkedin

Memperjuangkan apa yang sudah dimulai, tidak ada alasan lain selain agar sukses di masa depan. Bekerja sepenuh tenaga dan pikiran, tetap semangat walau tiap hari diberi omelan. Setiap kali ingin menyerah, selalu ingat keluarga yang ada di rumah. Menunggu datangnya kesuksesan dari anak tercinta, yang tidak lain tidak bukan adalah kamu.

Apapun bidang pekerjaan yang kamu impikan, mau tidak mau harus segera direalisasikan. Demi tercapainya kebahagian hakiki yang muncul dari keluarga, kerabat, sahabat dan orang-orang di sisi. Tetapi, masalahnya, masih banyak dari kita yang mengeluh. Sukses yang digadang-gadang pun tak kunjung datang. Kadang, merenung ialah solusi yang sepadan.

Lalu, apa kunci sukses sebenarnya? Kenapa kita sudah bersusah-payah menjalani, tetapi tak kunjung ada keberhasilan yang menemani? Daripada kesal tak kelar-kelar, yuk simak ulasan berikut ini agar sukses di masa depan. Apa saja, ya, kira-kira? Cek yuk!

1. Sebelum melangkah jauh ke depan, mengenali diri sendiri wajib kamu lakukan di awal perjuangan

Bagaimana mungkin, kita mau melakukan sesuatu tetapi tidak tahu kemampuan kita ada di mana? Inilah yang kerap dilakukan banyak orang, bahkan 99% orang tidak menyadarinya (menurut riset dari PT Zenius Education). Ibarat tim sepakbola, kita wajib menganalisis kekuatan dari tim kita sendiri. Mulai dari kekompakan, catatan kemenangan, kekalahan, dan lainnya.

Intinya, yang pertama kali dilakukan ialah mengenali diri sendiri. Mengenali apa yang sebenarnya kita minati. Apa yang sebenarnya kita sukai. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah menentukan mau belajar apa. Mau menekuni bidang apa. Walhasil, selama masa perjuangan nanti, tidak akan ada lagi kata mengeluh yang keluar dari mulut dan hati. Yuk, kenali diri sendiri!

Baca Juga : Kunci Sukses Adalah Diri Sendiri!

2. Jangan mau ‘disetir’ orang lain, pro aktif pada keputusanmu sendiri mengajarkan kepemimpinan

Tidak peduli seberapa penting peran orang lain dalam hidupmu, tidak berarti kamu harus menuruti keinginan mereka semua. Karena pada prinsipnya, yang menurut mereka baik, belum tentu juga baik bagimu. Kita semua unik, kita semua punya kepribadian masing-masing. Tidak bisa disamaratakan, tidak bisa diseragamkan. Karena itu, cobalah untuk lebih pro aktif.

Pro aktif mengajarkan kita tentang sikap kepemimpinan. Memimpin diri sendiri, tidak ingin dikendalikan oleh orang lain. Sekalipun orang itu adalah orangtua kita. Kita boleh meminta saran pada orang lain, tetapi segala keputusan, tetap harus kita sendiri yang putuskan. Pertanyaannya, berapa banyak keputusan dalam hidupmu yang kamu putuskan sendiri tanpa ada paksaan orang lain?

Baca Juga : Kalau Ingin Menjadi Pemimpin yang Baik Lakukan Ini Dulu

3. Saat ingin mulai melatih skill yang kamu butuhkan, mulailah dari yang paling dasar

Saat sudah punya keinginan mempelajari sesuatu, di saat itulah kita terkadang terlena. Banyak orang bilang, pengalaman adalah guru yang paling baik. Asal pengalamannya banyak, pasti berhasil. Tapi nyatanya? Tidak 100% benar. Karena pada dasarnya, yang paling menentukan kesuksesan adalah berlatih dari yang paling dasar. Seorang drummer sukses, tidak langsung memainkan drum begitu saja. Mereka memulainya dengan berlatih ketukan, irama, cara menabuh, sampai koreografi.

4. Lakukan terus-menerus hingga mencapai kata berhasil, menyerah justru buatmu tersingkir

Mungkin banyak di antara kita yang sudah memulai berusaha, tetapi justru menyerah di tengah jalan. Alasannya, sudah merasa bosan dengan apa yang dilakukan serta tak kunjung menggapai kesuksesan. Kondisi ini memaksa kita untuk berhenti melakukan perjuangan. Tapi, apakah itu langkah yang baik? Sama sekali tidak. Kita baru bisa dibilang sebagai pekerja keras, kalau berusaha tanpa henti sampai tujuan kita tercapai.

5. Kembangkan diri kamu secara maksimal, lalu cari teman sepadan yang saling membantu

Riset mengungkapkan, cerminan kita di masa depan ialah teman-teman kita saat ini. Artinya, kamu adalah lingkungan yang kamu gauli sekarang ini. Jadi, kalau ingin segera sukses, cukup bergaul dengan mereka yang punya visi sama. Bergaul dengan teman-teman yang saling membangun, membantu satu sama lain, memotivasi dan menasehati.

Baca Juga : Teman Memang Harus Dipilih. Mereka Menentukan Siapa Kamu!

6. Belajarlah legowo menerima setiap kondisi, termasuk kritik yang menimpamu saat ini

Tidak ada jalan yang mulus tanpa halangan yang menghadang. Kondisi ini mendorong kita untuk terus berusaha fleksibel pada keadaan. Termasuk, saat orang-orang ramai mengkritik. Tidak sedikit pula yang mengkritik begitu saja, tanpa ada niat untuk mendorongmu maju. Di kondisi ini, sebaiknya kamu legowo menerima keadaan. Dan yang paling penting, kembali bercermin pada diri sendiri. Kemudian mengevaluasi apa yang sebaiknya kita lakukan agar sukses di masa depan.

7. Sekali lagi, teruskan perjuanganmu hingga garis finish terlampaui. Terbentur, terbentur, terbentuk!

Perjuangan belum selesai, kawan. Setiap kali kamu ingin menyudahi semua ini, selalu ingatlah awal mulai kenapa kamu ingin memulainya. Selalu ingat orang-orang yang berada di sekitarmu, yang memotivasimu, yang mendukungmu sepenuh hati. Selalu ingat keluarga tercinta yang ada di rumah, sahabat karib yang sudah berpisah lama. Betapa inginnya mereka melihat kesuksesan kita.Sekali lagi, teruskan perjuangan hingga garis finish terlampaui.

Nah, itulah tadi sedikit motivasi untukmu agar sukses di masa depan. Ingatlah bahwa kesuksesan ialah hak setiap insan. Tidak ada yang melarang kamu untuk sukses. Sukses ini berhak untukmu.

What's Your Reaction?
Angry Angry
1
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
1
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Bukan siapa-siapa.

Apapun Profesi yang Kamu Impikan, Lakukan 7 Hal Ini Agar Sukses di Masa Depan

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in