Agar Tes Interview Sukses, Lakukan 4 Hal Ini


Interview merupakan tahap terakhir dan paling menentukan diterima atau tidak lamaran kerja yang kita ajukan. Nah agar tes interview sukses lakukan 4 hal ini :

Agar Tes Interview Sukses

1. Mencari banyak informasi tentang  posisi yang dilamar

Sebelum interview, ada baiknya anda mencari banyak informasi tentang pekerjaan yang anda lamar. Karena sebuah perusahaan biasanya memberikan pertanyaan seputar gaji dan fasilitas yang diinginkan oleh calon karyawannya. Jangan menjawab lebih rendah dari standar dan jangan pula mematok gaji yang terlalu tinggi. Sebelum menjawab berapa gaji yang anda inginkan, periksa dahulu kemampuan dan pengalaman anda. Seorang fresh graduate tentu memiliki harga yang berbeda dengan orang yang sudah berpengalaman. Untuk mengetahui standar gaji seorang karyawan, banyaklah mencari informasi di internet atau media cetak dan bisa juga bertukar pengalaman dengan orang lain.

2. Jangan Ceritakan Keburukan Perusahaan Sebelumnya

Bila anda seorang pelamar yang sudah bekerja pada suatu perusahaan sebelumnya, interviewer pasti menanyakan kelemahan perusahaan anda sebelumnya. Jangan menceritakan apapun tentang keburukan perusahaan anda terdahulu baik dari segi lingkungan maupun manusianya. Sejumlah pelamar sering terjebak dengan pertanyaan interviewer yang satu ini. Supaya bisa menjawab pertanyaan semacam ini, siapkan jawaban terlebih dahulu. Bukan berarti anda harus menutupi kelemahan perusahaan anda bekerja, tetapi berusahalah memberikan jawaban yang lebih elegan. Meskipun anda sudah dibilang cukup berpengalaman, jangan lupa untuk selalu rendah hati. Katakan bahwa anda bersedia untuk belajar. Jangan sesekali meremehkan pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara.

3. Aktif  ketika interview dan Rendah Hati

Wawancara bukanlah pembicaraan satu arah, tetapi ada anda dan interviewer. Jadi berusahalah untuk bertanya jangan hanya menjawab. Misalnya tanyakan tentang peraturan perusahaan yang sekiranya belum jelas, asuransi apa saja yang akan anda terima bila sudah resmi menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Aktif dalam wawancara menunjukan kepribadian anda bahwa anda bukan tipe orang yang pasif. Selain itu, jawablah pertanyaan yang diajukan dengan lugas. Misalnya pertanyaan tentang pengalaman anda bekerja dan apa saja kontribusi yang anda berikan untuk perusahaan tersebut. Jawab dengan singkat dan tegas.

4. Semangat

Kalau anda menjadi bos, suka atau tidak melihat calon karyawan anda loyo dan tidak semangat? Pastinya tidak. Begitu juga dengan calon bos anda. Interviewer tidak akan suka kalau anda tampak lesu dan kurang bersemangat. Karena itu, tampillah dengan percaya diri dan terlihat antusias mengikuti wawancara kerja.

Nah itulah 4 yang harus dilakukan agar lulus dalam tes interview. Semoga membantu

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Agar Tes Interview Sukses, Lakukan 4 Hal Ini

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in