Agar Lebih Aman, Ini Dia 4 Tips Mendaki Gunung


Pesona keindahan yang ditawarkan gunung selalu menarik bagi setiap pendaki. Tapi jangan lupa, gunung merupakan sebuah alam liar yang tentunya menyimpan banyak bahaya. Terdapat banyak bahaya dan resiko yang mengancam keselamatan bagi yang melakukannya. Tetapi jika kita tahu apa saja hal yang perlu dilakukan ketika mendaki gunung, maka hal-hal yang tidak diinginkan tersebut dapat diminimalisir. Lalu apa saja yang perlu kita lakukan agar lebih aman ketika mendaki gunung. Berikut tipsnya!

Tips aman mendaki gunung
Theplatypus / Pixabay

Berikut 4 Tips mendaki gunung yang wajib diketahui

1. Periksa Perlengkapan dengan Teliti

Sebenarnya tidak hanya saat akan mendaki , ketika akan bepergian kemana saja perlengkapan menjadi sesuatu yang harus benar-benar diperhatikan. Ketika akan mendaki, cek dengan benar dan teliti perlengkapan apa saja yang  pasti diperlukan. Perlengkapan pendakian sebetulnya tidak terlalu banyak namun harus mendapat perhatian yang serius agar kegiatan mendaki menjadi lebih lancar. Jangan mengandalkan meminjam alat dari pendaki lain karena mereka akan membutuhkannya. Salah satu perlengkapan pribadi yang wajib dibawa adalah sleeping bag dan pakaian yang tebal karena suhu udara yang tinggi di gunung bisa menyebabkan seseorang mengalami hypotermia.

2. Istirahat saat merasa kelelahan

Aktivitas pendakian merupakan aktivitas yang melelahkan. Bahkan para pendaki berpengalaman pun terkadang perlu istirahat berulang kali sebelum bisa mencapai puncak. Apalagi yang baru pemula. Ketika melakukan pendakian berkelompok, jangan pernah merasa malu atau gengsi untuk meminta istirahat saat merasa kelelahan. Kondisi fisik setiap orang tidaklah sama, ada yang kuat dan ada pula yang tidak seberapa kuat. Kalau kamu merasa gengsi minta istirahat, itu adalah kesalahn besar karena terlalu lelah saat mendaki bisa menyebabkan seorang pendaki sakit hingga meninggal dunia.

3. Taati peraturan dan larangan pendakian

Setiap kegiatan pendakian di sebuah gunung pasti ada peraturan dan larangannya. Supaya bisa mendaki dengan selamat, wajib hukumnya menaati semua peraturan dan larangan tersebut. Jika ada larangan untuk tidak mendaki sampai puncak ya jangan coba-coba mendaki hingga puncak. Walaupun rasanya memang tidak enak jika mendaki gunung tidak sampai puncak. Tapi daripada bertaruh nyawa, lebih baik bermain aman bukan? Kebanyakan kasus kecelakaan yang menimpa pendaki gunung bermula dari  aturan pendakian yang dilanggar. Aturan ada untuk ditaati bukan dilanggar.

4. Pastikan didampingi oleh pendaki berpengalaman kalau kamu pendaki pemula

Mendaki gunung memang merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Tetapi bukan berarti harus dilakukan dengan sembarangan. Kalau kamu pendaki pemula, pastikan perjalananmu dilakukan bersama dengan minimal satu orang yang sudah memiliki pengalaman melakukan pendakian. Mereka yang sudah berpengalaman pasti mengetahui jalur pendakian dengan baik dan tahu tindakan apa saja yang harus dilakukan kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi setiap saat.

 

 

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Agar Lebih Aman, Ini Dia 4 Tips Mendaki Gunung

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in