Agar Cepat Adaptasi saat Kuliah di Luar Negeri, Baca Ini dulu Yuk


Selalu ada hal baru yang akan kamu rasakan saat pertama masuk kehidupan kampus. Apalagi kalau kuliah di luar negeri. Nah agar cepat adaptasi saat kuliah di luar negeri, berikut ini tipsnya.

Agar Cepat Adaptasi saat Kuliah di Luar Negeri

1. Selalu Hubungi Ayah dan Ibu

Mereka berdua selamanya akan selalu di hatimu. Saat sudah berada jauh dari orang tua, jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan mereka. Apalagi era digital ini semakin memudahkanmu untuk melihat wajah mereka di layar monitor meskipun tidak bisa bersentuhan. Misalnya saja dengan memanfaatkan skype atau chatting di messanger. Mereka akan selalu membuatmu tenang dimanapun kamu berada. Ceritakan pengalamanmu dengan mereka sehingga kamu bisa merasa lebih dekat dengan ayah dan ibumu.

2. Curahkan Perasaanmu

Beradaptasi di luar negeri terutama untuk kamu yang notabene adalah anak rumahan bukanlah hal yang mudah. Segala macam perasaan pasti muncul di benak kamu saat pertama kali menetap di negeri orang selama beberapa tahun.  Kamu pasti merasakan yang namanya homesick, cemas, bingung, emosi dan senang. Kalau kamu tidak ingin berbagi dengan siapapun dan kamu suka menulis, curahkan semua perasaanmu di buku harian atau media sosial. Dengan mencurahkannya, kamu akan merasa lebih lega dan lebih bisa tinggal mandiri di luar negeri.

3. Dapatkan pengalaman baru

Tinggal di luar negeri tapi masih sibuk bertelpon ria dengan teman-teman Indonesia rasanya sangat disayangkan ya. Cobalah pergi keluar dan lakukan komunikasi dengan penduduk sekitar. Ada banyak pengalaman baru yang bisa kita dapatkan kalau mau keluar dan pergi menjelajah. Cobalah hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya seperti mengunjungi tempat-tempat yang ada di sekitar tempat tinggalmu dan mulailah berkenalan dengan orang baru. Menambah teman sama seperti menambah relasi. Saat akhir pekan, berjalanlah ke pasar atau supermarket dan buatlah percakapan singkat dengan seseorang yang baru. Kalau kamu rajin melakukan hal ini, kamu pasti akan merasa betah tinggal di luar negeri.

4. Memastikan Kontak Awal

Pegawai universitas atau teman keluarga bisa menjadi kerabat paling dekat yang akan menambah wawasanmu tentang lingkungan sekitar. Mereka akan memberikan informasi yang mungkin berguna buat kamu seperti toko dan restoran Indonesia yang murah dan memiliki makanan yang rasanya enak. Selain itu, ikutilah kegiatan kampus yang menjadi minatmu sekaligus mendekatkan dirimu pada negara tempat kamu tinggal. Buatlah rencana pada minggu pertamamu di kampus.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Agar Cepat Adaptasi saat Kuliah di Luar Negeri, Baca Ini dulu Yuk

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image