9 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga


Saat kebutuhan menghimpit, ekonomi tak menentu, tentu saja seorang ibu rumah tangga juga akan berpikir untuk mencari tambahan pendapatan. Mereka akan mencari usaha yang bisa dikerjakan di rumah tanpa harus meninggalkan tugas sebagai ibu rumah tangga, seperti 9 ide bisnis rumahan berikut ini.

1. Membuka Warung Makan

tripadvisor.com

Ibu rumah tangga biasanya jago memasak untuk keluarga. Kalo punya ketrampilan memasak, peluang bagus untuk membuka warung makan di rumah. Bisnis ini juga tidak terlalu beresiko karena modal yang tidak terlalu besar. Coba minta penilaian tetangga dan kerabat, apakah hasil masakan Anda cukup menjanjikan atau tidak.

Kalau untuk ukuran warung makan rumahan tidak perlu sehandal koki restoran. Lebih bagus jika punya menu spesial yang benar-benar punya cita rasa yang khas. Jika warung makan kita mulai disukai dan ramai pengunjung, dalam beberapa tahun kamu sudah bisa buka cabang di lain tempat.

2. Menjual Makanan Olahan

kidnesia.grid.id

Masih seputar makanan, karena ibu-ibu punya memang passion di bidang ini. Anda bisa menjual makanan olahan seperti aneka kue atau jajanan yang lain. Selain rasa, tekankan keunikan pada bahan, tampilan, dan proses mengolahnya.

Jika makanan olahan itu banyak disukai, Anda bisa membuatnya menjadi makanan kemasan dengan brand milik sendiri. Apalagi kalau bisa tembus ke super market, tentu keuntungan berlimpah ada di depan mata.

3. Membuka Salon Kecantikan

mpark4.com

Bagi yang punya ketrampilan merias wajah, ada baiknya jika disalurkan dengan membuka usaha salon kecantikan. Apalagi jika di daerah Anda belum ada salon kecantikan atau potong rambut untuk wanita. Ditambah sekarang ini jasa merias wajah cukup banyak dibutuhkan bagi kaum hawa yang terlalu sibuk untuk merias sendiri.

4. Membuka Toko Online

batampos.co.id

Pergeseran cara belanja yang sekarang ini semakin besar transaksinya adalah jual beli online. Kamu bisa ambil bagian disini dengan ikut membuka toko online. Tidak perlu punya toko aslinya, asal kita punya website penjualan yang bagus, serta tahu dimana mendapatkan barang-barang yang bagus harganya, jadilah sumber pendapatan yang menjanjikan.

Jika tak bisa mengelola website toko online sendiri, sekarang dimudahkan dengan marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Di sana kamu bisa membuka toko sendiri di bawah payung kedua marketplace di atas.

5. Menjadi Blogger

bloggerpurworejo.org

Dulu menjadi blogger itu sekedar saluran hobi, tapi sekarang ini banyak blogger menjadikan aktivitas ngeblog sebagai sumber pendapatan utama. Bisnis ini tentu sangat cocok buat ibu rumah tangga. Sambil mengurus rumah dan menjaga anak, Anda bisa menulis dan mengelola blog agar bisa dikomersilkan.

Buat ibu rumah tangga yang tak bisa menulis terlalu sering, jangan buat blog gado-gado yang mencampur semua tema tulisan. Pilihlah niche tertentu yang punya potensi untuk mendatangkan pengunjung, dan kamu juga menguasai bidang tersebut. Dengan mendaftarkan blog kita ke google adsense atau media iklan yang lain, maka menjadi potensi pemasukan yang menggiurkan.

6. Penulis Lepas

blog.contentcollision.co

Bagi anda yang pandai menulis namun tidak terlalu jago dalam mengelola blog dan website, atau mungkin ingin mendapatkan uang instan dari jasa penulisan, jadi penulis lepas adalah pilihan tepat. Banyaknya blog dan website yang membutuhkan konten orisinil berkualitas jadi peluang terbaik bagi penulis lepas. Anda mungkin bisa jadi kontributor, kontributor tetap, atau staf penulis dari berbagai situs di dalam maupun luar negeri.

7. Penulis Buku

kompasiana.com

Berbeda dari penulis lepas yang menjual jasa penulisan artikel sekali jadi, menjadi penulis buku berarti membuat karya yang lebih nyata. Dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran untuk menuliskan ratusan halaman.

Itupun belum tentu akan diterima penerbit, kecuali diterbitkan secara indie. Namun jika buku Anda berhasil menembus penerbitan, nama Anda akan melambung sebagai penulis ternama di tanah air. Jika sudah popular dan Anda aktif menulis buku berkualitas, tentu saja jadi sumber pendapatan yang menguntungkan.

8. Membuat Kerajinan Tangan yang Unik

mongabay.co.id

Kalau yang ini jamak dilakukan oleh banyak ibu-ibu rumah tangga. Tapi tetap menjadi peluang menjanjikan asal kita punya kreativitas. Dalam membuat kerajinan paling tidak harus unik dan bernilai tinggi dalam seni dan fungsinya. Apalagi dengan berjualan online barang kerajinan kita bisa dijual ke semua orang di dunia.

9. Menjadi Vlogger Rumahan

republika.co.id

Bukan hanya tulisan yang menghasilkan uang, membuat video bahkan dianggap lebih gede penghasilannya. Tapi disini tentunya Anda harus punya sesuatu yang bisa dipertontonkan, semisal kecakapan kita memasak, kecakapan kita dalam review produk, atau bisa juga membuat video tutorial dalam berbagai hal.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

9 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image