8 Cara Terbaik Agar Anak Terhindar dari Modus Penculikan


Di tengah tingginya angka kriminalitas di negeri kita, para orang tua dibuat khawatir dengan fenomena penculikan anak yang semakin meningkat.

Maka dari itu, orang tua yang baik akan selalu melakukan tindakan antisipatif agar terhindar dari hal buruk tersebut. Bagaimana caranya ? Berikut 8 cara terbaik agar anak terhindar dari modus penculikan.

1. Mengajarkan Anak Menolak Ajakan Orang Asing

Mengajarkan anak sopan santun kepada siapapun termasuk pada orang asing adalah hal baik. Namun, di sisi lain Anda juga harus mengajarkannya untuk waspada kepada orang asing. Apalagi jika anak kita adalah tipe anak yang mudah bergaul dengan orang yang baru dikenal.

Ajarkan kepada anak bahwa di antara orang asing itu ada orang yang tidak baik, ciri-cirinya mengajak pergi tanpa izin orang tua. Ajari anak untuk menolak iming-iming sesuatu yang menarik, biasanya bermuara pada ajakan untuk ikut orang tersebut.

2. Jangan Beri Anak Barang Mahal

Kebaikan orang tua bukan diukur dari seberapa banyak kita bisa memberikan apa yang diinginkan anak. Sebaliknya, hal itu justru bisa menjerumuskan anak pada sikap yang tidak baik. Celakanya lagi, barang mahal yang terlihat pada anak seakan menjadi undangan bagi aksi penculikan.

Berilah anak sesuatu yang memang dia butuhkan dan sesuai usianya. Juga jangan beri anak uang saku berlebihan jika tak ingin memancing penculikan. Memperlihatkan kehidupan sederhana seperti mengantar anak dengan motor atau bus jemputan, akan membuat penculik tak menargetkan anak kita sebagai sasaran penculikan.

3. Ajarkan Anak untuk Bercerita Tentang Orang yang Baru Dikenal

Banyak penculik yang cukup pintar. Tahu jika anak akan waspada dengan orang asing yang langsung mengajaknya pergi, penculik akan mendekati anak secara pelahan-lahan hingga anak kita merasa kenal dan percaya kepadanya.

Untuk mengantisipasi modus seperti ini, ajarkan dan biasakan anak untuk bercerita kepada orang tua jika bertemu atau berkenalan dengan teman baru. Ajak dia menggambarkan perangai teman atau orang dewasa yang ditemuinya, agar kita bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk.

4. Kenalkan Anak Pada Petugas Keamanan

Kenalkan anak kepada petugas keamanan seperti polisi, tentara, atau satpam. Ajari tentang tugas mereka yang akan melindungi anak jika berada dalam keadaan bahaya. Kalau sewaktu-waktu terjadi sesuatu, anak tidak akan segan untuk melaporkan kepada petugas keamanan yang dia lihat.

5. Intens Menjalin Komunikasi dengan Pihak Sekolah

Sebagian waktu anak banyak dihabiskan di sekolah, karena itu jam-jam dari keberangkatan sampai pulang sekolah adalah waktu yang rawan penculikan. Para penculik juga sering mencari target dengan mengintai di sekolah.

Dari fakta ini, menjadi penting bagi orang tua untuk intens berkomunikasi dengan pihak sekolah agar turut aktif menjaga anak kita. Minta pihak sekolah untuk menemani anak seandainya kita terlambat untuk menjemput anak.

6. Mengajarkan Anak Untuk Meminta Tolong Jika Ada Paksaan

Sebagian orang menyarankan untuk mengajarkan anak untuk berlatih bela diri agar terhindar dari penculikan. Walaupun hal itu bermanfaat saat dewasa, tapi sesungguhnya anjuran untuk melawan penculik itu justru bisa membuat anak dalam keadaan bahaya.

Ketimbang membuat penculik naik pitam, lebih baik ajari anak untuk teriak meminta tolong jika ada paksaan dari orang yang tak dikenal. Oleh sebab itu, ingatkan juga anak agar menghindari tempat sepi dan mencari jalan yang ramai orang.

7. Sempatkan untuk Sering Menemani Anak Bepergian

Sesibuk-sibuknya kita, orang tua harusnya bisa mengatur waktu untuk menemani anak saat bepergian. Minimal mengantar dan menjemput anak ketika sekolah. Kalaupun meminta tolong pegawai rumah tangga atau supir, pastikan mereka adalah orang yang dapat dipercaya.

8. Hati-Hati dalam Memilih Pegawai Baru

Saat ini banyak pelaku penculikan yang ternyata melibatkan pegawai dari orang tua anak sendiri. Seperti supir, asisten rumah tangga, tukang kebun, bahkan satpam rumah sekalipun. Karena itu penting bagi kita untuk tidak sembarangan menerima pegawai baru. Lihat latar belakang dan kenali sifatnya terlebih dahulu.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

8 Cara Terbaik Agar Anak Terhindar dari Modus Penculikan

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in