8 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak


Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak – Siapa sih orang tua yang tak sayang kepada anaknya? Namun, seringkali orang tua salah mengekspresikan rasa sayang itu dengan menuruti semua kemauan sang anak. Banyak anak yang sekarang ini jadi kecanduan terhadap gadget karena orang tuanya yang membiarkan. Bahkan ada yang sengaja membelikan anak gadget pribadi agar sang anak tak mengganggu pekerjaan orang tua.

cara-mengatasi-kecanduan-gadget-pada-anak
bramardianto.com

Akibatnya, aspek sosial anak bisa terganggu karena mereka lebih asik bermain dengan gadget ketimbang bermain dengan teman sebayanya. Selain itu, nilai akademisnya juga bisa jeblok kalau waktu belajarnya juga turut terganggu. Maka penting bagi orang tua untuk mencegah dan mengatasi kecanduan anak terhadap gadget. Bagaimana caranya, ikuti 8 cara ini untuk menghilangkan kecanduan anak pada gadget.

1. Membatasi Penggunaan Sesuai Kelompok Usianya

Interaksi anak terhadap gadget harusnya disesuaikan dengan kelompok umurnya. American Academy of Pediatrics (2013) merekomendasikan interaksi dalam tiga pembagian kelompok umur.

Pertama, anak di bawah usia 2 tahun. Pada kelompok usia ini jangan biarkan anak bermain gadget sendirian. Baik itu smartphone, tablet, laptop, bahkan juga menonton TV juga harus didampingi orang tuanya. Kedua, anak pada usia 2 sampai 4 tahun. Batasi penggunaan gadget pada kelompok usia ini maksimal tidak lebih dari satu jam tiap harinya.

Ketiga, anak pada usia 5 tahun ke atas. Batasi penggunaan hanya 2 jam per hari untuk penggunaan rekreasional seperti main game, menonton kartun, dll. Sedangkan penggunaan gadget untuk media belajar boleh dilakukan sesuai kebutuhan.

2. Kurangi Waktu Pemakaian Secara Perlahan

Jika anak terlanjur “overdosis” dalam bermain gadget, mulai terapkan pendisplinan dengan mengurangi jam bermainnya secara perlahan-lahan. Semisal mulai mengurangi 1-2 jam dalam setiap minggunya.

3. Tetapkan Jadwal

Agar lebih teratur dan tidak mengganggu jadwal belajar, buatlah jadwal yang tepat kapan anak boleh bermain gadget. Semisal sore hari, atau sesudah mengerjakan PR. Kalau bisa tetap berikan waktu bagi anak untuk bermain tanpa gadget, sepeti bersepeda dan main bola bareng temannya.

4. Jangan Berikan Akses Penuh

Jika anak bisa bebas mengakses gadget, tentu akan susah untuk mengatur jadwalnya. Kalau itu gadget miliknya, orang tua harus menyimpannya. Boleh dimainkan kalau sudah diberi izin. Memang sebaiknya anak tidak dibelikan gadget dari kecil agar tidak kecanduan. Barang-barang lain seperti TV dan komputer juga di letakkan di ruang tengah agar kita bisa memantau pemakaiannya.

5. Tandai Wilayah Bebas Gadget

Membatasi anak jika bisa dengan membuat wilayah bebas gadget. Anak dilarang bermain gadget di tempat seperti meja makan, ruang belajar, kamar tidur, kamar mandi, atau di mobil saat perjalanan.

6. Dorong Anak Bermain dengan Teman Sebaya

Dari awal kita memang bukan melarang anak untuk bermain, tapi untuk mengalihkan fokus bermainnya ke aktivitas yang semestinya. Bermain dengan teman sebayanya lebih banyak manfaatnya ketimbang asik sendiri dengan gadget. Semisal bermain sepeda, lompat tali, main bola, atau main layangan.

Bermain dengan teman sebaya yang dilakukan di luar rumah, akan membuat fisik anak semakin sehat karena tubuhnya banyak gerak. Selain itu, anak juga akan terbiasa bersosialisasi dan melatih kecakapan komunikasinya.

7. Beri Hadiah Jika Anak Berhasil Mengurangi Pemakaian Gadget

Anak yang belum mengerti tentang dampak buruk gadget akan ‘ngambek’ jika dipaksa berhenti. Sebagus apapun untaian nasehat orang tua tak akan didengarkan. Berbeda jika kita memberikan hadiah (reward) kepada mereka, dengan kerelaan sendiri mereka akan mengurangi jam bermain gadget-nya.

Tentunya disini kita tak memberikan hadiah yang punya dampak buruk lainnya. Hadiah yang membuat mereka tertarik adalah alat permainan lain, seperti sepatu roda, bola kaki, sepeda, dan skuter. Bisa juga hadiah dengan mengajak mereka ke wahana bermain dan tempat makan favorit.

8. Memberikan Keteladanan

Tidak akan efektif jika kita melarang anak tanpa adanya keteladanan. Orang tua sebisa mungkin juga mengurangi pemakaian gadget di rumah, atau minimal tidak memperlihatkan di depan mata anak kita.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

8 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in