7 Brand Lokal yang Mendunia


Kalau anda mendengar brand seperti Polygon atau Polytron pasti anda bakal menyangka itu merupakan brand-brand milik luar negeri. Tapi tahukah anda bahwa Polygon dan Polytron merupakan brand asli dari Indonesia. Ya, Polygon dan Polytron adalah dua dari banyak brand lokal yang bisa bersaing dengan brand-brand top dunia bahkan memenangkannya. Selain dua brand diatas, ternyata masih banyak lagi brand atau merek lokal yang menjadi brand top dunia. Lalu apa saja brand lokal yang mendunia tersebut ?

Nah, Kali ini artikelinternet.com akan mengulas 7 brand lokal yang mendunia. Check it out

#1. Polygon

Polygon
credit img : behindmagazine.com

Mendengar Polygon mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Polygon merupakan merek sepeda yang diproduksi di Sidoarjo, Jawa Timur. Sepeda ini sejak pendiriannya ditahun 1989 telah memproduksi berbagai macam jenis sepeda, mulai dari sepeda gunung, sepeda mini, sepeda BMX, sampai sepeda lipat. Untuk  kualitas sepeda polygon tidak perlu diragukan lagi. Ya Polygon merupakan merek lokal yang sudah diakui kualitasnya oleh dunia. Tidak heran kalau sepeda merek ini di gunakan oleh banyak komunitas sepeda di berbagai negara.

#2. Lea

Lea
credit img : seputarjakarta.net

Mungkin kamu tidak percaya jika Lea adalah merek jeans yang diproduksi di Indonesia. Meskipun nama dan logonya berbau Amerika, Lea merupakan jeans asli Indonesia yang mendunia. Brand ini di produksi di Jakarta Barat oleh PT. LEA sannet. Lea terkenal karena model dan kualitasnya, sehingga tidak heran kalau Lea disejajarkan dengan brand terkenal dunia lainnya seperti Levi’s. Menurut penggunanya Lea adalah jeans yang enak dan nyaman ketika digunakan. Pantas saja kalau Lea di tahun 2010 lalu dinobatkan oleh majalah Chleo sebagai jeans yang paling nyaman digunakan.

#3. Polytron

polytron
credit img : bujank.mywapblog.com

Mendengar nama Polytron, mungkin yang terbayang di benak kita adalah sebuah brand produk elektronik buatan luar negeri. Tapi tahukan anda bahwa Polytron adalah merek asli Indonesia. Polytron merupakan merek produk elektronik yang diproduksi di Jawa Tengah tepatnya di Kudus dan Semarang. Bisa dikatakan Polytron adalah salah satu merek elektronik lokal yang berhasil menembus pasar dunia mulai dari pasar Asean, Australia, Timur tengah, hingga Eropa. Adapun di dalam negeri Polytron menguasai sekitar 15 persen pangsa pasar produk elektronik nasional untuk produk seperti Televisi, Radio, Kulkas, AC, pompa air, dll.

#4. Casablanca

casablanca
credit img : vemale.com

Siapa yang menyangka kalau parfum merek Casablanca asli buatan lokal. Mendengar namanya kita pasti membayangkan parfum ini, berasal dari luar negeri. Apalagi ditambah dengan iklan-iklannya yang diperankan oleh bule semakin menambah keyakinan kita kalau Casablanca merupakan brand luar. Tapi tahukah anda kalau parfum yang digunakan oleh banyak eksekutif muda ini ternyata diproduksi di Muara Kapuk, Jakarta.

#5. Terry Palmer

terry-palmer
credit img : swa.co.id

Ketika Miss Universe 2013 lalu di Bali sponsor utamanya adalah Terry Parmer. Kita mungkin mengira Terry Palmer adalah brand handuk luar negeri. Padahal Terry Palmer merupakan merek handuk produk dalam negeri, yang diproduksi di Tangerang oleh PT. Indah Jaya. Handuk merek ini terkenal karena kualitasnya. Dan yang paling membanggakan adalah Terry Parmer diklaim sebagai handuk paling higienis. Karena kualitasnya tersebut tidak heran kalau Terry Parmer telah diekspor ke berbagai negara seperti Australia, Amerika, Jepang hingga negara-negara di Eropa.

#6. Silver Queen

silverqueen
credit img : silverqueensantai.com

Anda mungkin penggemar dari makanan coklat Silver Queen. Tapi tahukah anda, kalau Silverqueen adalah brand lokal yang dimiliki oleh PT. Petra Foods. Perusahaan ini merupakan perusahaan coklat lokal yang menjadi pesaing berat M&M’S, produsen coklat nomor satu asal Amerika. Kualitas Silverqueen bisa dikatakan sejajar dengan produk sejenis merek top dunia lainnya. Itu dibuktikan SilverQueen dengan menguasai pangsa pasar setidaknya di 17 negara antara lain seperti Thailand, Jepang, Filipina, Hongkong, Australia, dan China.

#7. Aqua

Aqua
credit img : flickr.com

Siapa yang mengira bahwa air kemasan bisa menjadi sebuah bisnis yang mendunia. Siapa yang mengira kalau merek air kemasan yang didirikan oleh Tirto Utomo menjadi brand air minum dalam kemasan yang menguasai pangsa pasar dunia mulai dari Singapura, Malaysia, Maladewa, Fiji, Timur tengah, hingga Afrika. Pantas saja berdasarkan survei yang  dilakukan oleh Zenith International, Aqua adalah brand AMDK terbesar di Asia, Timur Tengah dan Kawasan Pasifik. Karena kesuksesan Aqua tersebut Tirto Utomo masuk dalam Hall of Fame Industri Bootle Water sebagai pencetus dan penggerak industri AMDK di kawasan Asia.

Itulah 7 brand lokal yang mendunia versi artikelinternet.com. Sebenarnya, masih banyak brand lokal yang mendunia selain ketujuh tersebut. Insya Allah di lain kesempatan akan kami ulas lagi produk lainnya.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

7 Brand Lokal yang Mendunia

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in