5 Keuntungan yang Bakalan Kamu Dapatkan Saat Berani Keluar dari Zona Nyaman


Keluar dari Zona Nyaman
Unsplash / Pixabay

Belajar banyak hal hendaknya dilakukan untuk mengembangkan diri. Tak henti-hentinya kita menyemangati diri sendiri, berharap ada motivasi lebih untuk melakukan hal-hal positif dan menantang. Nggak jarang, kita sering mencanangkan untuk berani keluar dari zona nyaman. Dengan alasan, supaya kita tetap terus berkembang. Di antara persaingan orang-orang cerdas di sekitar kita.

Nggak mudah memang, melangkah lebih jauh untuk memulai hidup yang baru. Keluar dari rasa nyaman yang sudah didapatkan selama bertahun-tahun, agaknya menjadi hal paling ditakuti. Takut nggak bisa hidup nyaman lagi, takut kehilangan momen, dan beragam sikap yang menghambat lainnya.

Tapi percayalah, saat kita memulai suatu perubahan yang positif, semesta alam bakal merestui. Niat baik yang ada dalam diri kita bakal sejalan dengan apa yang kita dapatkan di depan nanti. Untukmu yang masih enggan keluar mengembangkan diri, berikut sederet keuntungan yang bakal kamu dapatkan saat berani keluar dari zona nyaman. Cek yuk!

1. Keluar dari zona nyaman menyeretmu menemui beragam tantangan, yang kemudian bikin diri kamu berkembang

Kegiatan yang sekarang ini, terasa begitu nyaman kamu jalani. Seakan hidup itu terasa mudah, tidak ada satupun masalah. Tapi, sadarkah kalau sikap seperti itu justru menghambat kita untuk mengembangkan diri? Alih-alih mau belajar hal baru dan mencari tantangan di luar, sikap nyaman mencoba membuat pelakunya untuk bermalas-malasan. Karena apa? Zona nyaman.

Dengan mencoba berani keluar mencari udara segar, seseorang akan menjumpai beragam tantangan. Entah itu masalah pergaulan, komunikasi yang baik, sopan santun ke orang yang lebih tua, rasa empati pada orang lain, dan masih banyak lagi. Intinya, dengan berani keluar dari zona nyaman, cepat atau lambat kita akan berkembang dengan sendirinya.

2. Mengenal orang-orang baru dengan beragam kepribadian, jadi aset berharga tak tergantikan

Mungkin selama ini, media sosial sudah cukup untuk memperluas kenalan. Kita bisa menambah puluhan teman hanya dalam beberapa menit saja. Seakan-akan itu semua sudah cukup, jadi nggak perlu keluar mencari relasi baru. Tapi, apakah tindakan ini benar? Nggak 100% benar. Kenalan lewat media sosial membuat kita hanya menambah teman virtual.

Beda cerita, kalau kita memberanikan diri keluar sejenak meninggalkan rutinitas geser layar smartphone. Keluar mencari tantangan, pergi ke daerah-daerah baru, bertemu dengan wajah-wajah baru dan beragam karakter manusia di dalamnya. Kita akan menjadi pribadi yang punya banyak teman, baik dalam dunia nyata ataupun maya. Itu akan menjadi aset berharga tak tergantikan.

3. Banyak mengenal hal-hal baru termasuk lingkungan tak kondusif, membuatmu mahir beradaptasi secara aktif

Bayangkan, rutinitas yang itu-itu saja, sama sekali tidak memengaruhi hal besar dalam hidupmu. Waktu yang banyak seakan sia-sia jika dihabiskan dengan menggeser layar ke atas-bawah, kiri-kanan. Bahkan, membaca buku terus-terusan juga tidak baik jika tanpa didukung realisasi. Seakan-akan kita tidak pernah melihat dunia dari beragam perspektif kehidupan.

Dengan mau memberanikan diri keluar dari zona nyaman, itu berarti membawa kita menemui beragam hal baru, termasuk lingkungan yang tak kondusif. Lama-lama, kita akan terlatih untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut. Ini akan sangat bagus, jika seandainya di beberapa tahun ke depan kita diharuskan tinggal di lingkungan yang 180 derajat berbeda.

4. Beragam masalah tak jarang kamu temukan, menggemblengmu jadi pemecah masalah yang cekatan

Nggak jarang, saat kita beranikan diri untuk keluar, beragam masalah datang begitu saja. Terbiasa dalam menghadapi masalah, justru membuatmu menjadi pribadi yang tangguh. Beragam solusi pun pernah kamu canangkan, untuk menghilangkan segenap hambatan. Masalah yang kamu hadapi sekarang ini, bisa jadi pelajaran hidup yang berharga untuk masa depan nanti.

Beda cerita kalau kita hanya berdiam diri di zona nyaman kita saat ini. Alih-alih menyelesaikan masalah, menghadapinya saja sudah jengah. Alih-alih menuntaskan masalah, melarikan diri malah jadi solusi di tengah-tengah keributan. Zona nyaman memang sangat menjebak, hal-hal yang terlihat baik belum tentu baik. Begitu sebaliknya, hal buruk belum tentu sepenuhnya buruk.

5. Keluar dari zona nyaman nggak kalah menariknya, justru bikin hari-hari kamu jadi lebih berwarna

Menantang diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman, agaknya menjadi hal menarik bagi kita. Sebab, dengan menghadapi beragam masalah, menemui manusia baru yang punya banyak karakter, hingga menekuni hobi yang sangat menyenangkan. Dengan begitu, hari-hari kamu bakal terisi dengan beragam peristiwa menarik. Kabar baiknya, kita bisa belajar banyak dari peristiwa tersebut.

Kalau hari-hari kita diisi rutinitas yang itu-itu saja, asal kita merasa nyaman, kapan hari berwarna akan datang? Atau bahkan, tidak akan pernah datang selama-lamanya? Jawabannya, hari penuh berwarna memang hanya didapatkan saat kita belajar hal baru di luar sana. Belajar hal yang belum pernah kita kuasai atau pelajari sebelumnya.

Nah, itulah tadi beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan, saat berani keluar dari zona nyaman. Sekarang adalah waktu yang tepat. Berani coba?

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

5 Keuntungan yang Bakalan Kamu Dapatkan Saat Berani Keluar dari Zona Nyaman

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in