5 Kesalahan Umum Penyusunan Skripsi dan Cara Mengatasinya


Penyusunan Skripsi adalah sebuah karya seni yang sistematis. Anda dapat mengekspresikan diri dan menunjukkan seberapa besar pemahaman dan kecintaan Anda pada suatu topik yang Anda ambil sebagai tema penyusunan skripsi Anda.

5-Kesalahan-Umum-Penyusunan-Skripsi-dan-Cara-Mengatasinya

Namun, selayaknya hasil karya manusia, sebuah skripsi yang paling baik pun akan memiliki beberapa kesalahan. Dan Kali ini, Saya menyajikan 10 kesalahan umum yang dapat ditemukan saat penyusunan skripsi dan cara mengoreksi serta bagaimana meminimalisir kesalahan umum tersebut.

1. Kesalahan Pengetikan dan Pengejaan

Kesalahan pengejaan, penulisan atau mungkin lebih tepatnya pengetikan adalah hal yang paling sering ditemukan dan paling sulit dihindari saat Anda menulis, apapun jenis karya tulis Anda tersebut. Kesalahan pengejaan, penulisan atau pengetikan terjadi karena kurangnya konsentrasi atau salah mengetik huruf.

Cara mengatasi salah ketik adalah dengan mengaktifkan fitur spelling check pada Word Editor Anda. Pasanglah modul bahasa Indonesia untuk membantu Anda mengoreksi pengejaan dan hasil Anda mengetik

2. Tidak menulis nama author dari suatu kutipan

Penulisan kutipan adalah hal krusial pada penulisan karya ilmiah termasuk skripsi. Namun, karena terburu-buru, kutipan yang harusnya Anda tulis pada suatu pernyataan/teori tidak Anda cantumkan pada paragraf dimana teori tersebut ditulis. Akibatnya fatal, karena bisa saja Anda dianggap mencuri hasil penelitian orang lain.

Solusinya adalah dengan langsung menulis author dari jurnal ataupun buku yang Anda rujuk. Untuk mengisi daftar pustaka Anda dapat menggunakan Journal manager semacam Mendeley. Dengan Mendeley, Anda dapat dengan cepat menemukan jurnal dari author spesifik sekaligus dapat langsung copy paste citation yang telah terformat. Hingga Anda tak perlu menyunting penulisan daftar pustaka nantinya

3. Salah pengaturan spasi

Kembali pada fakta bahwa Skripsi adalah suatu karya seni sistematis, penulisan skripsi didasarkan pada peraturan tertentu yang sangat rinci bahkan hingga pengaturan spasi antara judul bab dan judul subbab, spasi antar paragraf dan sebagainya. Pengaturan tersebut tergantung pada institusi Anda mencari ilmu.

Kesalahan penyusunan skripsi jenis ini muncul karena kebiasaan seorang penulis yang memberi spasi secara manual dengan menekan tombol <ENTER>. Akibatnya, spasi-spasi yang diaplikasikan pada skripsi tersebut tidak beraturan.

Solusinya adalah dengan menggunakan menu Line Spacing pada Word Processor yang Anda gunakan. Dengan menggunakan fitur ini, bisa dijamin, skripsi yang Anda susun akan lebih rapi dan terlihat lebih profesional.

4. Kesalahan Intrepretasi Data dan Teori

Dalam penyusunan skripsi dan karya ilmiah lain, Kita diwajibkan untuk memahami dan mengintrepretasikan suatu teori dasar untuk membahas hasil penelitian yang telah Kita lakukan. Namun, dalam prosesnya sering sekali terdapat kesalahan intrepretasi yang diakibatkan kurangnya pemahaman atas teori yang kita gunakan tadi.

Solusinya tentu saja mengkaji dengan dalam teori dasar tadi dan mencari penelitian pembanding yang mirip dengan penelitian yang kita lakukan. Setelah mendapat pemahaman yang kuat, diskusikan dengan dosen pembimbing agar Anda tahu apakah Anda telah lebih baik memahami dan mengintrepretasikan teori tersebut.

5. Bahasa Yang Terlalu mbelibet

Terkadang, kalimat yang Kita gunakan untuk menyusun paragraf dalam sebuah karya ilmiah tidak efektif dan terkesan mbelibet (susah dimengerti). Akibatnya, inti pemikiran yang seharusnya disampaikan dengan baik menjadi kabur maknanya.

Baca juga : 10 Tips Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi

Solusinya adalah dengan membaca kembali paragraf tidak efektif tersebut dan menyusunnya menjadi lebih baik dan simple dalam menyampaikan inti pemikiran. Jika kemampuan menulis Anda buruk, Anda dapat meniru  tulisan orang lain yang memiliki topik sama dengan skripsi Anda. Tulis ulang dengan gaya menulis Anda sendiri.

Nah itulah 5 Kesalahan Umum Penyusunan Skripsi dan Cara Mengatasinya. Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang menuntaskan skripsi anda.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
1
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
2
Biasa aja

5 Kesalahan Umum Penyusunan Skripsi dan Cara Mengatasinya

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in