Ini Dia 5 Cara Mengenali Bakat Kejeniusan Anak


Mempunyai anak jenius? Orang tua mana yang tidak mendambakannya. Saat ini sudah banyak tes kecerdasan dan bakat yang dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kejeniusan seorang anak yaitu salah satunya dengan adanya tes IQ, tes ini sudah bisa dilakukan sejak anak berusia 3 tahun.

cara mengenali Bakat Kejeniusan Anak
Gambar :  Pixabay

Tapi, bagi para orang tua, cara yang lebih efektif untuk mulai mengenali bakat anak adalah dengan mengamati tingkah prilaku anak sehari-hari. Nah, siapa yang tahu anak anda memiliki bakat jenius yang tidak anda sadari sebelumnya, tidak ada salahnya kalau anda kenali tanda-tanda berikut ini:

5 Cara Mengenali Bakat Kejeniusan Anak

1. Menangkap informasi secara lengkap

Anak yang memiliki bakat jenius tidak hanya mampu menangkap informasi secara lengkap, tetapi juga mampu menyimpulkan informasi dengan versinya sendiri. Dia tidak memindahkan informasi secara utuh, melainkan mampu mengembangkan atau menggunakan cara lain dalam penyampaiannya.

2. Tertarik pada satu atau beberapa bidang tertentu

Jangan cepat marah jika anak anda mulai menggangu pekerjaan anda. Misalnya mulai mengambil peralatan dapur, membuat rumah-rumahan dari kardus, atau malah membongkar pasang peralatan di rumah. Wah bahaya juga ya. Jika mendapat tingkah anak yang seperti itu, jangan terlalu cepat melarang. Kenali dulu kegiatan yang dilakukannya, yang terpenting tetap beri pengawasan pada anak.

Baca Juga : Cara Mendekatkan Ayah dengan Anak Laki-Laki

3. Tingkat konsentrasi bagus

Kebanyakan anak masih sulit yang namanya berkonsentrasi, apalagi dalam belajar. Jika ada gangguan atau godaan bermain, tanpa berpikir panjang mereka langsung menerima ajakan tersebut. Berbeda dengan anak yang jenius yang sudah mampu menetapkan mana yang lebih diprioritaskan. Nah, konsentrasi pada anak bisa dilatih sejak dini loh. Salah satunya dengan permainan asah otak yang membuthkan konsentrasi. Kini para orang tua tidak lagi kesusahan untuk mencari permainan-permainan tersebut. Carilah permainan yang mengasah kemampuan konsentrasi anak yang bisa digunakan untuk bermain sambil belajar.

4. Berfikir analitif dan daya ingat

Seorang ank memliki keingintahuan yang tinggi. Sering kita mendapati anak menyebur kita dengan beribu pertanyaan. Cobalah pahami pertanyaannya dan menjawab dengan bijasana tanpa membentak. Maka, tidak heran jika mereka mengetahui istilah-istilah penting yang jarang dipakai oleh anak seusianya. Hebatnya lagi, seorang anak jenius, dapat menyimpan beribu informasi dalam ingatannya, inilah sebabnya ketika anak bertanya anda diharuskan menjawab hingga detail.

5. Berfikir secara abstrak, mampu memahami hal-hal dengan konsep rumit orang dewasa

Dengan keingintahuannya yang tinggi, anak yang jenius juga mempunyai kosakata yang banyak melebihi anak seusianya. Bahkan konsep-konsep rumit yang bukan untuk anak seusianya, dia sudah mampu memahaminya dengan baik. Jadi, jangan heran jika anak jenius menyambar omongan anda dan menanggapinya secara bijak dan tepat, hal tersebut dapat menjadi ciri atau tanda kejeniusan pada anak.

Nah itulah 5 cara mengenali bakat kejeniusan anak. Semoga bermanfaat & menjadi referensu khususnya bagi para orangtua.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

Ini Dia 5 Cara Mengenali Bakat Kejeniusan Anak

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in